Kamis, 09 Maret 2023

KB 1. Perkembangan Teknologi Sandang

 


Sandang merupakan salah satu kebutuhan primer yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia, kebutuhan sandang akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk. Pemenuhan kebutuhan sandang tidak lepas dari adanya perusahaan konveksi untuk memproduksi pakaian. Perusahaan konveksi di Indonesia meningkat jumlahnya seiring peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhan konsumen akan sandang dan gaya hidup.

Bacalah teks bacaan berikut secara intensif!

Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Sandang merupakan kata lain dari pakaian. Manusia sebagai makhluk sosial memerlukan pakaian. Pada zaman dahulu, manusia memanfaatkan kulit kayu dan kulit hewan yang tersedia di alam sebagai bahan baku pakaian. Selanjutnya, manusia mengembangkan teknologi pemintal kapas menjadi benang untuk ditenun menjadi bahan pakaian. Pakaian berfungsi sebagai pelindung tubuh dari panas dan dingin. Lama-kelamaan fungsi pakaian berubah, yakni untuk memberi kenyamanan sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan, seperti pakaian kerja, pakaian rumah, pakaian tidur, dan sebagainya. Kebutuhan manusia yang semakin meningkat mendorong manusia untuk menciptakan teknologi yang dapat meningkatkan mutu dan jenis pakaian.
contoh serat sintetis

contoh serat alami

Pada zaman sekarang ini, manusia tidak hanya mengandalkan serat-serat alami untuk membuat bahan pakaian, tetapi dapat juga membuat serat-serat sintetis. Serat- serat sintetis lebih kuat daripada bahan pakaian yang dibuat dari serat alami, seperti kapas, sutra, dan sebagainya.

Teknologi pewarnaan juga berkembang seperti penggunaan zat ázo dan sebagainya. Baik pada abad yang lalu maupun masa kini, ilmu pengetahuan alam dan teknologi telah menolong manusia dalam pengadaan sandang berupa mesin-mesin tekstil. Dengan teknologi itu, orang tidak perlu menunggu terlalu lama hasil dari tanaman kapas. Dengan serat-serat sintetis, orang dapat membuat kain secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.

Salinlah pertanyaan di bawah ini di buku tulis tematik kamu dan jawablah dengan benar!
1. Apa bahan baku pakaian pada zaman dahulu? 
2. Apa fungsi pakaian? 
3. Apa yang mendorong manusia menciptakan teknologi yang dapat meningkatkan mutu dan jenis pakaian? 
4. Sebutkan contoh serat-serat alami!
5. Sebutkan kelebihan serat sintetis dibandingkan serat alami! Jawab.....

Jika sudah selesai mengerjakan, silahkan di photo hasilnya dan dikirim japri ke WA pak Guru ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar