RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Disusun Berdasarkan Surat
Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan
Pendidikan : MI AL
HUSNA
Kelas / Semester : 5 / Genap
Tema : Panas dan Perpindahannya (Tema 6)
Sub Tema : Suhu
dan Kalor (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan
menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa
mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
2.
Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara
tepat.
3.
Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana
sumber energy panas dapat menyebabkan
perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan
sehari-hari secara bertangung jawab.
4.
Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasil
pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v Melakukan Pembukaan dengan
Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi Sebelumnya
dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Inti |
Ayo Membaca Ø Siswa
membaca teks bacaan yang berjudul “Sumber Energi Panas” di dalam hati. Ø Siswa menjawab pertanyaan yang
disediakan berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari bacaan. Ayo Menulis Ø Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas,
kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan.(Literasi) Ø Siswa menuliskan kata-kata kunci yang ia temukan di setiap paragraf. Ø Siswa membuat kesimpulan dari bacaan dan
menjelaskan kepada teman sebangkunya.(Creativity and Innovation) Ayo
Mengamati Ø Siswa
melakukan pengamatan dan memperhatikan sumber-sumber energi panas apa saja
yang mereka gunakan sehari-hari dari pagi hingga malam.(Creativity and Innovation) Ø Siswa
menuliskan hasil pengamatannya dalam bentuk tabel informasi dan melengkapi
informasi pada kolom-kolom yang disediakan.(Mandiri) Ø Siswa
mengidentifikasikan kegiatan yang ia lakukan, alat atau bahan yang digunakan
dan sumber energi panas yang digunakan dalam kegiatan tersebut. (HOTS) Ayo
Berdiskusi Ø Siswa
membandingkan hasil pengamatannya dengan hasil pengamatan temannya, dan
mencari persamaan dan perbedaan dari kedua hasil pengamatan tersebut.(HOTS) Ø Siswa
diberi kesempatan untuk menuliskan hal-hal yang mereka ingin ketahui lebih
lanjut, siswa menyalin pertanyaan tersebut pada selembar kertas dan
menempelkannya pada dinding kelas.(Creativity
and Innovation) Ayo
Mencoba Ø Siswa
melakukan kegiatan pengamatan untuk mengamati bagaimana sumber energi panas
matahari dapat menyebabkan perubahan-perubahan yang dengan mudah dapat kita
lihat dan amati. (HOTS) Ø Siswa
melakukan kegiatan bersama dengan kelompoknya yang terdiri dari tiga orang.
(Gotong Royong) Ø Siswa
mengamati dengan mengukur dan
mencatat waktu yang diperlukan bagi es batu pada masing-masing wadah untuk
benar benar mencair. Ayo
Renungkan Ø Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk kegiatan refleksi (Critical Thinking and Innovation) Kerja
Sama Orang Tua Ø Bersama
dengan orang tuamu, amatilah kegiatan apa saja yang memerlukan energi panas
dalam jumlah yang banyak. |
150 menit |
Penutup |
A.
Guru menyampaikan
tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa kegiatan apa saja
yang memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak. (Mandiri) Peserta
Didik : Ø Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, (…………………………..) NIP………………………… |
……………, Januari 20.. Guru Kelas 5 WEBSITEEDUKASI.COM NIP. ………………………. |
LAMPIRAN
A.
PENILAIAN
- Teknik
Penilaian
- Penilaian
Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.
a. Penilaian Pengetahuan
Muatan |
Indikator |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instumen |
Bahasa Indonesia |
3.1.1 Mengidentifikasi kalimat
efektif. |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
IPA |
3.6.1
Menjelaskan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
b.
Unjuk
Kerja
Muatan |
Indikator |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instumen |
Bahasa Indonesia |
4.1.1 Membuat ringkasan narasi teks
video/gambar yang disajikan. |
Diskusi dan
unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14. |
IPA |
4.6.1
Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat menghantarkan panas. |
Unjuk kerja
dan hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17. |
c.
Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung
dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa
dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung.
d.
Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada
kelas lain.
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Jurnal
Penilaian Sikap
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir
Sikap |
Tindak
Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
Melengkapi
Tabel Informasi Hasil Pengamatan
Bentuk
Penilaian : Tertulis
Instrumen
Penilaian : Rubrik
KD
IPA 3.6 dan 4.6
Kriteria |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Ketepatan informasi yang disajikan. |
Semua informasi yang
disajikan dalam
tabel jelas
dan tepat.. |
Terdapat 2 kesalahan informasi yang disajikan dalam tabel.. |
Terdapat 3 kesalahan informasi yang disajikan dalam tabel.. |
Terdapat lebih dari 3 kesalahan informasi yang disajikan dalam tabel. |
Kelengkapan informasi yang disajikan. |
Semua informasi diisi dengan lengkap. |
Ada 2 informasi
yang tidak
diisi. |
Ada
3 informasi
yang tidak
diisi. |
Ada lebih dari 3 informasi yang tidak diisi. |
Kesimpulan |
Siswa dapat membuat kesimpulan dengan menjawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan energi panas
dengan. |
Siswa
dapat membuat kesimpulan dengan menjawab sebagian
besar pertanyaan yang berhubungan dengan
energi panas
dengan tepat.. |
Siswa
dapat membuat kesimpulan dengan menjawab sebagian
kecil pertanyaan yang berhubungan dengan
energi panas
dengan tepat. |
Siswa
dapat membuat kesimpulan dengan menjawab
satu pertanyaan yang berhubungan dengan
energi panas
dengan tepat.. |
Penilaian (penskoran):
Rubrik Laporan Pengamatan
Bentuk Penilaian : Penugasan
Instrumen Penilaian : Daftar Periksa
1)
KD IPA 3.6
dan 4.6.
Siswa mampu menjelaskan perubahan
ukuran es batu pada ketiga wadah dengan jelas dan tepat. |
ya |
tidak |
Siswa mampu menjelaskan es batu yang
mencair terlebih dahulu berdasarkan pengamatan. |
|
|
Siswa
mampu menjelaskan alasan mengapa es batu tersebut mencair
terlebih dahulu. |
|
|
|
|
|
Penilaian (penskoran):
Refleksi
Guru: |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar