Jumat, 05 Agustus 2016

Identitas Guru

IDENTITAS GURU

Seseorang yang bertugas sebagai guru memiliki identitas yang diakui oleh pemerintah baik melalui instansi Kementerian Pendidikan Nasional maupun Kementerian Agama. Untuk mengetahui identitas guru kini sudah banyak tersedia secara online, diantaranya adalah :

1. Profil PNS
PNS yang bekerja sebagai guru terpublikasi secara online dalam http://www.bkn.go.id/profil-pns. Dalam situs tersebut, terdapat salah satu isian profil PNS, masukkan saja nomor NIP, maka akan tampil profil PNS yang bersangkutan.



2. Kartu GTK

Kartu GTK adalah produk dari http://simpatika.kemenag.go.id/, Kartu PTK sejak tahun 2014/2015 Semester 1 dapat dicetak langsung oleh guru yang bersangkutan, dengan cara melakukan login terlebih dahulu ke akun pribadinya di http://simpatika.kemenag.go.id/. Situs simpatika ini merupakan salah satu produk dari Kementerian Agama RI.



3. Info PTK

Info PTK ini merupakan produk dari DAPODIK yang bisa diakses pada laman http://infoptk.datadapodik.com/info-data-ptk.html. Setelah mengklik alamat tersebut, seorang guru bisa menuliskan user ID (Nomor sergur atau NUPTK) dan password (thnblntgl), maka akan tampil profil guru yang tergabung dalam Kementerian Pendidikan Nasional. Terdapat empat link yang  bisa digunakan untuk mengetahui profil guru.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar