Analisis
Hasil Penilaian Harian adalah seperangkat format untuk menganalisis hasil-hasil
ulangan harian yang telah dilakukan oleh guru. Tujuan dari analisis ini adalah
:
1.
Mengetahui tingkat kesukaran butir soal, efektifitas option jawaban, menentukan
status soal apakah bisa diterima untuk ulangan yang akan datang atau tidak
2.
Mengetahui prosentase ketutasan belajar setiap peserta didik
3.
Menentukan peserta didik yang harus mengikuti remedial atau pengayaan
Contoh
Analisis Hasil Penilaian Harian secara sederhana adalah sebagai berikut :
ANALISIS
HASIL PENILAIAN HARIAN
Jenis
Ulangan : Penilaian Harian
Mata
Pelajaran
:
Kelas/Semester
:
Kompetensi
Dasar :
KKM
:
A. KETUNTASAN
BELAJAR:
1.
Perorangan/Individual
1.1. Jumlah
siswa yang mengikuti penilaian harian:… siswa
1.2. Jumlah
siswa yang belum tercapai KKM: …siswa
1.3. Jumlah
siswa yang telah tercapai KKM:… siswa
1.4. Jumiah
siswa yang terlampaui KKM:… siswa
2.
Kiasifikasi
2.1. Prosentase
siswa yang belum tercapai KKM :
2.2. Prosentase
siswa yang telah tercapai KKM :
2.3. Prosentase
siswa yang terlampaui KKM :
B.
TINDAK LANJUT
1.
Kegiatan Remedial/Perbaikan : ………. siswa
Data
siswa yang mengikuti kegiatan remedial/perbaikan
No
|
Nama
|
Nilai
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
7
|
||
8
|
||
9
|
||
10
|
Mengetahui,
Jakarta, ………………….
Kepala
SD/MI……
Guru
……………….
……………..
NIP.
NIP.
Analisis
Penilaian Harian juga dapat dilakuan dengan menggunakan perhitungan yang lebih
teliti seperti di Microsoft Excell sebagai berikut. (10 PG, 5 UH)
1. Melakukan koreksi
hasil ulangan
2. Melakukan
Analisis Nilai
3.Melakukan Analisis
Butir Soal
4. Melakukan
Analisis Hasil Ulangan secara menyeluruh
Dari analisis hasil
ulangan diatas dapat diketahui :
1. Tingkat kesukaran butir soal, efektifitas option jawaban, status soal
2. Prosentase ketutasan belajar setiap peserta didik
3. Berapa dan siapa peserta didik yang harus mengikuti remedial atau pengayaan
Contoh Analisis Hasil Penilaian Harian,
1. Tingkat kesukaran butir soal, efektifitas option jawaban, status soal
2. Prosentase ketutasan belajar setiap peserta didik
3. Berapa dan siapa peserta didik yang harus mengikuti remedial atau pengayaan
Contoh Analisis Hasil Penilaian Harian,
Terima kasih atas postingan anda,sangat membantu. Semoga kebaikan anda berbalas pahala pun kebaikan yang melimpah, aamiin.
BalasHapusTerima kasih atas postingannya...semoga dibalas oleh Allah SWT...
BalasHapusTerima kasih atas postingannya,semoga anda sehat selalu n berkah
BalasHapusterimakasih
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmantap
BalasHapus