Minggu, 19 Juli 2020

Organ Gerak Hewan dan Manusia


Salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak. Lalu apa itu bergerak? Gerak sendiri dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian maupun seluruh bagian tubuh. 

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.

Dalam aktivitas sehari-hari, makhluk hidup terutama manusia dan hewan pasti melakukan yang namanya bergerak. Tubuh manusia sebenarnya dirancang untuk bergerak dan melakukan aktivitas yang bisa membuat kamu tetap aktif. Terlalu lama diam atau duduk berjam-jam sepanjang hari, akan membuat tubuh terasa sakit. Disanalah peran dari sistem gerak. Apa saja fungsi dari sistem gerak pada makhluk hidup?

FUNGSI SISTEM GERAK
Tiap makhluk hidup memiliki sistem gerak masing-masing yang unik untuk spesies mereka. Sistem gerak ini memiliki fungsinya masing-masing yang bisa membantu mereka untuk melewati berbagai aktivitas sehari-hari. 

Kali ini kita akan membahas beberapa fungsi dari sistem gerak makhluk hidup, seperti Manusia dan Mamalia.
Bagian Rangka Manusia Halaman all - Kompas.com
Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibanding makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, sistem gerak pada manusia memiliki fungsi beragam yang bisa membantu mereka melewati aktivitas harian. Anggota gerak atas manusia yang berupa lengan dan juga tangan bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti menggenggam, mengepal, mengetik, dan masih banyak lagi. Sedangkan anggota gerak bawah manusia yang berupa kaki bisa digunakan untuk berdiri, berjalan, dan berlari.

Mamalia lainnya yang berkerabat dekat dengan manusia, yaitu primata juga memiliki sistem gerak hampir mirip dengan manusia, mereka bisa menggenggam, berjalan, dan berlari. Bahkan kaki mereka juga bisa digunakan untuk menggenggam ranting dan batang pohon.

Beberapa mamalia lainnya seperti sapi, kuda ataupun kambing, memiliki organ gerak berupa 4 kaki untuk berjalan dan juga berlari. Beberapa mamalia predator juga menggunakan organ gerak mereka untuk menerkam mangsa mereka.

Ikan
30 Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Laut yang Terpopuler di Dunia !
Ikan dapat bergerak di dalam air, baik itu air tawar maupun air asin di laut yang luas. Dari segi bentuk rangkanya, bentuk ikan sebagian besar ada yang memanjang mirip dengan torpedo atau streamline. Mereka memiliki sirip sebagai alat gerak untuk berenang di dalam air.

Burung
22 Jenis Burung Kicau Lengkap Beserta Foto dan Namanya - HoBinatang
Burung memiliki alat gerak unik berbentuk sayap. Sayap ini yang digunakan untuk bisa terbang. Burung juga memiliki kaki atau cakar yang digunakan untuk bertengger di ranting pohon. Ada beberapa jenis burung yang juga menggunakan kaki atau cakar mereka untuk mencengkeram mangsa. Namun, ada beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang seperti penguin, sayap mereka berbentuk seperti sirip yang digunakan untuk berenang, serta kaki untuk berjalan.

Reptil
Klasifikasi Hewan Reptil : Pengertian, Ciri & Strukturnya Lengkap
Sebagian jenis reptil menggunakan kaki mereka untuk berjalan dan juga berlari. Namun, ular memiliki cara bergerak yang unik. Ia menggunakan otot-otot yang ada di tubuhnya untuk bergerak secara melata dalam berpindah dari satu titik ke titik yang lain.

Amfibi
contoh-hewan-amphibi - Harian Inhua Online
Katak menggunakan kaki mereka untuk bisa melompat dari satu tempat ke tempat lainnya. Kakinya yang unik menjadi ciri khas dari katak. Katak juga memiliki selaput di organ geraknya yang bisa digunakan untuk berenang di dalam air.


ALAT GERAK
Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
download (10).jpg
Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.

Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan. 

Macam Otot Manusia dan Fungsinya | Berkas Ilmu
Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Berdasarkan rangkuman materi organ gerak pada manusia yang telah disebutkan diatas, kita dapat membuat ide pokok dari masing-masing paragraf. Berikut ini ide pokok yang dapat dikembangkan :

Organ Gerak Terdiri Atas Dua Macam
1. alat gerak pasif berupa tulang : Tulang sebagai alat gerak pasif tidak dapat bergerak dengan sendirinya, agar bergerak maka diperlukan alat gerak aktif yang dapat memengaruhi tulang untuk bergerak.

2. alat gerak aktif berupa otot : Alat gerak aktif berupa sel-sel otak yang menjadi pengendali diri dan syaraf otot yang menggerakkan tulang dan persendian.

Organ Gerak Banyak Sekali Fungsinya
Beberapa fungsi Organ gerak pada penjelasan diatas seperti untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Tanpa adanya 2 alat gerak (pasif dan aktif) manusia tidak dapat bergerak.

Kesimpulan
Setiap makhluk hidup memiliki sistem pergerakan dengan fungsi yang unik dan berbeda satu sama lain. Ada yang bisa menggenggam, terbang, berenang, bahkan melompat. Sistem gerak dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk mendukung aktivitas harian mereka.


Bahan tulisan disini juga bisa dilihat di Buku Siswa Tema 1 KElas 5 Revisi 2017, bisa didownload di sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar