Kamis, 01 September 2016

Cerita-Cerita untuk Siswa



Bagi seorang guru, apalagi guru SD/MI, keahlian bercerita sangat membantu guru untuk membangun hubungan dan komunikasi dengan siswa. Guru yang bisa bercerita dengan menarik lebih disukai siswa dibanding guru yang tidak bisa bercerita sama sekali. Apalagi jika guru memiliki banyak cerita, biasanya lebih disukai siswanya. 

Suatu ketika, saat saya dan para siswa mau pulang, sebentar saja saya ceritakan kepada mereka satu cerita legenda nusantara. Tidak disangka respon siswa sangat antusias dan ingin cerita tambahan lagi, namun karena bel sudah berbunyi saya bilang ke anak-anak besok saja ya kita lanjutkan. Besok pagi, saat pembelajaran belum dimulai, anak-anak sudah menagih minta cerita lagi. Hmmm, ini jelas pengalaman baru bagi saya sebagai guru.

Saya cermati, dengan kondisi yang lelah belajar seharian, mendengar cerita dari guru mungkin menjadi hiburan bagi mereka. Sekarang hampir setiap hari sebelum pulang mereka selalu minta diceritakan kisah-kisah baru.  Inilah yang menginspirasi saya untuk menuliskan cerita itu kembali di blog ini. Ya hitung-hitung sebagai bank cerita, biar kalo lupa saya bisa lihat lagi di blog ini. Dengan adanya HP android, saya bisa lebih mudah melihat blog ini. 

Banyak cerita yang saya mau tulis, sebagian besar dari cerita-cerita yang sudah lama beredar. Ini saya coba posting sedikit demi sedikit, maklum, nulis di blog ini cuma waktu sisa aja, he he he.


1. Legenda

Legenda adalah cerita rakyat yang berhubungan dengan munculnya tempat tertentu atau cerita yang dianggap benar-benar terjadi. Kisah-kisah legenda diantaranya adalah :
Legenda Danau Toba
Legenda Batu Menangis


2. Sage
Sage adalah cerita lama yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang. Beberapa contoh sage, adalah: Calon Arang, Ciung Wanara, Airlangga, Panji, Smaradahana, dll. Cerita Sage diantaranya adalah :

3. Fabel
Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Contoh fabel adalah :

4. Dongeng
Dongeng memiliki pengertian cerita singkat tentang hal-hal aneh dan tidak masuk akal, berbagai keajaiban dan kesaktian yang biasanya mengisahkan dewa, raja, pangeran, dan putrid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar