Rabu, 20 Juli 2022

Buku Pedoman Guru (2020)

 

Buku Pedoman Guru adalah salah satu jenis Publikasi Ilmiah (PI) bagi guru yang meiliki angka kredit 1,5. Ini diatur dalam Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) oleh Dirjen GTK tahun 2019.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah salah satu unsur utama dalam kenaikan pangkat dan pengembangan karir guru, sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Dan Angka Kreditnya.

Berikut adalah contoh buku pedoman guru.

Kop Surat
LEMBAR PENGESAHAN KEPALA SEKOLAH

Setelah membaca, dan memperhatikan paparan dalam Buku Pedoman Guru Tahun Kerja 2022/2023:
1. Nama : Rusmal 
2. NIP
3. Pangkat/Gol : Penata / iii c 
4. Satuan Kerja
5. Jabatan : Guru Ahli Muda
6. Tugas Utama : Guru Kelas
7. Tugas Tambahan : Wali Kelas

maka kami menyatakan bahwa buku ini memenuhi kelayakan dan dinyatakan sah untuk diberlakukan sebagai pedoman kegiatan guru di SD ..... selama 1 tahun kedepan.

Jakarta, 18 Juli 2020
Kepala SD .....


Rakhmadi, S. Pd I
NIP. 196709052007011043


PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

1. Nama : Rusmal 
2. NIP
3. Pangkat/Gol : Penata Muda / iii a 
4. Satuan Kerja : SD .....
5. Jabatan : Guru Ahli Muda
6. Tugas Utama : Guru Kelas
7. Tugas Tambahan : Wali Kelas

menyatakan bahwa Buku Pedoman Guru Tahun Kerja 2020/2021 adalah asli karya saya. Informasi yang saya kutip dari sumber lain saya cantumkan dalam Daftar Pustaka.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

Jakarta, 18 Juli 2020
Yang membuat pernyataan


Rusmal 
NIP. 


KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillaah, Buku Pedoman Guru Tahun Kerja 2020/2021 ini telah selesai.

Buku Pedoman Guru ini saya tulis untuk memberi pedoman bagi saya dalam menjalankan tugas selama satu tahun kerja 2020/2021. Apabila ada situasi dan kondisi yang tak terelakkan tentu saya akan mengambil sikap yang sesuai dengan peraturan yang ada dan berkoordinasi dengan Kepala Madrasah serta mitra sejawat.

Untuk itu saya sampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada Kepala Madrasah dan bapak ibu mitra sejawat atas segala budi baik dan kerjasamanya baik ketika menyusun buku ini maupaun dalam melaksanakan tugas selama masa kerja 2020/2021 ini.

Juga saya sampaikan ribuan terimakasih kepada siapa pun yang telah berkenan memberi dukungan dalam penyelesaian buku ini.

Tiada gading yang tak retak. Saya menyadari bahwa buku ini belum sempurna. Oleh karenanya, saya berharap ada saran dan kritik yang membangun demi perbaikan buku ini. 

Terimakasih.


Jakarta, 18 Juli 2020
Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN KEPALA MADRASAH
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN  
KATA PENGANTAR  
DAFTAR ISI  
DAFTAR LAMPIRAN  

BAB I PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang  
B. Tujuan  
C. Manfaat Pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru
D. Ringkasan Target Kerja Yang Diharapkan  

BAB II PEMBAHASAN RENCANA KERJAGURU  
A. Rencana Kerja Pengembangan Pembelajaran Bagi Peserta Didik  
B. Rencana pengembangan profesi bagi guru  
C. Penjelasan Ringkasan Target Yang Diharapkan Dalam Satu Tahun Kerja  

BAB III PENUTUP  
LAMPIRAN-LAMPIRAN  
DAFTAR PUSTAKA  

DAFTAR LAMPIRAN
N o. Keterangan
1 Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021
2 Format Rincian Pekan Efektif
3 Format Pemetaan Kompetensi Dasar
4 Format Program Tahunan
5 Format Program Semester
6 Format Silabus Yang Dikembangkan
7 Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
8 Format Kriteria Ketuntasan Minimal
9 Format Agenda-Jurnal Mengajar
10 Format Daftar Hadir Siswa
11 Format Kisi-Kisi Penulisan Soal Pada Tes Tulis
12 Format Instrumen Penilaian Tulis
13 Format Instrumen Nilai Lisan/Praktik
14 Format Daftar Nilai Tulis Dan Lisan
15 Format Instrumen Penilaian Tugas, Project, Dan Praktik
16 Format Rekapitulasi Hasil Penilaian
17 Format Analisis Hasil Penilaian (Tulis)
18 Format Matriks Program Wali Kelas
19 Format Kegiatan Pembinaan Anak Wali Kelas
20 Format Buku Kunjungan Ke Rumah Siswa
21 Format Laporan Hasil Belajar (PTS)


BABI
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Buku Pedoman Guru adalah salah satu jenis Publikasi Ilmiah (PI) bagi guru yang meiliki angka kredit 1,5. Ini diatur dalam Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) oleh Dirjen GTK tahun 2019.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah salah satu unsur utama dalam kenaikan pangkat dan pengembangan karir guru, sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Dan Angka Kreditnya.

B. Tujuan
Tujuan penulisan Buku Pedoman Guru Tahun Kerja 2020/2021 ini adalah untuk menetapkan arah dan target kinerja guru dalam satu tahun. Ini sangat penting dilakukan karena dalam kerja profesi guru dituntut bisa melaksanakan dan menyelesaikan tugas sesuai aturan yang berlaku dengan tepat sasaran, dan tepat waktu.

C. Manfaat Pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru
Ada beberapa manfaat terkait buku ini, baik itu bagi guru, kepala madrasah, maupun pengawas.
1. Bagi guru buku ini bermanfaat sebagai:
a. Pedoman pelaksanaan tugas baik itu tugas utama, tambahan, maupun produktifitas;
b. Salah satu karya Publikasi Ilmiah (PI) untuk diajukan dalam usulan kenaikan pangkat;
2. Bagi kepala madrasah buku ini bermanfaat sebagai acuan penilaian kinerja guru maupun pelaksanaan supervisi perangkat dan supervisi akademik;
3. Bagi pengawas buku ini bermanfaat sebagai acuan penilaian kinerja guru dan kepala madrasah, maupun pelaksanaan supervisi di madrasah.

D. Ringkasan Target Kerja Yang Diharapkan
Secara global target kerja yang diharapkan bisa terlaksana dalam tahun kerja 2020/2021 ini ada 5 kegiatan sebagaimana dalam kegiatan tugas pokok jabatan, yaitu:
1. Melaksanakan proses pembelajaran;
2. Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi madrasah;
3. Melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB);
4. Melaksanakan kegiatan penunjang tugas guru;
5. Melaksanakan tugas tambahan dan kreativitas. 

BAB II
PEMBAHASAN RENCANA KERJA GURU

A. Rencana Kerja Pengembangan Pembelajaran Bagi Peserta Didik
Rencana pengembangan pembelajaran ini mencakup 2 unsur, yaitu:
1. Tugas Utama (melaksanakan proses pembelajaran), yaitu:
1.1 Melaksanakan penyusunan program pengajaran, meliputi:
Perangkat pembelajaran, meliputi: kalender pendidikan, rincian pekan efektif, pemetaan kompetensi dasar, program tahunan, program semester, silabus yang dikembangkan, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kriteria ketuntasan minimal (kkm), jurnal mengajar, daftar hadir siswa;
1.2 Melaksanakan penyajian program pengajaran;
1.3 Melaksanakan evaluasi belajar, menyiapkan perangak penilai baik tes tulis, lisan, penugasan, proyek, praktik meliputi:
Kisi-kisi penyusunan soal, naskah soal, kunci jawaban, pedoman penilaian, rekapitulasi hasil penilaian;
1.4 Membuat analisis hasil evaluasi; meliputi: hasil penilaian; analisis hasil penilaian;
1.5 Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan perbaikan.

2. Tugas tambahan (melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah):
2.1 Wali kelas; program wali kelas, pembinaan anak wali kelas, kunjungan ke rumah peserta didik, komunikasi dengan orang tua peserta didik, menyusun pelaporan hasil belajar;
2.2 Penyusun kurikulum pada satuan pendidikannya: silabus, RPP;
2.3 Melaksanakan tugas kepanitiaan dalam kegiatan di madrasah, seperti: PTS, PAS, PHBI, PHBN.

B. Rencana Pengembangan Profesi Bagi Guru
Rencana pengembagan profesi bagi guru ini yaitu:
1. Melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang mencakup kegiatan:
1.1 Melaksanakan kegiatan pengembangan diri: MGMP, seminar, workshop, diklat,;
1.2 Melaksanakan publikasi ilmiah: penyusunan buku pedoman guru, bahan ajar, modul;
1.3 Melaksanakan karya inovatif; buku
2. Melaksanakan kegiatan penunjang tugas guru:
2.1 Menjadi tim penilai kinerja guru;
2.2 Menjadi tutor.
3. Melaksanakan tugas tambahan dan kreativitas.

C. Penjelasan Ringkasan Target Yang Diharapkan Dalam Satu Tahun Kerja
Penjelasan tentang nama kegiatan dan target penyelesaian di jabarkan dalam matrik berikut:


BAB III
PENUTUP

Persiapan itu sangat penting dalam segala bentuk kegiatan agar bisa berjalan terarah dan sesuai keinginan. Buku Pedoman ini juga merupakan persiapan guru dalam melaksanakan tugasnya selama kurun waktu 1 tahun.

Dengan mengacu pada buku 4 Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya, diharapkan guru bisa menjalani karirnya secara terarah.

Semoga manfaat buku ini bukan hanya untuk penulis, tetapi juga untuk khalayak dan siapa pun yang membutuhkan.

Lampiran 1

Contoh Buku Pedoman Guru Silahkan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar