Senin, 04 Juli 2022

Contoh RPP Terbaru 2019

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan           : MI AL HUSNA

Kelas / Semester              :  5 / Genap

Tema                                  :  Panas dan Perpindahannya (Tema 6)

Sub Tema                           :  Suhu dan Kalor (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu              :  Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke              :  1

Alokasi waktu                   :  1 hari

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.

2.       Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.

3.       Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana sumber  energy panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.

4.       Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.

 

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

Inti

Ayo Membaca

Ø  Siswa  membaca teks bacaan yang berjudul “Sumber Energi Panas” di dalam hati.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan              yang disediakan berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari bacaan.

Ayo Menulis

Ø  Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas, kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan.(Literasi)

Ø  Siswa menuliskan kata-kata kunci yang  ia temukan di setiap paragraf.

Ø  Siswa membuat kesimpulan dari bacaan dan menjelaskan kepada teman sebangkunya.(Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati

Ø  Siswa melakukan pengamatan dan memperhatikan sumber-sumber energi panas apa saja yang mereka gunakan sehari-hari dari pagi hingga malam.(Creativity and Innovation)

Ø  Siswa menuliskan hasil pengamatannya dalam bentuk tabel informasi dan melengkapi informasi pada kolom-kolom yang disediakan.(Mandiri)

Ø  Siswa mengidentifikasikan kegiatan yang ia lakukan, alat atau bahan yang digunakan dan sumber energi panas yang digunakan dalam kegiatan tersebut. (HOTS)

Ayo Berdiskusi

Ø  Siswa membandingkan hasil pengamatannya dengan hasil pengamatan temannya, dan mencari persamaan dan perbedaan dari kedua hasil pengamatan tersebut.(HOTS)

Ø  Siswa diberi kesempatan untuk menuliskan hal-hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut, siswa menyalin pertanyaan tersebut pada selembar kertas dan menempelkannya pada dinding kelas.(Creativity and Innovation)

Ayo Mencoba

Ø  Siswa melakukan kegiatan pengamatan untuk mengamati bagaimana sumber energi panas matahari dapat menyebabkan perubahan-perubahan yang dengan mudah dapat kita lihat dan amati. (HOTS)

Ø  Siswa melakukan kegiatan bersama dengan kelompoknya yang terdiri dari tiga orang. (Gotong Royong)

Ø  Siswa mengamati dengan mengukur               dan mencatat waktu yang diperlukan bagi es batu pada masing-masing wadah untuk benar benar mencair.

Ayo Renungkan

Ø  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk kegiatan refleksi  (Critical Thinking and Innovation)

Kerja Sama Orang Tua

Ø  Bersama dengan orang tuamu, amatilah kegiatan apa saja yang memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak.

150 menit

Penutup

A.      Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa kegiatan apa saja yang memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak. (Mandiri)

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                           

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

15 menit

 

C.      PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

(…………………………..)

NIP…………………………

……………, Januari 20..

Guru Kelas 5

 

 

 

WEBSITEEDUKASI.COM

NIP. ……………………….

LAMPIRAN

A.      PENILAIAN

  1. Teknik Penilaian
  1. Penilaian Sikap
    Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.
    a.
    Penilaian Pengetahuan

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

3.1.1 Mengidentifikasi kalimat efektif.

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

IPA

3.6.1 Menjelaskan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor

Tes tertulis

Soal pilihan ganda

Soal isian

Soal uraian

 

b.    Unjuk Kerja

Muatan

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia

4.1.1 Membuat ringkasan narasi teks video/gambar yang disajikan.

Diskusi dan unjuk hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14.

IPA

4.6.1 Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat menghantarkan panas.

Unjuk kerja dan hasil

Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17.

 

c.     Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

d.    Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

 

2.     Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

Melengkapi Tabel Informasi Hasil Pengamatan

Bentuk Penilaian : Tertulis

Instrumen Penilaian : Rubrik

KD IPA 3.6 dan 4.6

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Ketepatan

informasi yang

disajikan.

Semua

informasi

yang disajikan

dalam tabel

jelas dan tepat..

Terdapat 2

kesalahan

informasi

yang disajikan

dalam tabel..

Terdapat 3

kesalahan

informasi

yang disajikan

dalam tabel..

Terdapat

lebih dari 3

kesalahan

informasi

yang disajikan

dalam tabel.

Kelengkapan

informasi yang

disajikan.

Semua

informasi

diisi dengan

lengkap.

Ada 2

informasi yang

tidak diisi.

Ada 3

informasi yang

tidak diisi.

Ada lebih dari

3 informasi

yang tidak diisi.

Kesimpulan

Siswa dapat

membuat

kesimpulan

dengan

menjawab

semua

pertanyaan

yang

berhubungan

dengan energi

panas dengan.

Siswa dapat

membuat

kesimpulan

dengan

menjawab

sebagian besar

pertanyaan

yang

berhubungan

dengan energi

panas dengan tepat..

Siswa dapat

membuat

kesimpulan

dengan

menjawab

sebagian kecil

pertanyaan

yang

berhubungan

dengan energi

panas dengan tepat.

Siswa dapat

membuat

kesimpulan

dengan

menjawab satu

pertanyaan

yang

berhubungan

dengan energi

panas dengan

tepat..

 

Penilaian (penskoran):

 

Rubrik Laporan Pengamatan
Bentuk Penilaian : Penugasan
Instrumen Penilaian : Daftar Periksa

1)    KD IPA 3.6 dan 4.6.

Siswa mampu menjelaskan perubahan ukuran es batu pada ketiga

wadah dengan jelas dan tepat.

ya

tidak

Siswa mampu menjelaskan es batu yang mencair terlebih dahulu

berdasarkan pengamatan.

 

 

Siswa mampu menjelaskan alasan mengapa es batu tersebut

mencair terlebih dahulu.

 

 

 

 

 

Penilaian (penskoran):

 

 

Refleksi Guru:

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar