Penilaian Kinerja Guru Bidang Adminstrasi
Secara etimologis supervisi
(supervisi) berasal dari
bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata, yaitu super dan
vision. Super berarti atas atau lebih, sedangkan vision berarti melihat atau
meninjau. Dengan demikian supervisi dalam pengertian sederhana yaitu melihat,
meninjau atau melihat dari atas, yang dilakukan oleh atasan (pengawas/kepala sekolah) terhadap
perwujudan kegiatan pembelajaran. “Atas”
bermakna orang-orang yang
memiliki kelebihan dari segi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman
terhadap guru-guru, kepala sekolah dan staf.
Supervisi merupakan layanan yang bersifat membimbing,
memfasilitasi, memotivasi serta menilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan
profesinya secara efektif.
Supervisi terhadap Guru mencakup
supervisi akademik dan administrasi, supervisi ini dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas, atau pejabat
terkait.
SUPERVISI
ADMINISTRASI GURU
MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI) AL BURUJ
Hari/Tanggal :
Kelas :
Nama Guru :
Semester :
No
|
Jenis-Jenis
Administrasi
|
Ada
|
Tdk ada
|
Skor
|
Ket
|
|
Maks
|
Hasil
|
|||||
1
|
Perangkat Pembelajaran
Guru
|
|||||
a.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas
V (Lima)
|
||||||
b.
Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
|
||||||
c.
Tema-Tema
Pembelajaran Tematik
|
||||||
d.
Program Tahunan
|
||||||
e.
Program Semester
|
||||||
f.
Jadwal
Pembelajaran Tematik SD (Kurikulum 2013)
|
||||||
g.
Silabus Pembelajaran
|
||||||
h.
Rencana Kegiatan Pembelajaran (RPP)
|
||||||
i.
Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
|
||||||
2
|
Data Peserta Didik
|
|||||
a.
Jumlah Siswa
|
||||||
b.
Daftar Kelas (Model 8355)
|
||||||
c.
Karakteristik Peserta Didik
|
||||||
d.
Data Bakat dan Minat Peserta Didik
|
||||||
e.
Data Umur Peserta Didik
|
||||||
3
|
Administrasi Kelas
|
|||||
a.
Jadwal Mata Pelajaran
|
||||||
b.
Denah Kelas/Susunan Tempat Duduk
|
||||||
c.
Susunan Regu Kerja (Piket)
|
||||||
d.
Susunan Organisasi Kelas
|
||||||
e.
Daftar Buku Pegangan Guru
|
||||||
f.
Daftar Buku Pegangan Peserta Didik
|
||||||
g.
Daftar Penerimaan Laporan Hasil UTS
|
||||||
h.
Daftar Penerimaan Rapor (LHB)
|
||||||
i.
Daftar Pengembalian Rapor (LHB)
|
||||||
j.
Daftar Mutasi Peserta Didik
|
||||||
4
|
Proses
Pembelajaran Kelas
|
|||||
a.
Daftar Hadir Guru
|
||||||
b.
Daftar Hadir Peserta Didik
|
||||||
c.
Agenda
Mengajar Guru
|
||||||
d.
Kartu Tahfidz
|
||||||
e.
Grafik Kehadiran Peserta Didik
|
||||||
f.
Catatan
Kejadian Harian
|
||||||
g.
Kegiatan Bimbingan dan Konseling
|
||||||
h.
Daftar Peserta Didik Berprestasi
|
||||||
i.
Daftar Mutasi Peserta Didik
|
||||||
j.
Buku Kegiatan
Ekstrakurikuler
|
||||||
k.
Catatan Tabungan
Siswa
|
||||||
5
|
Evaluasi
Pembelajaran
|
|||||
a.
Jadwal Kegiatan Penilaian Semester Ganjil
|
||||||
b.
Jadwal Kegiatan Hafalan Al Quran
|
||||||
c.
Dokumen Ulangan Harian (UH)
|
||||||
1)
Kisi-Kisi Ulangan Harian
|
||||||
2)
Naskah Soal Ulangan Harian
|
||||||
3)
Methode Penilaian
UH
|
||||||
4)
Kunci Jawaban
|
||||||
d.
Dokumen Ulangan Tengah Semester (UTS)
|
||||||
1)
Kisi-Kisi Ulangan Tengah Semester (UTS)
|
||||||
2)
Naskah Soal Ulangan Tengah Semester (UTS)
|
||||||
3)
Methode Penilaian Ulangan Tengah Semester
(UTS)
|
||||||
4)
Kunci Jawaban Ulangan Tengah Semester
(UTS)
|
||||||
e.
Dokumen Ulangan Akhir Semester (UAS)
|
||||||
1)
Kisi-Kisi Ulangan Akhir Semester (UAS)
|
||||||
2)
Naskah Soal Ulangan Akhir Semester (UAS)
|
||||||
3)
Methode Penilaian Ulangan Akhir Semester (UAS)
|
||||||
4)
Kunci Jawaban Ulangan Akhir Semester (UAS)
|
||||||
6
|
Hasil Evaluasi Dan Tindak
Lanjut
|
|||||
a.
Daftar Nilai Peserta Didik
|
||||||
b.
Daftar Nilai
Hafalan Al Quran
|
||||||
c.
Daftar Nilai Ujian Tengah Semester
|
||||||
d.
Daftar Nilai Laporan Hasil
Belajar Rapor (Hasil
Belajar)
|
||||||
e.
Analisis Ulangan Harian
|
||||||
1)
Analisa Butir Soal
|
||||||
2)
Analisis Pencapaian Nilai
|
||||||
f.
Analisis
Hasil Ulangan Tengah Semester (UTS)
|
||||||
g.
Program Remedial
|
||||||
1)
Rancangan
Remedial
|
||||||
2)
RPP Remedial
|
||||||
3)
Naskah Soal Remedial
|
||||||
4)
Formulir Penilaian
Remedial
|
||||||
5)
Daftar Hadir Remedial
|
||||||
h.
Program Pengayaan
|
||||||
i.
Grafik Hasil Penilaian
|
||||||
1)
Pencapaian Nilai Pelajaran Agama Islam Tengah
Semester (Grafik Colomn)
|
||||||
2)
Pencapaian Nilai Seluruh Mata Pelajaran
Tengah Semester (Grafik Colomn)
|
||||||
3)
Prosentase Pencapaian Target Kurikulum Tengah
Semester (Grafik Pie)
|
||||||
4)
Grafik Pencapaian Nilai Pelajaran Agama Islam
Akhir Semester (Grafik Colomn)
|
||||||
5)
Grafik Pencapaian Nilai Seluruh Mata
Pelajaran Akhir Semester (Grafik Colomn)
|
||||||
6)
Prosentase Pencapaian Target Kurikulum Akhir
Semester (Grafik Pie)
|
||||||
JUMLAH
|
Nilai = ( Skor Hasil / Skor Maksimal ) x 100 = ....
Catatan :
Supervisor Jakarta,
........
Kepala MI Al Buruj Guru yang dinilai
R Hadi Soeratno Rusmal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar