No. |
Kompetensi |
Komponen |
Indikator Kinerja |
1 |
Pedagogik |
1. Mengenal karakteristik peserta didik. |
3 |
2. Menguasasi teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik |
6 |
||
3. Pengembangan kurikulum. |
5 |
||
4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik. |
4 |
||
5. Pengembangan potensi peserta didik. |
5 |
||
6. Komunikasi dengan peserta didik. |
5 |
||
7. Penilaian dan evaluasi |
4 |
||
Jumlah Indikator sub 1 |
32 |
||
2 |
Kepribadian |
8. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional. |
5 |
9. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan. |
5 |
||
10. Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi |
8 |
||
Jumlah Indikator sub 2 |
18 |
||
3 |
Sosial |
11.Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif. |
5 |
12.Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, |
2 |
||
Jumlah indikator nsub 3 |
7 |
||
4 |
Profesional |
13.Penguasaan materi, struktur,
konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
3 |
14. Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif |
6 |
||
Jumlah Indikator sub 4 |
9 |
||
Jumlah Indikator sub ( 1+2+3+4 ) |
66 |
Tabel 2: Instrumen PK Guru Kelas/Mata
Pelajaran
Kompetensi |
Indikator inerja |
Bukti kinerja |
|||
1 |
Pedagogik |
||||
|
1. Mengenal karakteristik peserta didik |
1 |
Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar
setiap peserta didik di kelasnya |
1. Dokumen hasil penilaian harian terakhir peserta didik 2. Dokumen supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran/
observasi pelaksanaan pembelajaran 3. Daftar catatan harian guru. 4. Hasil wawancara dengan guru |
|
2 |
Guru memastikan bahwa semua peserta didik (termasuk
di dalamnya peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang
berbeda) mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam
kegiatan pembelajaran |
1. Dokumen daftar hadir terakhir peserta didik 2. Dokumen supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran/
observasi pelaksanaan pembelajaran 3. Daftar catatan harian guru. 4. Hasil wawancara dengan guru |
|||
3 |
Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan
perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan
peserta didik lainnya |
1. Dokumen daftar hadir terakhir peserta didik 2. Dokumen supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran/
observasi pelaksanaan pembelajaran 3. Daftar catatan
harian guru. 4. Hasil wawancara dengan guru |
|||
Total skor untuk kompetensi 1 |
|||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
|||||
Persentase = (total skor/6) ×100% |
|||||
Nilai untuk
kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2; 50% < X ≤ 75% =
3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|||||
|
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. |
1 |
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui
pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi |
1. Dokumen telaah RPP 2.
Daftar
catatan harian guru 3.
Dokumen supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran/ observasi
pelaksanaan pembelajaran 4.
Program
remedial dan pengayaan |
|
|
2 |
Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta
didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas
pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut |
1. Dokumen telaah RPP 2.
Dokumen
supervisi pelaksanaan pembelajaran 3.
Program
remedial dan pengayaan 4.
Daya serap peserta didik setiap KD |
|
|
|
|
|
3 |
Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan/ kekurangberhasilan pembelajaran. |
1. Dokumen telaah RPP 2.
Dokumen
supervisi pelaksanaan pembelajaran 3.
Program
remedial dan pengayaan 4.
Daya serap peserta didik setiap KD 5.
Wawancara
dengan guru |
|
|
|
4 |
Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi
kemauan belajar peserta didik |
1.
Dokumen
hasil telaah RPP/ telaah RPP 2.
Hasil
supervisi pelaksanaan pembelajaran 3. Wawancara dengan peserta didik |
|
|
|
||
5 |
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling
terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik. |
1.
Dokumen
hasil telaah RPP/telaah RPP 2.
Daftar
hasil supervisi pelaksanaan
pembelajaran |
|
|
|
||
6 |
Guru memperhatikan respon peserta didik yang
belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya
untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya |
1. Dokumen hasil telaah RPP 2.
Daftar
hasil supervisi pelaksanaan pembelajaran 3.
Program remedial
dan pengayaan 4.
Daya serap peserta didik |
|
|
|
||
Total skor untuk kompetensi 2 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
12 |
||||||
Persentase = (total skor/12) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
|
3.
Pengembangan kurikulum |
1 |
Guru dapat menyusun/menggunakan silabus yang
sesuai dengan kurikulum |
1. Dokumen Silabus terbaru 2.
Analisis
KI dan KD |
|
|
|
2 |
Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai
dengan silabus. |
1. Dokumen RPP terbaru 2.
Dokumen silabus |
|
|
|
||
3 |
Guru mengembangkan materi pembelajaran untuk
mencapai kompetensi
dasar. |
1. Dokumen RPP terbaru 2.
KI dan KD
sesuai mata pelajaran |
|
|
|
||
4 |
Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran. |
1. Dokumen RPP 2.
KI-KD
sesduai mata pelajaran |
|
|
|
||
5 |
Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai
dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan
tingkat kemampuan belajar peserta didik, d) dapat dilaksanakan di kelas dan e) sesuai dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik. |
1. Dokumen RPP 2.
KI-KD
sesuai mata pelajaran |
|
|
|
Total skor
untuk kompetensi 3 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
10 |
||||||
Persentase = (total skor/10) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
|
4.
Kegiatan pembelajaran yang mendidik |
1 |
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai
dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap (termasuk pemberian
informasi baru) yang mengindikasikan bahwa guru mengerti
tentang tujuannya. |
1. Dokumen RPP 2.
Dokumen
supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
2 |
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar
peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa
tertekan. |
1. Dokumen supervisi akademik pelaksanaan
pembelajaran ( fokus kepada proses belajar peserta didik ) 2. |
|
|
|
||
3 |
Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta
didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang
harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta
didik lain yang
setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang
benar |
1.
Dokumen
supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran ( fokus kepada tahapan pembelajaran ) 2.
Atau
melalui pengamatan di kelas dalam pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
||
4 |
Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi
kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta
didik. |
1.
Dokumen supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran ( fokus kepada materi pokok yang
disampaikan ). 2.
KI dan KD mapel 3.
RPP ( fokus kepada materi pokok ) 4.
Atau
melalui pengamatan di kelas dalam pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
||
5 |
Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara
bervariasi dengan mempertimbangkan waktu, kondisi kelas, usia dan tingkat
kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik. |
1.
Dokumen
supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran ( fokus kepada metode pembelajaran, penggunaan alokasi waktu ) 2.
Dokumen RPP ( fokus kepada metode pembelajaran ) 3. Atau melalui pengamatan di kelas dalam
pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
||
6 |
Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa
mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta
dapat dimanfaatkan secara produktif. |
1.
Dokumen
supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran ( fokus kepada teknik pembelajaran dan pemanfaatan alokasi waktu
). 2.
Atau
mengamati pelaksanaan pembelajaran 3.
Atau
melalui pengamatan di kelas dalam pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
||
7 |
Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya, mempraktikkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain |
1. Dokumen supervisi akademik pelaksanaan
pembelajaran ( fokus kepada teknik pembelajaran dan komunikasi guru dengan
peserta didik ) |
|
|
|
|
|
|
|
2. Atau
melalui pengamatan di kelas dalam
pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
8 |
Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran
secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai
contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta
didik terhadap materi
sebelumnya |
1.
Dokumen
supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran ( fokus kepada komunikasi guru dengan peserta didik ) 2.
Atau
melalui pengamatan di kelas dalam pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
||
|
9 |
Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau
audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
dalam mencapai tujuan pembelajaran. |
1.
Dokumen
supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran ( fokus kepada pemanfaatan alat bantu mengajar/ TIK ) 2.
Dokumen RPP ( fokus kepada media pembelajaran ) |
|
|
|
|
Total skor untuk kompetensi 4 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
18 |
||||||
Persentase = (total skor/18) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
|
5. Memaha mi dan mengembangka n
potensi |
1 |
Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala
bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat
kemajuan masing-masing. |
1.
Dokumen
analisis penilaian hasil belajar 2.
Program
remedial dan pengayaan 3.
Catatan
harian guru |
|
|
|
2 |
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan
kecakapan dan pola belajar masing-masing. |
1.
Dokumen
supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran ( fokus kepada interkasi guru dan
peserta didik ). 2.
Dokumn RPP ( fokus kepada langkah-langkah
pembelajaran ) |
|
|
|
||
3 |
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis
peserta didik. |
1.
Dokumen RPP ( fokus kepada langkah-langkah
pembelajaran ) 2.
Dokumen
Hasil Supervisi akademik ( fokus kepada pelaksanaan pembelajaran ) |
|
|
|
||
4 |
Guru secara aktif membantu peserta didik dalam
proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu. |
1.
Dokumen
hasil supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran ( fokus kepada interaksi
guru dengan peserta didik ) 2.
Pengamatan
guru yang sedang melaksanakan pembelajaran |
|
|
|
||
5 |
Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang
bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar |
1.
Catatan
harian guru 2.
Dokumen
penilaian peserta didik ( Buku nilai peserta didik ) |
|
|
|
||
Total skor untuk kompetensi 5 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
10 |
||||||
Persentase = (total skor/10) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
|
6.
Komunikasi dengan peserta didik |
1 |
Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman
dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka
yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka. |
1.
Pengamatan
guru yang melaksanakan pembelajaran di kelas. 2.
atau
telaah hasil supervisi akademik pelaksanan pembelajaran ( fokus kepada
interaksi guru dengan peserta didik ). 3.
Atau
melalui pengamatan di kelas dalam pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
|
|
2 |
Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua
pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika
diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/ tanggapan
tersebut. |
1.
Pengamatan
pelaksanaan pembelajaran di kelas. 2.
atau
telaah hasil supervisi akademik pelaksanan pembelajaran ( fokus kepada interaksi
guru dengan peserta didik ). |
|
|
|
3 |
Guru menanggapi pertanyaan peserta didik secara
tepat, benar, dan mutakhir, untuk menghilangkan
kebingungan pada peserta didik dan sesuai
tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya. |
1.
Pengamatan pelaksanaan pembelajaran pembelajaran di kelas. 2.
atau
telaah hasil supervisi akademik pelaksanan pembelajaran ( fokus kepada
interaksi guru dengan peserta didik ). |
|
|
|
||
4 |
Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan
kerja sama yang baik antarpeserta didik. |
1.
Pengamatan
pelaksanaan pembelajaran pembelajaran di kelas. 2.
atau
telaah hasil supervisi akademik pelaksanan pembelajaran ( fokus kepada
interaksi guru dengan peserta didik ). |
|
|
|
||
5 |
Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap
semua jawaban peserta didik baik |
1.
Pengamatan
pelaksanaan pembelajaran pembelajaran di kelas. 2.
atau
telaah hasil supervisi akademik pelaksanan pembelajaran ( fokus kepada
interaksi guru dengan peserta didik ). |
|
|
|
||
Total skor untuk kompetensi 6 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
10 |
||||||
Persentase = (total skor/10) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
|
7.
Penilaian dan Evaluasi |
1 |
Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis
dalam RPP. |
1.
Dokumen RPP ( fokus kepada tujuan pembelajaran dan penilaian/assesmen ). 2.
Perangkat penilaian ( Sebaran soal, kisi-kisi soal/kartu soal) 3.
Analisi
hasil penilaian ( analisis ketuntasan/ daya serap) |
|
|
|
2 |
Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik
dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan madrasah, dan
mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat
pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari. |
1.
Perangkat
penilaian ( Sebaran soal, kisi-kisi soal/kartu soal) 2.
Analisi
hasil penilaian ( analisis ketuntasan/ daya serap) 3.
Lembar
jawaban tes yang sudah ditandatangani orangtua peserta didik 4.
Rekap
nilai ( buku leger ) |
|
|
|
|
|
3 |
Guru menganalisis hasil penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui
kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial
dan pengayaan |
1.
Dokumen RPP ( fokus kepada tujuan pembelajaran dan penilaian/assesmen ). 2.
Perangkat
penilaian ( Sebaran soal, kisi-kisi soal/kartu soal) 3.
Analisi
hasil penilaian ( analisis ketuntasan/ daya serap) 4. Program remedial dan pengayaan |
|
|
|
|
|
4 |
Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan
merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya
melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi
tambahan, dan sebagainya |
1.
Perangkat
penilaian ( Sebaran soal, kisi-kisi soal/kartu soal) 2.
Analisi hasil penilaian ( analisis ketuntasan/ daya serap) 3.
Program
remedial dan pengayaan 4.
Jurnal Pembelajaran |
|
|
|
Total skor untuk kompetensi 7 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
8 |
||||||
Persentase = (total skor/8) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
2 |
Kepribadian |
|
|
|
|
|
|
|
8.
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
Indonesia |
1 |
Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip
Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia. |
1.
Dokumentasi kegiatan upacara bendera/PHBN ( Foto Kegiatan, daftar
hadir, suratbtugas pembina upacara dll ) 2.
Surat
pernyataan tidak terlibat dalam
organisasi terlarang oleh pemerintah 3.
Wawancara
dengan guru/kepala madrasah |
|
|
|
2 |
Guru mengembangkan kerja sama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa
memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender). |
1.
Mengikuti
kegiatan guru dalam MGMP/Organisasi guru 2.
Foto
kegiatan guru-guru 3.
Wawancara
dengan guru /kepala madrasah |
|
|
|
||
Total skor untuk kompetensi 8 |
|
||||||
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
4 |
||||||
Persentase = (total skor/4) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
|
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan |
1 |
Guru bertingkah laku santun dalam berbicara,
berpenampilan sopan terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman
sejawat. |
1.
Wawancara
dengan guru / teman sejawat atau
kepala madrasah 2.
Daftar
hadir guru dalam melaksanakan tugas pokok ( rekap daftar hadir guru ) 3. Keaktifan di KKG/MGMP |
|
|
|
2 |
Guru mau berbagi pengalaman dengan kolega, termasuk
mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan
masukan. |
1.
Wawancara
dengan guru / teman sejawat atau
kepala madrasah 2.
Daftar
hadir guru dalam melaksanakan tugas pokok ( rekap daftra hadir guru ) 3.
Catatan
hasil supervisi pelaksanaan
pembelajaran ( laporan supervisi pelaksanaan pembelajaran ) 4. Keaktifan guru di
KKG/MGMP |
|
|
|
|
|
3 |
Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan
bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu
memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran |
1.
Wawancara
dengan guru / teman sejawat atau
kepala madrasah 2.
Daftar
hadir guru dalam melaksanakan tugas pokok ( rekap daftra hadir guru ) 3.
Catatan
hasil supervisi pelaksanaan
pembelajaran ( laporan supervisi pelaksanaan pembelajaran ) |
|
|
|
4 |
Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari
peserta didik.. |
1.
Wawancara
dengan guru / teman sejawat atau
kepala madrasah 2.
Daftar hadir guru dalam melaksanakan tugas pokok ( rekap daftra hadir
guru ) 3.
Catatan
hasil supervisi pelaksanaan
pembelajaran ( laporan supervisi pelaksanaan pembelajaran ) |
|
|
|
||
|
|
5 |
Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik
madrasah. |
1.
Wawancara
dengan guru / teman sejawat atau
kepala madrasah 2.
Daftar
hadir guru dalam melaksanakan tugas pokok ( rekap daftra hadir guru ) 3.
Catatan hasil supervisi pelaksanaan
pembelajaran ( laporan supervisi pelaksanaan pembelajaran ) 4. Keaktifan di KKG/MGMP |
|
|
|
Total skor untuk kompetensi 9 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
10 |
||||||
Persentase = (total skor/10) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
|
10. Etos
kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru |
1 |
Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan
tepat waktu. |
1. Daftar hadir guru 2. Telaah dokumen hasil supervisi akademik pelaksanaan
pembelajaran ( fokus menggunakan alokasi waktu dengan baik ) 3. Kunjungan kelas memantau guru melaksanakan
pembelajaran |
|
|
|
2 |
Jika guru harus meninggalkan kelas, guru
mengaktifkan peserta didik dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan
mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi
kelas. |
1. Daftar hadir guru 2. Surat keterangan/surat cuti/surat tugas 3. Catatan piket madrasah |
|
|
|
||
3 |
Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua
kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola
madrasah. |
1. Daftar hadir guru 2. Telaah dokumen hasil supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran
( fokus menggunakan alokasi waktu dengan baik ) 3. Kunjungan kelas memantau guru melaksanakan
pembelajaran 4. Catatan piket madrasah |
|
|
|
||
4 |
Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan
memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang
telah direncanakan, termasuk proses
pembelajaran di kelas. |
1. Daftar hadir guru 2. Telaah dokumen hasil supervisi akademik pelaksanaan
pembelajaran ( fokus menggunakan alokasi waktu dengan baik ) 3. Catatan piket madraasah |
|
|
|
|
|
|
|
4. Surat
keterangan/surat cuti/surat tugas |
|
|
|
5 |
Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan
non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan |
1. Wawancara dengan guru/ wakamad kurikulum 2. Telaah dokumen supervisi akademik perencanaan
pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran |
|
|
|
||
6 |
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk
kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya. |
1. Keaktifan di KKG/MGMP ( surat tugas/dokumen
aktivitas di KKG/MGMP) |
|
|
|
||
7 |
Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan
madrasah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik
madrasah. |
1. Keaktifan di KKG/MGMP ( surat tugas/dokumen
aktivitas di KKG/MGMP ) 2. SK kegiatan di madrasah dan diluar madrasah 3. Piagam/ sertifikat prestasi guru dalam kegiatan
tertentu atau lomba/guru berpretasi |
|
|
|
||
8 |
Guru merasa bangga dengan profesinya |
1. Mempunyai rencana
PKB 2. Wawancara dengan guru/teman sejawat 3. Aktif dalam organisasi guru madrasah |
|
|
|
||
Total skor untuk kompetensi 10 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
16 |
||||||
Persentase = (total skor/16) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
3 |
Sosial |
|
|
|
|
|
|
|
11.
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif. |
1 |
Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan
sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal. |
1. Daftar nilai peserta didik 2. Daftar catatan harian guru. 3. Hasil wawancara dengan peserta didik |
|
|
|
2 |
Guru
menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta
berkontribusi positif terhadap semua
diskusi formal dan in-formal terkait dengan
pekerjaannya. |
1. Daftar catatan harian guru. 2. Hasil wawancara dengan guru/kepala madrasah |
|
|
|
||
3 |
Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan
tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya:peserta
didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah
yang sama dengan guru). |
1. Daftar catatan harian guru. 2. Hasil wawancara dengan peserta didik |
|
|
|
||
|
12.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik,
dan masyarakat |
1 |
Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan,
kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam
pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman
sejawat, dan dapat
menunjukkan buktinya |
1. Daftar catatan harian guru. 2. Hasil wawancara dengan guru/orang tua |
|
|
|
2 |
Guru ikut
berperan aktif dalam kegiatan di luar
pembelajaran yang |
1. Daftar catatan harian guru. 2. Hasil wawancara dengan guru |
|
|
|
|
|
|
diselenggarakan madrasah dan masyarakat,
berkomunikasi serta berperan aktif dalam kegiatan sosial di masyarakat
sekitar. |
3. Hasil wawancara dengan komite madrasah/orangtua
peserta didik |
|
|
|
Total skor untuk kompetensi 12 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
4 |
||||||
Persentase = (total skor/4) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
4 |
Profesional |
|
|
|
|
|
|
|
13.
Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu |
1 |
Guru mengintegrasikan materi
pembelajaran dengan konsep- konsep yang terdapat di dalam Al Qur’an dan
Hadits. |
1. Dokumen RPP ( fokus kepada materi pembelajaran ) 2. Pengamatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
2 |
Guru
melakukan pemetaan standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar
mata pelajaran yang diampunya, untuk
mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit,
melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,dan memperkirakan alokasi
waktu yang diperlukan. |
1. Dokumen pemetaan KI dan KD 2. Dokumen RPP 3. Hasil supervisi akademik perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
||
3 |
Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berisi informasi yang tepat,mutakhir,
dan membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran |
1. Dokumen RPP 2. Pemetaan KI dan KD 3.
Mengamati
proses pembelajaran / telaah hasil supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran |
|
|
|
||
Total skor untuk kompetensi 13 |
|
||||||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
6 |
||||||
Persentase = (total skor/6) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
||||||
|
14.Mengembangka n keprofesian melalui tindakan reflektif |
1 |
Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik,
lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman
diri sendiri |
1. Daftar catatan evaluasi diri guru 2. Rencana tahunan program PKB |
|
|
|
2 |
Guru memiliki
jurnal pembelajaran, catatan
masukan dari teman sejawat atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan
kinerjanya |
1. Daftar jurnal pembelajaran. 2. Hasil wawancara dengan guru |
|
|
|
||
3 |
Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk
mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam
program PKB |
1. Bukti keikutsertaan dalam
melaksanakan kegiatan PKB. 2. Pernah mengakses laman (website) yang terkait dengan program PKB |
|
|
|
||
4 |
Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam
perencanaan, pelaksanaan, penilaianpembelajaran dan tindaklanjutnya |
1. Daftar nilai peserta didik 2. Hasil wawancara dengan peserta didik 3. Program PKB |
|
|
|
||
5 |
Guru
melakukan penelitian, mengembangkan
karya inovasi, |
1. Keikutsertaan
dalam anggota profesi (KKG/MGMP). |
|
|
|
|
|
|
mengikuti
kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam
melaksanakan PKB |
2. Hasil karya tulis ilmiah/karya inovatif 3. Hasil wawancara dangan guru |
|
|
|
6 |
Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan
pelaksanaan PKB |
1. Telaah jejak digital guru dalam penggunaan TIK (
Media sosial, email , drive, aplikasi meeting dan lainnya ) 2. Hasil wawancara dangan guru dan peserta didik |
|
|
|
||
Total skor untuk kompetensi 14 |
|
||||||
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
12 |
||||||
Persentase = (total skor/12) ×100% |
|
||||||
Nilai untuk kompetensi1 ; (0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% =2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% =4) |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar