Minggu, 09 Agustus 2020

Jenis-Jenis Usaha Perekonomian di Indonesia

Dapatkah kamu menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian masyarakat Indonesia? Jenis usaha perekonomian masyarakat Indonesia bermacam-macam. Pada dasarnya, kegiatan perekonomian masyarakat merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kegiatan ekonomi masyarakat biasanya dipengaruhi oleh keadaan alam setempat. Jenis usaha perekonomiannya disesuaikan dengan kondisi alam setempat. Indonesia dikenal sebagai negara agraris. 

Indonesia Dinilai Tak Layak Disebut Negara Agraris, Ini Alasannya
Namun, tidak berarti semua kegiatan ekonominya dilakukan dalam bidang agraris. Ada bidang industri, perdagangan, dan jasa.

1. Usaha Bidang Agraris
Sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian bertani atau bercocok tanam. Oleh karena itu, Indonesia mendapat julukan negara agraris. Usaha bidang agraris adalah usaha mengolah tanah menanaminya dengan jenis tanaman yang bermanfaat. Pertanian di Indonesia biasanya dikerjakan oleh petani di pedesaan. Mereka bekerja secara perorangan dengan tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya, pertanian padi, sayuran, dan palawija. 

Penjual Sayur di Solo Go Online Layani Pelanggan

7 Tanaman Palawija untuk Dibudidayakan di Kebun Rumah dengan Mudah

Jenis Tanaman Palawija Yang Menguntungkan Untuk Agribisnis Pertanian

Namun, ada juga pertanian yang diusahakan oleh perusahaan besar. Usaha ini bertujuan menghasilkan tanaman produksi. Misalnya, perkebunan hortikultura dan perkebunan besar seperti teh, kelapa sawit, kopi, dan cokelat.

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar, Sensasi Wisata Alam Ala Eropa ...

Perkebunan Kelapa Sawit Produsen Oksigen Paling Banyak – Astra ...

Sumatera Selatan, Provinsi Robusta di Indonesia

Ternyata Kota ini Penghasil Kakao Terbaik di Indonesia. Kotamu ...

2. Usaha Bidang Industri
Usaha bidang industri adalah jenis usaha untuk menghasilkan barang baru atau mengolah bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Contoh usaha di bidang industri, yaitu sebagai berikut.

a. Usaha kerajinan rotan dan daun pandan. Usaha ini mengolah bahan baku menjadi barang-barang jadi berupa anyaman dan mebel (kursi dan meja).
\Mendag Bantu Pengrajin Rotan Ekspor Produk Ke Perancis

Pemkab Dorong Usaha Anyaman Daun Pandan

b. Industri pengolahan kulit, seperti kulit sapi atau kulit kambing. Industri ini mengolah kulit menjadi bahan setengah jadi berupa kulit samakan.

INDUSTRI PENGOLAHAN KULIT | Neraca.co.id

c. Industri pembuatan sepatu, tas, jaket, dan ikat pinggang. Industri ini menggunakan bahan setengah jadi atau bahan baku berupa kulit samakan. Industri dilakukan untuk meningkatkan mutu atau nilai suatu barang. Usaha bidang industri dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok, atau perusahaan, baik pemerintah maupun swasta.

Kampung Keparakan, Pusat Kerajinan Kulit di Kota Yogyakarta ...

Berburu Sepatu dan Tas Kulit di Manding, Sentra Kerajinan Kulit di ...

Bisnis Jaket Kulit: Modal & Tips Peluang Usaha dg Pusat Jaket Kulit

3. Usaha Perdagangan (Niaga)
Usaha bidang perdagangan adalah jenis usaha yang kegiatannya berkaitan dengan jual beli barang untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Hampir semua jenis barang diperdagangkan. Misalnya makanan, minuman, sandang, papan, perhiasan, dan hewan. Alat tukar yang digunakan dalam perdagangan, yaitu uang.

Perusahaan penghasil barang tidak secara langsung menjual barang hasil produksinya kepada konsumen. Mereka memerlukan perantara. Perantara inilah yang disebut pedagang. Sebelum sampai ke konsumen, barang hasil produksi melewati saluran perdagangan, yaitu grosir (pedagang besar), agen, dan pedagang ecer.

Pengertian Distributor, Suplier, Agen | dosenpintar

4. Usaha Jasa
Usaha jasa banyak ditemui di sekitar kita. Usaha jasa adalah melakukan kegiatan untuk melayani kepada pihak lain. Adapun usaha yang termasuk di bidang jasa, di antaranya guru, dokter, perawat, tukang cukur, montir, asuransi, dan menyewakan alat pesta. Usaha jasa merupakan jenis usaha yang menitikberatkan pelayanan kepada masyarakat. Usaha ini tidak memproduksi dan tidak membuat barang. Pemberi jasa akan mendapat imbalan sebagai pengganti jasa. Contohnya, dokter mengobali pasien akan mendapatkan imbalan dari pasiennya. Montir dengan keterampilannya akan mendapatkan upah.
Papua Barat Cari Dokter untuk Covid-19, Disiapkan Gaji 50 Juta ...

Usai Liburan, Bengkel Motor Kebanjiran Pelanggan - Fajar Indonesia ...

Sisi Lain dari Tukang Cukur Rambut | jadiberita.com

Ayo Kerjakan
Jawablah pertanyaan-pertaniyaan beriküt berdasarkan teks bacaan di atas!
1. Sebutkan jenis-jenis usaha perekonomian masyarakat Indonesia dan berikan contohnya!
2. Mengapa negara Indonesia mendapat julukan negara agraris?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar