Rabu, 05 Agustus 2020

Fungsi Tulang Manusia

     Tulang bukan hanya sebagai kerangka tubuh. Fungsi tulang ternyata jauh lebih kompleks daripada sekadar penyangga serta pelindung organ-organ dalam saja. Tulang adalah gerak manusia yang akan terus melakukan renovasi dan berubah untuk melakukan adaptasi. Tulang juga menjadi tempat penyimpanan mineral serta nutrisi penting yang memiliki peran penting dalam tubuh serta bisa melindungi dari infeksi.

     Sistem organ yang terdapat dalam tubuh manusia terdiri atas tulang rawan, tulang keras, hingga selaput tulang yang bertugas melapisi tulang. Semua tulang merupakan organ yang terdiri atas jaringan saraf, epitel, dan ikat. Beberapa fungsi dan manfaat tulang dalam sistem organ manusia, antara lain:
1. Sebagai fungsi pendukung, tulang mampu menjadi kerangka kerja bagi otot serta beberapa jaringan lain.
2. Sebagai peiindung, tulang juga melindungi organ-organ internal yang vital bagi tubuh. Misalnya, tulang tengkorak dapat melindungi otak dari kerusakan akibat benturan yang mungkin terjadi. Tulang rusuk melindungi organ-organ penting lainnya, seperti jantung, ginjal, dan hati.
3. Sebagai penggerak, tulang memungkinkan tubuh untuk melakukan berbagai macam gerakan, mulai đari gerakan ringan hingga gerakan yang lebih kompleks.
4. Sebagai media penyimpanan mineral, tulang berfungsi sebagai tempat cadangan rnineral yang penting bagi berbagai macam kegiatan di seluțuh bagian tubuh.
5. Sebagai produsen darah merah, fungsi tulang utamanya adalah memproduksi sel darah merah di dalam beberapa rongga térténtu.
6. Sebagai penyimpan energi, tulang berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi di dalam sel khusus

Struktur tularig manusia.

     Struktur tulang terdiri atas tulang kompak dan tulang spons. Tulang kompak disebut juga sebagai tulang keras yang berfungsi sebagai pembentuk poros pada bagian tulang panjang serta permukaan luar pada tulang lainnya. Tulang ini terdiri atas osteons atau unit silinder. Pada setiap osteons terdapat lapisan keras serta sel tulang. Sementara tulang spons berbentuk tipis dan tidak teratur. Untuk memperkuat serta memaksimalkan kerja tulang, dibutuhkan adanya asupan makanan bergizi dengan kandungan kalsium yang mencukupi kebutuhan harían.

Setelah membaca bacaan di atas, kerjakanlah soal berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan tulang?
2. Mengapa tulang memiliki peran penting dalam tubuh manusia?
3. Sebutkan fungsi dari tulang keras pada tubuh manusia!
4. Apa yang harus kita konsumsi untuk memperkuat kerja tulang?
5. Sebutkan makanan yang mengandung kalsium!

Pertanyaan nomor 5 harus di jawab di classroom ya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar