Rabu, 03 Agustus 2022

Validasi KTSP oleh Pengawas (2022)

 


LEMBAR VALIDASI 
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) 
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Nama Sekolah/Mdrasah :: 
Alamat :
i. Halaman sampul (memuat; logo, judul, tahun, alamat)  
ii. Halaman penetapan dan pengesahan (memuat: rumusan, tandatangan Kamad & cap, komite & cap, ttd Kemenag/Kanwil & cap )  
iii. Halaman rekomendasi dari Pengawas Madrasah  
iv. Kata pengantar  
v. Daftar isi  

BAB I  Pendahuluan
A. Latar Belakang : rasional pengembangan kurikulum  
    Kondisi ideal, kondisi nyata, potensi serta karakteristik satuan pendidikan
B. Tujuan Pengembangan Kurikulum
C. Prinsip Pengembangan Kurikulum
D. Dasar Hukum Penyusunan Kurikulum
  1. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
  2. Undang-undang No 20 thn 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  3. PP No. 19 Tahun 2005 tentang SNP; PP No. 32 Tahun 2013 tentang  perubahan atas PP 19 tahun 2005 tentang SNP; PP No. 13 Tahun 2015 tentang perubahan kedua  atas PP 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Permendikbud No. 61 Tahun 2014 Tentang KTSP
  5. PP No. 74 Tahun 2008; PP 19 tahun 2017 tentang perubahan atas PP 74 tahun 2008 tentang Guru
  6. Permendikbud No. 62 Tahun 2014 Tentang Ekstra kurikuler
  7. Permendikbud No. 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan
  8. Permendikbud No. 68 Tahun 2014 Tentang Guru TIK; Permendikbud 45 tahun 2015 tentang Perubahan Permen 68 tahun 2014
  9. Permendikbud No. 79 Tahun 2014 tentang Mulok
  10. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang BK
  11. Permendikbud No. 23 Tahun 2015 Tentang Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal
  13. Permendikbud No. 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan
  14. Permendikbud No. 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi
  15. Permendikbud No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  16. Permendikbud No.21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian
  17. Permendikbudristek No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian
  18. Permendikbudristek No. 57 Tahun 2021 tentang SNP Perubahan
  19. Kepmendikbudristek No. 8 Th. 2022 tentang Capaian Pembelajaran Revisi  (PAUD s/d SMA/MA/SMK
Tambahan untuk Kemenag
  1. KMA No. 103 tahun 2015 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat Pendidik
  2. KMA Nomor 183 Tahun 2019  tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah
  3. KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi kurikulum pada madrasah 
  4. KMA No 624 tahun 2021 tentang Supervisi Pembelajaran 
  5. KMA No. 347 Th. 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka 
  6. SK Dirjen Pendis No 6980 tahun 2019 tentang Juknis Penyusunan Pengembangan Kurikulum tingkat Satuan Pendidkkan Madrasah Ibtidaiyah
  7. SK Dirjen Pendis No. 5163 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran pada Madrasah;
  8. SK Dirjen Pendis No 6989 tahun 2019 tentang Juknis Pengelolaan Pembelajaran Riset di Madrasah
  9. SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2019 Juknis Penilaian Hasil Belajar MI
  10. SK Dirjen Pendis Nomor 2971 tahun 2020 tentang Kurikulum Darurat pada Madrasah
  11. Keputusan Dirjen Pendis Nomor 6334 Tahun 2021 Tentang Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah
  12. Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran PAI dan bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
  13. SK Dirjen Pendis No.B/1336/DJ.I/D/t.I.I/PP.00/06/2022 tentang Pengantar Kalender Pendidikan Tahun 2022/2023
BAB II KARAKTERISTIK MADRASAH
1. Profil Madrasah
2. Analisis Konteks
BAB III  VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM PRIOROTAS/KEUNGGULAN
A Visi
B Misi
C Tujuan
D Program Prioritas/Keunggulan
BAB IV   STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A Kerangka Dasar, memuat:
1. Landasan filosofis
2. Landasan sosioloigis
3. Landasan psikopedagogis
4. Landasan teoritis
B Struktur Kurikulum
C Muatan Kurikulum
1. Muatan nasional (Mata Pelajaran dan Alokasi Waktu)
2. Muatan lokal *)
- Bahasa Jawa
- Tahfidz Al-Quran
- Teknologi
- Riset atau penelitian ilmiah
- Kekhasan madrasah, dan
- Kekhasan madrasah khusus dalam naungan pontren
- Kemuhammadiyahan/Ke-NU-an (Aswaja)
3. Pengembangan Diri
4. Pengaturan Beban Belajar
5. Peminatan
6. Ketuntasan Belajar
7. Kenaikan Kelas
8. Kelulusan
9. Mutasi peserta didik
10. Penguatan Pendidikan Karakter
11. Strategi Pembelajaran dan Penilaian
D Integrasi Kurikulum *)
1. Moderasi beragama
2. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
3. Anti Korupsi
4. Anti Narkoba
5. Bahasa dan atau Literasi
6. Madrasah Ramah Anak
7. Madrasah Sehat
8. Madrasah Adiwiyata
9. Lainnya :
E Ekstra Kurikuler *)
1. Pramuka (ekstra wajib)
2. UKS
3. PMR/dokter cilik
4. PASKIBRA/Drumb Band
5. Olah Raga
6. Seni
7. Pengembangan Riset dan Teknologi dan Komunikasi
8. Pembinaan Olimpiade/Kompetisi Sains
9. Baca Tulis Al Qur'an
10. Pengembangan Bahasa
11. Kewirausahaan
12. Kegiatan lain
 
BAB V Kalender Pendidikan

Lampiran-lampiran
  1. SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah
  2. SK Kriteria Ketuntasan Minimal
  3. SK Kriteria Kenaikan Kelas
  4. SK Penetapan Dan Pemberlakuan Kurikulum
  5. Lampiran Lain Yang Relevan
  6. Validasi KTSP
  7. Lampiran/Dokumen 2
  8. Contoh RPP
  9. Silabus Mapel
  10. Silbus Muatan Lokal
  11. Yang Lain
  12. Suplemen Kurikulum Darurat Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar