Kamis, 27 Agustus 2020

Mengenal Kegiatan Ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari tidak seorang pun dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya. Untuk itu, diperlukan kerja sama antara orang yang satu dengan orang lainnya agar dapat saling melengkapi. Ada orang yang bekerja sebagai petani yang memproduksi bahan pangan. Ada juga yang membuat pakaian untuk dijual dan diperdagangkan. Hal ini dikenal dengan kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi adalah semua bentuk kegiatan penduduk dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kegiatan produksi, kegiatan konsumsi, dan kegiatan distribusi.

1. Kegiatan Produksi
Kegiatan produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pihak yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Produsen menghasilkan barang untuk dijual agar dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri dan juga orang. Contoh membuat sesuatu atau membikin sesuatu.

Pembelajaran IPS: Materi Kegiatan Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

Kegiatan Ekonomi adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis Kegiatan Ekonomi 

Perkuat Bisnis, Tata Motors Gandeng Microsoft | Republika Online


2. Kegiatan Distribusi
Barang hasil produksi belum terasa manfaatnya apabila belum sampai kępada konsumen sebagai penggunanya. Agar bisa sampai kepada konsumen, barang yang dihasilkan produsen harus disalurkan. Kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen disebut distribusi. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut 'distributor. Contoh kegiatan distribusi adalah ibu yang tinggal di Pekanbaru membeli beras Cianjur, karena adanya distributor.

Kegiatan Distribusi Barang dan Jasa - Santos Blog

DISTRIBUSI EKONOMI | muidabdul

Jelaskan Tentang Kegiatan Distribusi | Ekonomi | Sridianti.com


3. Kegiatan Konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi atau menghabiskan .fungsi ekonomi suatu barang. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Dalam kehidupan sehari-hari, konsumsi sering dihubungkan dengan makanan dan minuman. Namun, selain kegiatan makan dan minum, kegiatan menggunakan baju, celana, sepatu, kendaraan, dan sebagainya juga merupakan kegiatan konsumsi. Contoh kegiatan konsumsi adalah seorang ibu membeli cabai di pasar, kakak membeli baju di toko, dan ayah membeli motor di diler.

Pengertian Konsumsi : Ciri, Tujuan, Faktor, Kegiatan & Contohnya

Kini Belanja di Pasar Tradisional Bisa Lewat Telepon Saja, Cek Daftar  Pasarnya - Bisnis Liputan6.com

Menu Yang Cocok Bunda Siapkan Untuk Makan Malam Keluarga | alpermata.com

Demikian penjelasan tentang produksi, distribusi dan konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar