Senin, 17 Agustus 2020

Alat Pernafasan Manusia

Bernapas merupakan salah satu ciri makhluk hidup, termasuk pada manusia. Bernapas adalah proses menghirup dan mengeluarkan udara melalui organ pernapasan. Kita setiap saat menghirup udara. Tubuh kita memerlukan oksigen yang diambil saat kita menghirup udara. Oksigen diperlukan tubuh untuk membakar zat-zat makanan sehingga menghasilkan energi. Oksigen ini diambil dari udara oleh organ pernapasan.

Zat makanan (gula) +  Oksigen  Karbon dioksida + uap air + energi

Organ pernapasan pada manusia tersusun atas hidung, saluran pernapasan, dan paru-paru. Setiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Sistem Pernapasan Manusia : Fungsi, Keterangan dan Gambarnya ...
Gambar Alat-alat pernapasan manusia

1. Hidung
Hidung memiliki dua lubang. Melalui kedua lubang hidung tersebut, kita dapat menghirup udara. Udara yang kita hirup mengandung oksigen (O2). Selain itu, pada saat mengėmbuskan udara, hidung kita juga mengeluarkan udara pernapasan yang berupa karbon dioksida (CO,). Kegiatan menghirup O, dan mengembuskan CO, dikenal dengan bernapas.

Apa Saja Bagian-Bagian Hidung Beserta Fungsinya?

Dalam lubang hidung terdapat rambut hidung dan selaput lendir. Rambut hidung dan selaput lendir ini berguna untuk menyaring udara yang masuk.

Dengan demikian, melalui proses penyaringan tersebut udara yang kita hirup menjadi bersih dari kotoran, debu, maupun kuman penyakit. Dapat disimpulkan bahwa hidung merupakan salah satu alat pernapasan yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara pernapasan.

2. Saluran Pernapasan
Udara yang masuk melalui lubang hidung dibawa menuju ke saluran pernapasan. Saluran pernapasan yang pertama kali dilewati udara adalah tekak (faring). Setelah melewati tekak, udara pernapasan menuju pangkal tenggorokan (trakea).

My interest :P: Sistem Pernapasan Manusia ^^

Pada trakea terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi mengeluarkan kotoran. Kotoran dan dahak akan menyentuh bulu-bulu halus tersebut. Hal ini mengakibatkan rasa yang tidak nyaman sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkannya melalui batuk.

3. Paru-Paru
Paru-paru merupakan organ pernapasan paling utama. Paru-paru terletak pada rongga dada sebelah kanan dan kiri di atas diafragma, dengan jantung dan hati di bagian tengahnya. Dengan demikian, paru-paru ada dua, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir, sedangkan paru-paru kiri hanya dua gelambir. Bagian paru-paru yang paling penting adalah alveolus. Alveolus merupakan gelembung yang sangat tipis dan diselimuti pembuluh kapiler darah sehingga mudah dilalui oleh molekul-molekul gas O, maupun CO,. Dengan demikian, pada alveolus inilah proses pertukaran antara gas oksigen (O,) dengan karbon dioksida (CO,) terjadi.

6 Bagian Paru-Paru Lengkap Fungsi, Gambar dan Penjelasan ...

6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya | Hedi Sasrawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar