Kamis, 26 November 2020

RANTAI MAKANAN



Hubungan antarmakhluk hidup sangatlah penting. Setiap makhluk hidup bergantung pada makhluk hidup lainnya dan saling membutuhkan. Hubungan erat yang khas antara dua jenis makhluk hidup disebut simbiosis.
 


Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup demi kelangsungan hidupnya. Proses makan-memakan ini berdasar pada urutan tertentu dan berlangsung teruş-menerus, Dalam suatu ekosistem, makhluk hidup memiliki perannyá masing-masing. Ada yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan beberapa sebagai dekomposer (pengurai).
 
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat memproduksi zat organik dari zat anorganik. Produsen tidak memakan makhluk hidup yang lain, melainkan membuatnya sendiri. Satu-satunya jenis makhluk hidup yang mampu melakukan proses tersebut adalah tumbuhan dengan cara fotosintesis. Contoh dari produsen, yaitu alga, lumut, dan tumbuhan hijau.
 
Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan bergantung pada organisme lain. Konsumen mengonsumsi organisme lainnya untuk bertahan hidup. Dalam suatu ekosistem, yang berperan sebagai konsumen biasanya adalah hewan. Konsumen dibagi atas beberapa tingkatan dalam suatu rantai makanan.
 
Pertama konsumen primer, yaitu hewan yang memakan tumbuhan (herbivora) secara langsung, contohnya sapi, kelinci, dan lain-lain. Lalu konsumen sekunder, yaitu hewan yang memakan konsumen primer (karnivora). Kemudian, konsumen tersier yang memakan konsumen sekunder. Kegiatan makan-memakan berlangsung hingga konsumen terakhir atau biasa disebut konsumen puncak. Konsumen puncak adalah tingkatan dari konsumen di mana tidak ada lagi makhluk hidup lain yang memakannya. Contoh konsumen puncak di antaranya singa, beruang, buaya, dan tentunya manusia.
 
Dekomposer (pengurai) merupakan pemeran terakhir dalam suatu rantai makanan. Organisme ini berperan menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik. Dekomposer mengurai bahan organik dari tumbuhan mati atau bangkai hewan dan mengembalikan nutrisinya ke dalam tanah yang kemudian digunakan oleh produsen untuk berfotosintesis. Dari sinilah siklus rantai makanan dimulai kembali. Dekomposer disebut juga detritivor atau pemakan bangkai. Contoh dari organisme ini di antaranya bakteri pembusuk dan jamur.
 
Rantai makanan tersusun atas beberapa tingkatan. Tingkatan-tingkatan ini disebut dengan tingkat trofik. Susunan-susunannya dimulai dari produsen hingga dekomposer. Produsen sebagai organisme yang mampu membuat makanan sendiri berada di tingkat trofik pertama. Kemudian konsumen yang memakan produsen berada pada tingkat trofik kedua. Pada tingkat ketiga diduduki oleh konsumen yang memakan konsumen pertama, begitu juga pada tingkat trofik keempat dan seterusnya.
 

Latihan
1. Apa yang dimaksud dengan simbiosis?
2. Aps yang dimaksud dengani rantai makanan?
3. Setutkan apa saja yang termasuk komponei dari rantai makanan!
4. Setutkan peran dari dekomposer atau pengurail
5  Apa yang dimaksud dengan firgkat trofik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar