LEMBAR VALIDASI
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Nama Sekolah/Mdrasah ::
Alamat :
i. Halaman sampul (memuat; logo, judul, tahun, alamat)
ii. Halaman penetapan dan pengesahan (memuat: rumusan, tandatangan Kamad & cap, komite & cap, ttd Kemenag/Kanwil & cap )
iii. Halaman rekomendasi dari Pengawas Madrasah
iv. Kata pengantar
v. Daftar isi
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang : rasional pengembangan kurikulum
Kondisi ideal, kondisi nyata, potensi serta karakteristik satuan pendidikan
B. Tujuan Pengembangan Kurikulum
C. Prinsip Pengembangan Kurikulum
D. Dasar Hukum Penyusunan Kurikulum
- Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
- Undang-undang No 20 thn 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang SNP; PP No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas PP 19 tahun 2005 tentang SNP; PP No. 13 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas PP 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendikbud No. 61 Tahun 2014 Tentang KTSP
- PP No. 74 Tahun 2008; PP 19 tahun 2017 tentang perubahan atas PP 74 tahun 2008 tentang Guru
- Permendikbud No. 62 Tahun 2014 Tentang Ekstra kurikuler
- Permendikbud No. 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan
- Permendikbud No. 68 Tahun 2014 Tentang Guru TIK; Permendikbud 45 tahun 2015 tentang Perubahan Permen 68 tahun 2014
- Permendikbud No. 79 Tahun 2014 tentang Mulok
- Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang BK
- Permendikbud No. 23 Tahun 2015 Tentang Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal
- Permendikbud No. 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan
- Permendikbud No. 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi
- Permendikbud No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
- Permendikbud No.21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian
- Permendikbudristek No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian
- Permendikbudristek No. 57 Tahun 2021 tentang SNP Perubahan
- Kepmendikbudristek No. 8 Th. 2022 tentang Capaian Pembelajaran Revisi (PAUD s/d SMA/MA/SMK
Tambahan untuk Kemenag
- KMA No. 103 tahun 2015 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat Pendidik
- KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah
- KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi kurikulum pada madrasah
- KMA No 624 tahun 2021 tentang Supervisi Pembelajaran
- KMA No. 347 Th. 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka
- SK Dirjen Pendis No 6980 tahun 2019 tentang Juknis Penyusunan Pengembangan Kurikulum tingkat Satuan Pendidkkan Madrasah Ibtidaiyah
- SK Dirjen Pendis No. 5163 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran pada Madrasah;
- SK Dirjen Pendis No 6989 tahun 2019 tentang Juknis Pengelolaan Pembelajaran Riset di Madrasah
- SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2019 Juknis Penilaian Hasil Belajar MI
- SK Dirjen Pendis Nomor 2971 tahun 2020 tentang Kurikulum Darurat pada Madrasah
- Keputusan Dirjen Pendis Nomor 6334 Tahun 2021 Tentang Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah
- Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran PAI dan bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
- SK Dirjen Pendis No.B/1336/DJ.I/D/t.I.I/PP.00/06/2022 tentang Pengantar Kalender Pendidikan Tahun 2022/2023
BAB II KARAKTERISTIK MADRASAH
1. Profil Madrasah
2. Analisis Konteks
BAB III VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM PRIOROTAS/KEUNGGULAN
A Visi
B Misi
C Tujuan
D Program Prioritas/Keunggulan
BAB IV STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A Kerangka Dasar, memuat:
1. Landasan filosofis
2. Landasan sosioloigis
3. Landasan psikopedagogis
4. Landasan teoritis
B Struktur Kurikulum
C Muatan Kurikulum
1. Muatan nasional (Mata Pelajaran dan Alokasi Waktu)
2. Muatan lokal *)
- Bahasa Jawa
- Tahfidz Al-Quran
- Teknologi
- Riset atau penelitian ilmiah
- Kekhasan madrasah, dan
- Kekhasan madrasah khusus dalam naungan pontren
- Kemuhammadiyahan/Ke-NU-an (Aswaja)
3. Pengembangan Diri
4. Pengaturan Beban Belajar
5. Peminatan
6. Ketuntasan Belajar
7. Kenaikan Kelas
8. Kelulusan
9. Mutasi peserta didik
10. Penguatan Pendidikan Karakter
11. Strategi Pembelajaran dan Penilaian
D Integrasi Kurikulum *)
1. Moderasi beragama
2. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
3. Anti Korupsi
4. Anti Narkoba
5. Bahasa dan atau Literasi
6. Madrasah Ramah Anak
7. Madrasah Sehat
8. Madrasah Adiwiyata
9. Lainnya :
E Ekstra Kurikuler *)
1. Pramuka (ekstra wajib)
2. UKS
3. PMR/dokter cilik
4. PASKIBRA/Drumb Band
5. Olah Raga
6. Seni
7. Pengembangan Riset dan Teknologi dan Komunikasi
8. Pembinaan Olimpiade/Kompetisi Sains
9. Baca Tulis Al Qur'an
10. Pengembangan Bahasa
11. Kewirausahaan
12. Kegiatan lain
BAB V Kalender Pendidikan
Lampiran-lampiran
- SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah
- SK Kriteria Ketuntasan Minimal
- SK Kriteria Kenaikan Kelas
- SK Penetapan Dan Pemberlakuan Kurikulum
- Lampiran Lain Yang Relevan
- Validasi KTSP
- Lampiran/Dokumen 2
- Contoh RPP
- Silabus Mapel
- Silbus Muatan Lokal
- Yang Lain
- Suplemen Kurikulum Darurat Covid-19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar