Rabu, 28 April 2021

Iklan Elektronik


Siapa yang tadi menyaksikan materi Iklan Media Cetak dan elektronik di program Belajar dari Rumah TVRI? Kalau menyaksikan, teman-teman pasti tahu kalau iklan dibagi menjadi tiga bentuk.Berdasarkan media yang digunakan, iklan bisa dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu iklan media cetak, iklan media elektronik, dan iklan media luar ruang.

Kali ini yang dibahas lebih lanjut adalah mengenai iklan media elektronik. Iklan media elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contohnya iklan di televisi, iklan radio, dan iklan internet.

Kelebihan iklan elektronik:

- Cepat untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat

- Mempunya audio dan visual yang membuat konsumen lebih mudah untuk memahami iklan

- Bisa menjangkau masyarakat secara luas

Kelemahan iklan elektronik adalah biayanya cukup mahal dari segi produksi sampai penempatan di media elektronikmya.


Jenis Iklan Media Elektronik

1. Iklan Radio

Radio merupakan elektronik yang menggunakan pendengaran untuk menyapa masyarakat. Karena itulah iklan di radio hanya bisa menggunakan audio atau suara. Kelebihan iklan radio adalah biaya yang lebih murah, bisa diterima oleh siapa saja, dan menjangkau daerah yang luas. Kelemahannya adalah waktunya yang terbatas dan tidak bisa menampilkan visual.

2. Iklan Televisi

Iklan televisi memiliki visualisasi yang menarik karena menampilkan suara, gambar, dan juga gerak. Karena itu iklan di televisi bisa kita lihat dan dengarkan, sehingga lebih menarik dan mudah dipahami. Kelebihan iklan televisi adalah menjangkau wilayah yang sangat luas. Kelemahannya adalah biaya produksi yang mahal.

3. Iklan Internet

Iklan internet atau iklan online adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberi informasi pada masyarakat. Iklan biasa ditampilkan pada website, blog, atau video streaming. Bentuk iklannya bisa berupa video ataupun banner animasi.

Langkah-Langkah Membuat Iklan Elektronik

1. Siapkan terlebih dahulu produk apa yang ingin kita tayangkan sebagai iklan.

2. Pilihlah media elektronik yang cocok untuk memasarkan produk.

3. Membuat rancangan iklan dan lakukan proses pembuatan iklan

4. Lakukan riset untuk menentukan waktu paling tepat untuk menayangkan iklan.

5. Iklan siap ditayangkan di media elektronik pilihan.

Sumber disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar