Senin, 12 Agustus 2024

Tema-Tema P5 Kurikulum Merdeka

 


1.Gaya Hidup Berkelanjutan

Peserta didik  membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan setelah memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang.   Contoh, Tamiang Layang : mengalami situasi banjir pertama kali sejak tahun 2021

2.Kearifan Lokal 

Peserta didik membangun rasa ingin tahu  melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat Barito Timur  serta perkembangannya. Contoh,Kalimantan Tengah : Prinsip Huma Betang.

3.Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan, belajar membangun dialog  tentang keberagaman dan menelaah berbagai  dampak jika terjadi konflik dan kekerasan. Contoh masalah keberagamaan, hampir semua suku besar ada di Kalteng mencakup suku Dayak, Jawa, Banjar, Bugis, Sunda, Madura, Flores, Batak dan suku-suku lainnya.

4.Bangunlah Jiwa dan Raganya

Peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan diri dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya, dengan cara  melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), serta berupaya mencari jalan keluarnya bersama-sama. Contoh, mencari solusi untuk masalah saling mengolok-olok antar sesame teman dikelas. 

5.Rekayasa dan Teknologi

Peserta didik melatih  kemampuan berempati untuk  membangun produk atau inovasi  yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya di Madrasah.   Contoh, membuat desain tempat cuci tangan.

6.Kewirausahaan

Peserta didik mengembangkan potensi  ekonomi kreatif sebagai peluang yang dibutuhkan masyarakat . Contoh : membuat produk pakaian Cosplay bertemakan budaya..


Itulah info apa itu tema P5 dalam kurikulum merdeka mulai dari pengertian hingga contoh bagi Madrasah tingkat dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar