LEMBAR PERNYATAAN KOMPETENSI, INDIKATOR DAN CARA MENILAI
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/MATA PELAJARAN
(LEMBAR 1A)
Kompetensi
|
Cara
menilai
|
Pedagogik
|
|
1.
Menguasai karakteristik peserta didik.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
2.
Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
Pengamatan
|
3.
Pengembangan kurikulum.
|
Pengamatan
|
4.
Kegiatan pembelajaran yang mendidik.
|
Pengamatan
|
5.
Pengembangan potensi peserta didik.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
6.
Komunikasi dengan peserta didik.
|
Pengamatan
|
7.
Penilaian dan evaluasi.
|
Pengamatan
|
Kepribadian
|
|
8.
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial,
dan kebudayaan nasional.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
10. Etos Kerja,
tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
Sosial
|
|
11.
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
diskriminatif.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
12.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
|
Pemantauan
|
Profesional
|
|
13. Penguasaan
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Pengamatan
|
14. Mengembangkan
Keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif.
|
Pemantauan
|
Keterangan
Pengamatan
adalah kegiatan
untuk menilai kinerja guru melalui diskusi sebelum pengamatan, pengamatan
selama pelaksanaan proses pembelajaran, dan diskusi setelah pengamatan.
Pemantauan
adalah kegiatan
untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen, wawancara dengan guru
yang dinilai, dan/atau wawancara dengan warga sekolah.
Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta
didik
Jenis
dan cara menilai : Kompetensi
Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru mencatat dan menggunakan
informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses
pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik intelektual, sosial
emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
Indikator
|
1.
Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar
setiap peserta didik di kelasnya.
2.
Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan
kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
3.
Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan
belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan
kemampuan belajar yang berbeda.
4.
Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku
peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta
didik lainnya.
5.
Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi
kekurangan peserta didik.
6.
Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan
fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta
didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb).
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
1. Mintalah daftar nama peserta didik.
1.1
Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik secara random. Tanyakan
bagaimana kemampuan belajar keempat peserta didik tersebut. Mintalah bukti
hasil ulangan terakhir keempat peserta didik tersebut.
1.2
Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik lain. Tanyakan bagaimana karakteristik
keempat peserta didik tersebut (aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb.).
2. Mintalah guru
untuk memilih satu nama peserta didik dengan karakteristik teretntu (misalnya
aspek intelektual). Tanyakan bagaimana cara membantu mengembangkan potensinya
tersebut.
3. Mintalah guru
memilih satu nama peserta didik dengan kekurangan tertentu (misalnya aspek
sosial). Tanyakan bagaimana cara membantu peserta didik tersebut untuk
mengatasi kelemahannya.
4. Tanyakan
kepada guru, apakah di kelas ada peserta didik yang mempunyai kelainan fisik
tertentu. Bila ada, bagaimana cara memastikan bahwa peserta didik tersebut
dapat belajar dengan baik.
5. Tanyakan
kepada guru, apakah baru-baru ini ada kejadian luar biasa dalam keluarga
peserta didik (kelahiran, kematian, sedang ada yang sakit, dsb.). Tanyakan
apakah hal tersebut berdampak terhadap pembelajaran peserta didik yang
bersangkutan, dan bagaimana mengatasinya.
6. Tanyakan
kepada guru apakah ada peserta didik di kelas yang selalu menggangu peserta
didik lain. Bila ada, bagaimana upaya untuk mencegah agar perilaku tersebut
tidak merugikan peserta didik lain.
7. Mintalah guru
untuk menjelaskan karakteristik umum kelas yang diajarnya (kelas yang
rata-rata memiliki peserta didik yang cerdas, kreatif, rata-rata baik dalam
mata pelajaran tertentu, dsb.).
Selama Pengamatan:
1.
Amati apakah guru mengatur posisi tempat duduk peserta
didik sesuai dengan kegiatan/aktivitas pembelajaran yang dilakukan.
2.
Amati apakah guru hanya diam di depan kelas atau berkeliling mensupervisi semua peserta didik.
3.
Amati apakah selama proses pembelajaran guru melakukan
pengecekan secara rutin dengan bertanya kepada peserta didik tentang
keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan pada papan
tulis).
4.
Amati apakah selama proses pembelajaran guru melakukan
pengecekan secara rutin bahwa semua peserta didik secara aktif melaksanakan
tugas-tugas yang diberikan.
5.
Amati apakah ada peserta didik yang melakukan kegiatan
lain di luar kegiatan yang seharusnya dilakukan dan bagaimana guru bersikap
terhadap peserta didik yang demikian.
Setelah pengamatan:
1.
Tanyakan kepada guru apakah ada alasan tertentu dari
penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) di dalam kelas (karena
pendengaran atau penglihatan yang kurang jelas, karena perlu konsentrasi,
dsb.).
2.
Mintalah guru menjelaskan persepsinya tentang hasil
pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah ada anak yang tidak
berpartisipasi, dsb.).
Pemantauan:
Periksa pada awal dan pertengahan semester apakah guru
membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik.
|
Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik.
Jenis
dan cara menilai : Pedagogik
(Pengamatan)
Pernyataan : Guru
menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru. Guru
menyesuaikan metode pembelajaran supaya sesuai dengan karakteristik peserta
didik dan memotivasi mereka untuk belajar.
Indikator
|
1.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui
pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
2.
Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik
terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran
berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
3.
Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
4.
Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi
kemauan belajar peserta didik.
5.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling
terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun
proses belajar peserta didik.
6.
Guru memperhatikan respon peserta didik yang
belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya
untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Mintalah RPP pada guru dan periksalah RPP tersebut.
1.
Pilihlah satu topik pembelajaran tertentu. Tanyakan
bagaimana strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, seberapa
penting tujuan pembelajaran tersebut, dan bagaimana kaitannya dengan tujuan
pembelajaran sebelumnya.
2.
Tanyakan seberapa jauh kegiatan atau aktivitas
pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai dengan usia, kesiapan belajar,
tingkat pembelajaran, dan cara belajar pserta didik.
3.
Tanyakan alasan yang melatar belakangi penyusunan
rencana kegiatan atau rencana aktivitas dalam RPP.
Selama Pengamatan:
1.
Amati apakah guru melaksanakan aktivitas pembelajaran
secara bervariasi.
2.
Amati apakah guru memberi kesempatan kepada semua
peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan
belajarnya.
3.
Amati apakah guru selalu memastikan tingkat pemahaman
peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan
aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
4.
Amati apakah guru memanfaatkan berbagai teknik untuk
memberikan motivasi kemauan belajar peserta didik melalui pemanfaatan
berbagai teknik pembelajaran.
5.
Amati bagaimana guru menghubungkan hal-hal baru dengan
pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik.
6.
Amati bagaimana kegiatan yang dilaksanakan dapat
membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
7.
Amati bagaimana guru menanggapi respon peserta didik
terhadap materi yang sedang diajarkan.
Setelah pengamatan:
1.
Pilihlah satu aktivitas guru di kelas (yang diamati
pada saat pengamatan) yang sesuai dengan rencana pembelajaran. Tanyakan
mengapa guru melaksanakan aktivitas tersebut dan bagaimana kaitannya dengan
tujuan pembelajaran.
2. Pilihlah satu
aktivitas di kelas (yang diamati pada saat pengamatan) yang dilaksanakan
berbeda dari rencana pembelajaran. Tanyakan mengapa guru mengubah pelaksanaan
pembelajaran menjadi sangat berbeda dengan rencana semula. Tanyakan pula apakah
pengubahan tersebut terkait dengan
keberhasilan pembelajaran.
Pemantauan:
-
|
Kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum
Jenis
dan cara menilai : Pedagogik
(Pengamatan)
Pernyataan : Guru
menyusun silabus sesuai dengan tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan RPP
sesuai dengan tujuan dan lingkungan pembelajaran. Guru memilih, menyusun, dan
menata materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Indikator
|
1. Guru dapat
menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
2. Guru merancang
rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar
tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
3. Guru mengikuti
urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
4. Guru memilih
materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan
mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik,
d) dapat dilaksanakan di kelas dan e)
sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Periksalah RPP, dan cermati apakah
RPP tersebut telah sesuai dengan silabus dalam kurikulum sekolah.
Selama Pengamatan:
1. Amati seberapa
lancar, jelas dan lengkap guru menyampaikan materi yang diajarkannya.
2. Amati
bagaimana guru menyesuaikan materi yang dijarkan dengan usia, latar belakang,
dan tingkat pembelajaran peserta didik.
3. Amati
bagaimana guru menghubungkan materi yang diajarkan dengan lingkungan dan
kehidupan sehari-hari peserta didik.
4. Amati apakah
materi yang diajarkan guru adalah materi yang mutakhir.
5. Amati apakah
kegiatan/aktifitas pembelajaran yang dilaksanakan guru mencakup berbagai tipe
pembelajaran siswa.
6. Amati bagaimana
guru membantu mengembangkan kemampuan atau keterampilan generiknya
(kreatifitas, berpikir kritis, berpikir inovatif, dan pemecahan masalah,
dsb): Berapa jauh pengetahuan atau keterampilan generik tersebut tercakup
dalam mata pelejaran tersebut.
Setelah
pengamatan:
Meminta guru menjelaskan bagaimana
dia memanfaatkan hasil pembelajaran yang dilaksanakannya untuk mengembangkan
topik mata pelajaran berikutnya.
Pemantauan: -
|
Kompetensi
4 : Kegiatan
Pembelajaran yang Mendidik
Jenis dan cara menilai : Pedagogik (Pengamatan)
Pernyataan : Guru menyusun dan melaksanakan
rancangan pembelajaran yang mendidik secara lengkap. Guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru menyusun dan
menggunakan berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan
karakteristik peserta didik. Jika relevan, guru memanfaatkan teknologi
informasi komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran.
Indikator
|
1.
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan
rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas
tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
2.
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang
bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji
sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
3.
Guru
mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan
usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
4.
Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik
sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus
dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain
yang setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan
penjelasan tentang jawaban yg benar.
5.
Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi
kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta
didik.
6.
Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara
bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai
dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian
peserta didik.
7.
Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi
atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat
termanfaatkan secara produktif.
8.
Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang
dirancang dengan kondisi kelas.
9.
Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
10. Guru mengatur
pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses
belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
11. Guru
menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan
pembelajaran.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Mintalah RPP pada guru dan
periksalah RPP tersebut.
1. Tanyakan
tentang topik dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Tanyakan apakah
kemungkinan akan ada kesulitan dalam membahas topik tersebut untuk mencapai
tujuan yang ditetapkan.
2. Bila ada
peserta didik yang mengalami kesulitan untuk memahami materi tersebut,
bagaimana strategi guru untuk mengatasinya.
3. Tanyakan
bagaimana cara menentukan tingkat pemahaman peserta didik terhadap topik
tersebut.
Selama Pengamatan:
1. Amati apakah
guru menyesuaikan kemampuan peserta untuk berkonsentrasi dalam menerima
pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangannya
2. Amati apakah semua
kegiatan yang dilaksanakan dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik
untuk mencapai tujuan pembelajaran
3. Amati
bagaimana guru mengelola aktifitas (misalnya apakah waktunya sesuai dengan
RPP atau yang direncanakan, apakah guru melaksanakan pembelajaran
sesuai/tidak dg tujuan pembelajaran yg direncanakan
4. Amati seberapa
lama waktu yang digunakan oleh peserta didik untuk melaksanakan
kegiatan/aktifitas pembelajaran untuk menghasilkan sesuatu yang bersifat
produktif, dan berapa lama peserta didik hanya menerima keterangan, informasi
atau instruksi dari guru dalam pembelajarannya
5. Amati
bagaimana guru membantu setiap peserta didik untuk melakukan kegiatannya
masing-masing, apakah ada peserta didik yg tidak terlibat aktif dlm
pembelajarannya & bagaimana guru menangani peserta didik tsb.
6. Amati
bagaimana guru menggunakan media pembelajaran tersebut di bawah ini, apakah
sesuai dengan tujuan pembelajaran, apakah dapat membantu cara belajar atau
memotivisai peserta didik, serta seberapa terampil guru menggunakannya. a)
Papan tulis; b) Gambar dan/atau bahan tercetak; c) Alat bantu video visual;
c) Komputer/TIK; dan d)
Media lainnya.
Setelah pengamatan:
Mintalah guru untuk menjelaskan
seberapa jauh tingkat keberhasilan dalam pembelajaran yang dilaksanakan, dan
mengidentifikasikan bagian apa yang perlu diperbaiki.
Pemantauan: -
|
Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan
potensi
Jenis dan cara menilai : Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru
menganalisis potensi pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi
pengembangan potensi peserta didik melalui program pembelajaran yang mendukung
siswa mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan kreativitasnya
sampai ada bukti jelas bahwa peserta didik mengaktualisasikan potensi mereka.
Indikator
|
1.
Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala
bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat
kemajuan masing-masing.
2.
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran
yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola
belajar masing-masing.
3.
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran
untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta
didik.
4.
Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses
pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
5.
Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang
bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
6.
Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta
didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
7.
Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan
peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang
disampaikan.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Periksa daftar hadir, pilih 4 (empat) nama peserta
didik secara acak, dan mintalah guru menerangkan hal-hal berikut:
1.
Bagaimana guru dapat menunjukkan kekuatan dan
kelemahan belajar peserta didik (misalnya melalui pengamatan sikap peserta
didik terhadap materi atau mata pelajaran tertentu).
2.
Tindakan apa yang dilakukan guru untuk mengembangkan
kekuatan dan mengatasi kelemahan tersebut.
3.
Apakah peserta
didik tersebut pernah mendapat layanan khusus dari guru BK.
Selama Pengamatan:
1.
Amati seberapa jauh guru memperhatikan setiap peserta
didik, apakah guru hanya memberikan perhatian kepada peserta didik yang
memiliki kelebihan tertentu saja.
2.
Amati bagaimana guru menyakinkan setiap peserta didik
terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
3.
Amati seberapa jauh guru memberikan perhatian terhadap
kontribusi yang diberikan oleh peserta didik dan berapa banyak kesempatan
yang diberikan kepada peserta didik untuk menyampaikan pemikiran/pendapatnya.
4.
Amati bagaimana guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik yang dibahas.
5.
Amati bagaimana guru memotivasi peserta didik untuk
mengembangkan pemikiran dan pengalamannya yang melebihi pengetahuan dan
pengalaman di lingkungan dan kehidupan sehari-hari.
Setelah pengamatan:
1.
Mintalah guru menjelaskan apakah ada tindak lanjut
yang akan dilakukan karena topik tersebut menarik atau sulit, dan bagaimana
melanjutkannya.
2.
Mintalah guru menjelaskan apakah ada peserta didik
yang pernah mendapat perhatian khusus untuk mengembangkan potensinya dan manfaatnya
untuk perbaikan RPP.
Pemantauan:
Periksa apakah guru memiliki dokumen tentang kemajuan
belajar setiap peserta didik.
|
Kompetensi 6 : Komunikasi dengan Peserta Didik
Jenis
dan cara menilai : Pedagogik (Pengamatan)
Pernyataan : Guru berkomunikasi secara efektif,
empatik dan santun dengan peserta didik dan bersikap antusias dan positif. Guru
memberikan respon yang lengkap dan relevan kepada komentar atau pertanyaan
peserta didik.
Indikator
|
1.
Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman
dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka
yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
2.
Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua
pertanyaan dan tanggapan
peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu
atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
3.
Guru menanggapi pertanyaan peserta didik secara tepat,
benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa
mempermalukannya.
4.
Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat
menumbuhkan kerja sama yang baik antarpeserta didik.
5.
Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap
semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk
mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
6.
Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta
didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan
kebingungan pada peserta didik.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Mintalah guru menjelaskan bagaimana
mendorong interaksi aktif antarpeserta didik
Selama Pengamatan:
1.
Amati berapa lama waktu yang digunakan oleh:
a)
guru untuk berbicara di kelas;
b)
guru untuk berbicara kepada peserta didik secara
individu;
c)
peserta didik untuk menjawab pertanyaan guru;
d)
peserta didik untuk memulai berinterkasi dengan guru;
e)
peserta didik untuk bekerja bersama-sama;
f)
peserta didik untuk bekerja mandiri.
2.
Amati saat peserta didik bekerja dalam kelompok,
berapa banyak anggotanya, dan apakah setiap anggota kelompok memiliki waktu
yang cukup untuk berpatisipasi secara aktif dalam kegiatan yang sedang
dilakukan.
3.
Amati bagaimana guru memastikan peserta didik yang
duduk di belakang atau di samping kanan-kiri kelas untuk berpartisipasi aktif
dalam proses pembelajaran.
4.
Amati variasi pertanyaan yang digunakan guru (apakah
pertanyaan tersebut hanya untuk anak yang pandai atau mencakup juga untuk
anak yang kurang pandai).
5.
Cermati seberapa banyak pertanyaan terbuka yang
disampaikan oleh guru dibandingkan pertanyaan yang telah diketahui jawabannya.
6.
Amati bagaimana cara guru memilih peserta didik yang
akan menjawab pertanyaan tersebut.
7.
Amati bagaimana guru merespon jawaban peserta didik
dan berapa sering guru mendorong peserta didik untuk bekerjasama dalam
menjawab pertanyaan.
Setelah pengamatan:
Meminta guru menjelaskan tentang persepsinya berkaitan
dengan efektifitas komunikasi yang terjadi selama proses pembelajaran,
misalnya pertanyaan dari peserta didik cukup banyak.
Pemantauan: -
|
Kompetensi 7 : Penilaian dan Evaluasi
Jenis
dan cara menilai : Pedagogik (Pengamatan)
Pernyataan : Guru
menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan.
Guru melakukan evaluasi atas efektivitas proses dan hasil belajar dan
menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program
remedial dan pengayaan. Guru menggunakan hasil analisis penilaian dalam proses
pembelajarannya.
Indikator
|
1.
Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam
RPP.
2.
Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan
jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan
mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat
pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
3.
Guru menganalisis hasil penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan
dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan
pengayaan.
4.
Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan
merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat
membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran,
materi tambahan, dan sebagainya.
5.
Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan
penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
1.
Meminta guru untuk menyediakan RPP dan alat penilaian.
Periksa apakah alat penilaian sesuai
dengan tujuan pembelajaran. Mintalah guru menjelaskan bagaimana memanfaatkan
perangkat tersebut untuk merencanakan, memonitor kemajuan dan perkembangan
peserta didik dalam pembelajarannya.
2.
Meminta guru menjelaskan berbagai teknik dan jenis
penilaian yang pernah dilakukan.
Selama
Pengamatan: -
Setelah Pengamatan:
1.
Meminta guru menjelaskan bagaimana cara memperoleh
masukan balik tentang pengajarannya (misalnya evaluasi oleh peserta didik,
komentar dari teman sekerja, refleksi diri, dsb).
2.
Meminta guru menunjukkan hasil analisis penilaian dan
menunjukkan topik kempetensi yang sulit untuk keperluan remedial.
3.
Bagaimana guru
mengkomunikasikan hasil penilaian
kepada peserta didik dan menunjukkan materi pembelajaran yang belum dikuasai
peserta didik.
4.
Bagaimana guru mendeskripsikan dan memanfaatkan hasil
analisis penilaian untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran
berikutnya.
Pemantauan: -
|
Kompetensi 8 : Bertindak sesuai dengan norma agama,
hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
Jenis
dan cara menilai : Kepribadian (Pengamatan
dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru
bertindak sesuai dengan hukum di Indonesia. Semua kegiatan yang dilaksanakan
oleh guru mengindikasikan penghargaanya terhadap berbagai keberagaman agama,
keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat daerah asal, latar belakang sosial
ekonomi, dan/atau tampilan fisik.
Indikator
|
1.
Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip
Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia.
2.
Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan
dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku,
agama, dan gender).
3.
Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat
sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
4.
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai
bangsa Indonesia.
5.
Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman
bangsa Indonesia (misalnya: budaya,
suku, agama).
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan: -
Bagaimana pandangan guru tentang
keberagaman bangsa Indonesia
(misalnya: budaya, suku, agama).
Selama Pengamatan: -
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
Penilai mewawancarai warga sekolah (teman sejawat,
peserta didik, orang tua, dan tenaga kependidikan lainnya), dan meminta
penjelasan dan contoh tentang perilaku dan reputasi guru yang dinilai terkait
dengan:
1.
bagaimana guru memahami
prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga
Indonesia;
2.
bagaimana sikap guru dalam pergaulan
sehari-hari (menghormati, menghargai,
dan membantu satu sama lain, sesuai dengan kondisi dan keberadaan
masing-masing, bangga sebagai bangsa
Indonesia); dan
3.
bagaimana pandangan guru tentang
keberagaman bangsa Indonesia
(misalnya: budaya, suku, agama).
|
Kompetensi 9 :
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
Jenis
dan cara menilai : Kepribadian (Pengamatan dan
Pemantauan)
Pernyataan : Guru
menampilkan diri sebagai teladan bagi peserta didik dan masyarakat. Guru
dihormati oleh peserta didiknya dan oleh anggota masyarakat sekitarnya,
termasuk orang tua siswa.
Indikator
|
1.
Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara,
berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman
sejawat.
2.
Guru mau membagi pengalamannya dengan kolega, termasuk
mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan
masukan.
3.
Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan
bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu
memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
4.
Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari
peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
5.
Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik
sekolah.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan: -
Selama Pengamatan:
1.
Amati bagaimana guru berbicara dan bersikap terhadap peserta didiknya (misalnya apakah
sesuai dengan usia, tidak merendahkan diri peserta didik, santun, dsb.).
2.
Amati bagaimana peserta didik berbicara dan bersikap
terhadap gurunya (misalnya sopan, santun, terbuka, apakah peserta didik
selalu memperhatikan guru waktu berbicara, selalu melaksanakan petunjuk guru,
apakah guru perlu medisiplinkan peserta didiknya, dsb.).
3.
Amati bagaimana guru memastikan setiap peserta didik
melakukan tugas dan berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya.
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
Penilai melakukan wawancara dengan kepala sekolah,
wakil kepala sekolah dan/atau koordinator PKB tentang:
1.
kehadiran guru di sekolah dan di
kelas (apakah selalu hadir sesuai jam mengajarnya, apakah selalu masuk kelas
tepat waktu, dsb.);
2.
apakah guru memenuhi tugas
non-pembelajarannya dan bagaimana guru mempersiapkan tugas-tugas tersebut
(misalnya apakah hasil tes dikembalikan kepada peserta didik tepat waktu,
apakah rajin melakukan supervisi kegiatan ekstra-kurikulum, dsb), dan apakah
pekerjaannya sesuai dengan standar yang diharapkan oleh sekolah;
3.
bagaimana guru berbagi pengalaman
keberhasilan dalam pembelajaran dengan teman sejawat; dan
4.
bagaimana guru bekerja sebagai
anggota kelompok dalam komunitas sekolah termasuk dalam kegiatan KKG/MGMP.
|
Kompetensi 10 : Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi,
rasa bangga menjadi guru
Jenis dan cara menilai : Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan
: Guru berperilaku sesuai dengan kode etik profesi guru. Guru melaksanakan tugasnya sesuai dengan harapan kepala
sekolah/madrasah dan komite sekolah/madrasah. Semua kegiatan guru memperhatikan
kebutuhan peserta didik, teman sekerja, dan tujuan sekolah.
Indikator
|
1.
Guru
mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
2. Jika guru harus meninggalkan kelas, guru
mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata
pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
3. Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua
kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola
sekolah.
4. Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan
memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang
telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
5. Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan
non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan.
6.
Guru
memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif
terkait dengan tugasnya.
7.
Guru
memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi
yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
8.
Guru merasa
bangga dengan profesinya sebagai guru.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum pengamatan: -
Selama Pengamatan:
Amati apakah guru memiliki materi tambahan sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh guru piket apabila
guru bersangkutan harus melakukan tugas lain.
Setelah pengamatan: -
Pemantauan:
1.
Dua kali dalam satu semester, penilai melakukan kunjungan
ke kelas di awal, di tengah dan di
akhir jam pelajaran yang mengamati:
1.1. apakah
guru tepat waktu dalam mengawali dan mengakhiri kelasnya; dan
1.2. apakah peserta didiknya tetap melakukan
tugas-tugas mereka sesuai dengan jadwal.
2.
Dua kali dalam satu semester penilai bertanya kepada
peserta didik, diantaranya:
1.1. apakah
guru yang bersangkutan pernah tidak hadir
1.2. jika guru tidak hadir, kegiatan
apa yang dilakukan oleh peserta didik.
3.
Dalam wawancara dengan warga sekolah (teman sejawat,
peserta didik, orang tua, dan tenaga kependidikan lainnya, koordinator PKB),
penilai meminta mereka untuk menjelaskan perilaku guru yang dinilai terhadap
tugas-tugas non pembelajaran.
|
Kompetensi 11 :
Bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif.
Jenis
dan cara menilai : Sosial (Pengamatan dan
Pemantauan)
Pernyataan : Guru
menghargai peserta didik, orang tua peserta didik dan teman sejawat. Guru
bertindak inklusif, serta tidak diskriminatif terhadap peserta didik, teman
sejawat, dan masyarakat sekitar. Guru menerapkan metode pembelajaran yang
memfasilitasi pembelajaran semua peserta didik.
Indikator
|
1.
Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil,
memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa
memperdulikan faktor personal.
2.
Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman
sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua
diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
3.
Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan
tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta
didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan: -
Selama Pengamatan:
1.
Amati bagaimana guru membagi waktunya dalam
berinteraksi dengan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok.
2.
Amati bagaimana guru melakukan interaksi (bertanya,
berdiskusi, dsb) dengan peserta didik untuk menarik perhatian seluruh peserta
didik di kelas.
3.
Amati bagaimana guru menghargai proses dan hasil kerja
peserta didik yang dianggap baik.
4.
Amati bagaimana
guru menangani persaingan yang tidak sehat antarpeserta didik.
5.
Amati bagaimana guru manangani peserta didik yang
melakukan tindakan negatif terhadap peserta didik lainnya (misalnya
diskriminasi etnik, gender, agama, dsb.).
6.
Amati apakah guru memberikan perhatian yang sama
terhadap setiap peserta didik, atau hanya memberikan perhatian terhadap
peserta didik atau kelompok peserta didik tertentu.
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
1.
Tanyakan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah,
atau koordinator PKB tentang:
1.1. hubungan dan kepedulian guru terhadap teman sejawat dan
orang tua peserta didik; dan
1.2. kontribusi guru dalam berbagai diskusi formal dan
informal terkait dengan pekerjaannya.
|
Kompetensi 12 :
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik,
dan masyarakat.
Jenis
dan cara menilai : Sosial (Pemantauan)
Pernyataan : Guru
berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dengan orang tua peserta
didik dan masyarakat. Guru menyediakan informasi resmi (baik lisan maupun tulisan) kepada orang tua
peserta didik tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik
(sekurang-kurangnya dua kali dalam setahun). Guru berpartisipasi dalam kegiatan
kerjasama antara sekolah dan masyarakat dan berkomunikasi dengan komunitas
profesi dan berpartisipasi dalam kegiatan yang relevan.
Indikator
|
1.
Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan,
kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam
pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman
sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
2.
Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar
pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat
memberikan bukti keikutsertaannya.
3.
Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari
masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam
kegiatan sosial di masyarakat.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan: -
Selama Pengamatan: -
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
1.
Penilai meminta guru menyediakan dokumen/catatan
tentang pertemuan guru dengan orang tua berkaitan dengan kemajuan, kesulitan,
dan potensi peserta didik. Cermati dan catat aspek spesifik yang telah
dilakukan guru terkait dengan hal-hal tersebut.
2.
Penilai meminta guru menyediakan dokumen/catatan yang
membuktikan kerjasamanya dengan teman sejawat dan/atau tenaga kependidikan
untuk membantu peserta didik yang membutuhkan layanan khusus (misalnya
layanan BK dengan guru BK, layanan administrasi dengan tenaga kependidikan,
dsb).
3.
Tanyakan kepada teman sejawat dan/atau orang tua
peserta didik tentang perilaku, sikap, atau kegiatan guru yang berhubungan
dengan kegiatan non-pembelajaran.
|
Kompetensi 13 : Penguasaan
materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang men-dukung mata pelajaran
yang diampu.
Jenis
dan cara menilai : Profesional
(Pengamatan)
Pernyataan : Rancangan,
materi dan kegiatan pembelajaran, penyajian materi baru dan respon guru
terhadap peserta didik memuat informasi pelajaran yang tepat dan mutakhir.
Pengetahuan ini ditampilkan sesuai dengan usia dan tingkat pembelajaran peserta
didik. Guru benar-benar memahami mata pelajaran dan bagaimana mata pelajaran
tersebut disajikan di dalam kurikulum. Guru dapat mengatur, menyesuaikan dan
menambah aktifitas untuk membantu peserta didik menguasai aspek-aspek penting
dari suatu pelajaran dan meningkatkan minat dan perhatian peserta didik
terhadap pelajaran.
Indikator
|
1.
Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan
kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi
materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
2.
Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di
dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
3.
Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu
peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Cermati RPP. Pelajari apakah materi yang tercakup
dalam RPP merupakan materi yang tepat dan mutakhir.
Selama Pengamatan:
1.
Amati apakah guru menguasai, terampil dan lancar dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran atau apakah guru harus sering menggunakan
catatan atau buku untuk menyampaikan pembelajaran.
2.
Amati apakah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran
berdasarkan kerangka topik yang dibahas, apakah guru dapat mengidentifikasi
bagian-bagian yang penting atau tidak dari topik tersebut.
3.
Amati apakah guru mengetahui topik-topik tertentu
yang mungkin sulit dipahami oleh
peserta didik dan memerlukan pengulangan secara bervariasi.
4.
Amati bagaimana guru merespon pertanyaan atau pendapat
peserta didik (apakah guru mau mendengar, menghargai dan merespon secara
tepat dan benar pertanyaan dan pendapat peserta didik).
5.
Amati bagaimana guru menanggapi pertanyaan atau tanggapan peserta
didik yang tidak relevan dengan tujuan pembelajaran.
6.
Amati berapa lama guru menanggapi pertanyaan atau tanggapan peserta
didik tertentu tanpa mengabaikan peserta didik lainnya.
Setelah pengamatan: -
Pemantauan: -
|
Kompetensi 14 : Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
Jenis
dan cara menilai : Profesional
(Pemantauan)
Pernyataan : Guru
melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus dan
memanfaatkan hasil refleksi untuk meningkatkan keprofesian. Guru melakukan
penelitian tindakan kelas dan mengikuti perkembangan keprofesian melalui
belajar dari berbagai sumber, guru juga memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi
dan pengembangan keprofesian jika dimungkinkan.
Indikator
|
1.
Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap,
dan didukung dengan contoh pengalaman
diri sendiri.
2.
Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan
dari teman sejawat
atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan
kinerjanya.
3.
Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk
mengembangkan perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB).
4.
Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam
perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
5.
Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya
inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif
dalam melaksanakan PKB.
6.
Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan
pelaksanaan PKB.
|
Proses
Penilaian
|
Sebelum pengamatan: -
Selama Pengamatan: -
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
1.
Penilai meminta guru menyediakan evaluasi diri dan
rencana tahunan program PKB.
2.
Penilai meminta guru menyediakan bukti tentang
keikutsertaanya dalam melaksanakan kegiatan PKB.
3.
Penilai meminta guru menjelaskan dampak PKB terhadap
pembelajaran dengan contoh atau bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.
4.
Penilai meminta guru menyediakan bukti tentang
refleksi diri misalnya jurnal pembelajaran, catatan penting dalam RPP, dsb.
5.
Penilai bertanya kepada guru apakah pernah mengakses laman
(website) yang terkait dengan program PKB,
jika ya berikan contohnya.
6.
Penilai meminta guru menjelaskan bagaimana memperoleh
masukan dari peserta didik tentang kegiatan pembelajaran (misalnya apakah
yang dipelajari menarik, bermanfaat bagi peserta didik, sesuai dengan
kebutuhannya, dsb.).
7.
Penilai meminta guru menjelaskan apakah guru merupakan
anggota profesi tertentu, apakah guru selalu hadir dalam kegiatan
keprofesian: KKG/MGMP, seminar, lokakarya,
dsb.
8.
Penilai meminta guru menjelaskan tentang perannya
dalam kegiatan keprofesian (misalnya KKG/MGMP, seminar, lokakarya, dsb.), dan
apakah hasil kegiatan keprofesian diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran
dan diimbaskan kepada teman sejawat.
9.
Penilai melaksanakan wawancara dengan koordinator PKB
dan bertanya bagaimana guru berpartisipasi dalam kegiatan PKB.
10. Penilai
melaksanakan wawancara dengan pengelola dan/atau peserta KKG/MGMP bagaimana
guru yang dinilai berpartisiapasi dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam
program KKG/MGMP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar