Rabu, 05 Agustus 2020

Tulang pada Manusia

Bacalah teks berikut secara intensif!

Tulang pada Manusia

     Tukang sering dianggap hanya sebagai rangka, pelindung, dan penunjang tubuh. Walaupun rangka juga melakukan fungsi tersebut, tulang sebenamya adalah organ yang sangat dinamis yang secara tetap melakukan remodeling, dan mengubah bentuk untuk dapat beradaptasi pada kekuatan-kekuatan sehari-hari yang menekannya.

     Tulang menyinmpan nutrien penting, mineral, dan lipida serta menghasilkan sel darah yang memalihara tubuh serta berperan penting dalam perlindungan tubuh terhadap infeksi. Semue fungsi ini membuat tulang dalam tubuh manusia yang berjumlah kira-kira 206 menjadi organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia sehari-hari.

     Sistem rangka terdiri atas tulang, tulang rawan, dan membran yang melapisi tulang. Setiap tulang adalah organ yang meliputi jaringan ikat (tulang, darah, tulang rawan, jaringan adiposa, dan jaringan ikat menyerabut), jaringan saraf, serta jaringan otot dan epitelium (di dalam pembuluh darah).

-------------------------------------------
Setelah membaca 3 (tiga) paragraf tersebut di atas, tentukanlah ide pokok setiap paragraf dalam teks yang telah dibaca tersebut!

1. Ide pokok paragraf 1 adalah ........................................
2. Ide pokok paragraf 2 adalah ........................................
3. Ide pokok paragraf 3 adalah ........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar