1. Kompetensi Pedagogik |
|
Definisi
Kompetensi: |
|
Kemampuan
mengelola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk mencapai tujuan
pembelajaran. |
|
Level |
Deskripsi Level |
Kompetensi |
|
Level 1 |
Memahami konsep lingkungan pembelajaran yang aman dan
nyaman bagi peserta didik, strategi pembelajaran efektif dan strategi
asesmen, umpan balik dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik. |
Level 2 |
Melakukan upaya berupa strategi lingkungan pembelajaran
yang aman dan nyaman bagi peserta didik, strategi pembelajaran efektif dan
strategi asesmen, umpan balik dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik.
|
Level 3 |
Mengevaluasi penggunaan strategi lingkungan pembelajaran
yang aman dan nyaman bagi peserta didik, strategi pembelajaran efektif dan
strategi asesmen, umpan balik dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik
serta merancang perbaikannya. |
Level 4 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menggunakan
strategi lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik,
strategi pembelajaran efektif dan strategi asesmen, umpan balik dan pelaporan
yang berpusat pada peserta didik. |
Level 5 |
Membimbing rekan sejawat dalam menggunakan strategi
lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik, strategi
pembelajaran efektif dan strategi asesmen, umpan balik dan pelaporan yang
berpusat pada peserta didik. |
Indikator Kompetensi |
Level Kompetensi |
||||
Level 1 |
Level 2 |
Level 3 |
Level 4 |
Level 5 |
|
1.1. Lingkungan pembelajaran yang
aman dan nyaman bagi peserta didik |
Memahami |
Menerapkan |
Mengevaluasi strategi implementasi
lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait strategi implementasi lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman
bagi peserta didik |
Membimbing rekan sejawat dalam |
penting dan manfaat lingkungan
pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik |
strategi lingkungan pembelajaran
yang aman dan nyaman bagi peserta didik |
peserta didik dan merancang
perbaikannya |
melakukan strategi implementasi
lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik |
||
1.2. Pembelajaran efektif yang
berpusat pada peserta didik |
Memahami penting dan manfaat pembelajaran efektif
yang berpusat pada peserta didik |
Menerapkan pembelajaran efektif yang
berpusat pada peserta didik |
Mengevaluasi pembelajaran efektif
yang berpusat pada peserta didik dan merancang perbaikannya |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pemilihan strategi implementasi pembelajaran efektif yang berpusat
pada peserta didik |
Membimbing rekan sejawat dalam |
|
|
melakukan |
|||
|
|
strategi implementasi pembelajaran
efektif yang berpusat pada peserta didik |
|||
|
|
|
|||
1.3. Asesmen, umpan balik, dan
pelaporan yang berpusat pada peserta didik |
Memahami |
Melakukan asesmen, umpan balik, dan
pelaporan yang berpusat pada peserta didik |
Mengevaluasi asesmen, umpan balik,
dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik dan merancang perbaikannya |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pelaksanaan asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang berpusat pada
peserta didik |
Membimbing rekan sejawat dalam melakukan asesmen, umpan balik, dan
pelaporan yang berpusat pada peserta didik |
penting dan manfaat asesmen, umpan
balik, dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik |
2. Kompetensi Kepribadian |
|||||
Definisi Kompetensi: |
|||||
Kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif,
dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kemampuan kepribadian
tersebut dilakukan melalui refleksi dalam menjalankan tanggung jawab sebagai
guru sesuai kode etik profesi dan berorientasi pada peserta didik. |
|||||
Level |
Deskripsi Level |
||||
Kompetensi |
|||||
Level 1 |
Memahami konsep kematangan moral, emosi, dan spiritual
untuk berperilaku sesuai dengan kode etik guru, pengembangan diri melalui
kebiasaan refleksi serta orientasi
yang berpusat pada peserta didik. |
||||
Level 2 |
Menggunakan strategi dalam mengelola kematangan moral,
emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik guru,
pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi serta orientasi yang berpusat pada peserta didik. |
||||
Level 3 |
Mengevaluasi penggunaan strategi dalam mengelola
kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode
etik guru, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi serta orientasi yang
berpusat pada peserta didik dilengkapi dengan perancangan perbaikannya. |
||||
Level 4 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menggunakan
strategi untuk mengelola kematangan moral, emosi, dan spiritual sehingga
dapat berperilaku sesuai dengan kode etik guru, pengembangan diri melalui
kebiasaan refleksi serta orientasi yang berpusat pada peserta didik. |
||||
Level 5 |
Membimbing rekan sejawat dalam menggunakan strategi untuk
mengelola kematangan moral, emosi dan spiritual sehingga dapat berperilaku
sesuai dengan kode etik guru, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi
serta orientasi yang berpusat pada peserta didik. |
||||
|
|||||
Indikator Kompetensi |
Level Kompetensi |
||||
Level 1 |
Level 2 |
Level 3 |
Level 4 |
Level 5 |
|
2.1. Kematangan moral, emosi, dan
spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik guru |
Memahami |
Menerapkan perilaku yang mencerminkan kematangan moral,
emosi, |
Mengevaluasi perilaku yang mencerminkan kematangan moral,
emosi, |
Berkolaborasi dengan rekan |
Membimbing rekan sejawat dalam
penerapan perilaku yang mencerminkan |
penting dan manfaat kematangan
moral, emosi, |
dan spiritual untuk berperilaku
sesuai dengan kode etik guru |
dan spiritual untuk berperilaku
sesuai dengan kode etik guru dan merencanakan perbaikannya |
sejawat terkait penerapan perilaku
yang mencerminkan |
kematangan moral, emosi, |
|
dan spiritual untuk berperilaku
sesuai dengan kode etik guru |
|
|
kematangan moral, emosi, |
dan spiritual untuk berperilaku
sesuai dengan kode etik guru |
|
|
|
|
dan spiritual untuk berperilaku
sesuai dengan kode etik guru |
|
|
2.2. Pengembangan diri melalui
kebiasaan refleksi |
Memahami |
Menerapkan pengembangan |
Mengevaluasi penerapan |
Berkolaborasi dengan rekan |
Membimbing rekan sejawat dalam
membudayakan pengembangan |
penting dan manfaat |
diri melalui kebiasaan refleksi. |
pengembangan |
sejawat terkait penerapan
pengembangan |
diri melalui kebiasaan refleksi. |
|
pengembangan |
|
diri melalui kebiasaan refleksi
serta merancang perbaikannya |
diri melalui kebiasaan refleksi. |
|
|
diri melalui kebiasaan refleksi. |
|
|
|
|
|
2.3. Orientasi berpusat pada peserta
didik |
Memahami pentingnya menempatkan |
Membiasakan pentingnya menempatkan |
Mengevaluasi kebiasaan dalam
menempatkan |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait kebiasaan dalam menempatkan |
Membimbing rekan sejawat dalam
meningkatkan kebiasaan untuk menempatkan |
peserta didik sebagai pusat dari
pembelajaran |
peserta didik sebagai pusat dari
pembelajaran |
peserta didik sebagai pusat dari
pembelajaran dan merancang perbaikannya |
peserta didik sebagai pusat dari
pembelajaran |
peserta didik sebagai pusat dari
pembelajaran |
3. Kompetensi Sosial |
|
Definisi Kompetensi: |
|
Kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali
peserta didik, dan masyarakat sekitar.
Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien
dilakukan dalam pembelajaran dan pengembangan diri. |
|
Level |
Deskripsi Level |
Kompetensi |
|
Level 1 |
Memahami konsep kolaborasi untuk peningkatan
pembelajaran, keterlibatan orangtua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran,
serta keterlibatan dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas. |
Level 2 |
Menggunakan strategi kolaborasi untuk peningkatan
pembelajaran, keterlibatan orangtua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran,
serta keterlibatan dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas. |
Level 3 |
Mengevaluasi penggunaan strategi kolaborasi untuk
peningkatan pembelajaran, keterlibatan orangtua/wali dan masyarakat dalam
pembelajaran, serta keterlibatan dalam organisasi profesi dan jejaring yang
lebih luas serta merancang perbaikannya. |
Level 4 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menggunakan
strategi kolaborasi untuk peningkatan pembelajaran, keterlibatan
orangtua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran, serta keterlibatan dalam
organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas. |
Level 5 |
Membimbing rekan sejawat dalam menggunakan strategi
kolaborasi untuk peningkatan pembelajaran, keterlibatan orangtua/wali dan
masyarakat dalam pembelajaran, serta keterlibatan dalam organisasi profesi
dan jejaring yang lebih luas. |
|
|
Level Kompetensi |
|
|
|
Indikator |
|||||
Kompetensi |
Level 1 |
Level 2 |
Level 3 |
Level 4 |
Level 5 |
3.1. Kolaborasi untuk peningkatan
pembelajaran |
Memahami |
Melakukan kolaborasi untuk
peningkatan kualitas pembelajaran |
Mengevaluasi strategi kolaborasi
untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan merancang perbaikannya |
Berbagi praktik baik dengan rekan
sejawat terkait strategi kolaborasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran |
Membimbing rekan sejawat dalam melakukan |
|
fungsi kolaborasi untuk peningkatan
kualitas pembelajaran |
|
strategi kolaborasi untuk
peningkatan kualitas pembelajaran |
||
|
|
|
|
||
3.2. Keterlibatan orangtua/wali dan
masyarakat dalam pembelajaran |
Memahami |
Melibatkan orangtua/wali dan
masyarakat dalam pembelajaran |
Mengevaluasi pelibatan orangtua/wali
dan masyarakat dalam pembelajaran dan merancang |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pelibatan orangtua/wali dan |
Membimbing rekan sejawat untuk dapat
melibatkan orangtua/wali dan |
penting dan manfaat keterlibatan
orangtua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran |
|
strategi pelibatan yang lebih efektif |
masyarakat yang efektif dalam
pembelajaran |
masyarakat |
|
|
|
|
|
secara efektif dalam pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
3.3. Keterlibatan dalam organisasi
profesi dan jejaring yang lebih luas untuk peningkatan pembelajaran |
Memahami pentingnya keterlibatan
dalam organisasi profesi dan jejaring yang |
Berperan dalam organisasi profesi
dan jejaring yang |
Mengevaluasi peran dalam organisasi
profesi dan jejaring yang |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait peran yang optimal dalam organisasi profesi dan jejaring yang |
Membimbing rekan sejawat untuk
berperan lebih optimal di organisasi profesi dan jejaring yang |
lebih luas untuk peningkatan
kualitas pembelajaran peserta didik |
lebih luas untuk peningkatan
kualitas pembelajaran peserta didik |
lebih luas untuk mengoptimalka n
keterlibatan dalam peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik |
lebih luas untuk peningkatan
kualitas pembelajaran peserta didik |
lebih luas untuk peningkatan
kualitas pembelajaran peserta didik |
4. Kompetensi Profesional |
|
Definisi Kompetensi: |
|
Kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan
mendalam. Kemampuan penguasaan materi tersebut untuk menetapkan tujuan
pembelajaran dan pengorganisasian konten pengetahuan pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik. |
|
Level |
Deskripsi Level |
Kompetensi |
|
Level 1 |
Memahami pengetahuan konten pembelajaran dan cara
mengajarkannya, pengetahuan karakteristik peserta didik yang mempengaruhi
cara belajarnya, serta pengetahuan komponen kurikulum dan cara menggunakannya
untuk merancang desain pembelajaran. |
Level 2 |
Menggunakan pengetahuan konten pembelajaran dan cara
mengajarkannya, pengetahuan karakteristik peserta didik yang mempengaruhi
cara belajarnya, serta pengetahuan komponen kurikulum dan cara menggunakannya
untuk merancang desain pembelajaran. |
Level 3 |
Mengevaluasi penggunaan pengetahuan konten pembelajaran
dan cara mengajarkannya, pengetahuan karakteristik peserta didik yang
mempengaruhi cara belajarnya, serta pengetahuan komponen kurikulum dan cara
menggunakannya |
untuk merancang desain pembelajaran
serta merancang perbaikannya |
|
Level 4 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menggunakan
pengetahuan konten pembelajaran dan cara mengajarkannya, pengetahuan
karakteristik peserta didik yang mempengaruhi cara belajarnya, serta
pengetahuan komponen kurikulum dan cara menggunakannya untuk merancang desain
pembelajaran. |
Level 5 |
Membimbing rekan sejawat dalam menggunakan pengetahuan
konten pembelajaran dan cara mengajarkannya, pengetahuan karakteristik
peserta didik yang mempengaruhi cara belajarnya, serta pengetahuan komponen
kurikulum dan cara menggunakannya untuk merancang desain pembelajaran. |
Indikator Kompetensi |
Level Kompetensi |
||||
Level 1 |
Level 2 |
Level 3 |
Level 4 |
Level 5 |
|
4.1. Pengetahuan konten pembelajaran
dan cara |
Memahami konten pembelajaran dan cara
mengajarkannya |
Menggunakan konten pembelajaran dan
cara mengajarkannya |
Mengevaluasi konten pembelajaran dan
merancang cara perbaikannya |
Berkolaborasi dengan rekan |
Membimbing rekan sejawat dalam
meningkatkan pengetahuan konten pembelajaran dan cara mengajarkannya |
mengajarkannya |
sejawat terkait pengetahuan konten
pembelajaran dan cara mengajarkannya |
||||
4.2. Karakteristik dan cara belajar
peserta didik |
Memahami pengetahuan tentang
karakteristik yang akan |
Menggunakan pengetahuan dalam |
Mengevaluasi pengetahuan dalam |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pengetahuan dalam |
Membimbing rekan sejawat dalam
meningkatkan pengetahuan dalam |
mempengaruhi |
menentukan karakteristik yang akan
mempengaruhi |
menentukan karakteristik yang akan
mempengaruhi |
menentukan karakteristik yang akan
mempengaruhi |
menentukan karakteristik yang akan |
|
cara belajar peserta didik |
cara belajar peserta didik |
cara belajar peserta didik dan
merencanakan perbaikannya. |
cara belajar peserta didik |
mempengaruhi |
|
|
|
|
|
cara belajar peserta didik |
|
4.3. Kurikulum dan cara
menggunakannya |
Memahami komponen kurikulum dan cara
|
Menggunakan pengetahuan |
Mengevaluasi pengetahuan |
Berkolaborasi dengan rekan |
Membimbing rekan sejawat dalam
meningkatkan pengetahuan |
menggunakannya untuk merancang |
tentang komponen kurikulum dan cara |
tentang komponen kurikulum dan cara |
sejawat terkait pengetahuan |
tentang komponen kurikulum dan cara |
|
desain pembelajaran |
menggunakann ya untuk merancang
desain pembelajaran |
menggunakann ya untuk merancang
desain pembelajaran dan merencanakan perbaikannya |
tentang komponen kurikulum dan cara |
menggunakannya untuk merancang |
|
|
|
|
menggunakannya untuk merancang |
desain pembelajaran |
|
|
|
|
desain pembelajaran |
|
Jenjang Jabatan |
Guru Ahli Pertama |
|||
Kompetensi |
Level |
Deskripsi |
|
Indikator Perilaku |
Kompetensi |
||||
Pedagogik |
2 |
Melakukan upaya berupa strategi
lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik, strategi
pembelajaran efektif dan strategi asesmen, umpan balik dan pelaporan yang
berpusat pada peserta didik. |
02.01 |
Menerapkan strategi
lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman |
02.02 |
bagi peserta didik; |
|||
02.03 |
Menerapkan pembelajaran efektif yang berpusat pada
peserta didik; dan |
|||
|
Melakukan asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang
berpusat pada peserta didik. |
Jenjang Jabatan |
|
Guru |
Ahli Muda |
|
Kompetensi |
Level |
Deskripsi |
|
Indikator Perilaku |
Kompetensi |
||||
Pedagogik |
3 |
Mengevaluasi penggunaan strategi
lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik, strategi
pembelajaran efektif dan strategi asesmen, umpan balik dan pelaporan yang
berpusat pada peserta didik, serta merancang perbaikannya. |
03.01 |
Mengevaluasi strategi implementasi
lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik dan merancang
perbaikannya; |
03.02 |
Mengevaluasi pembelajaran efektif
yang berpusat pada peserta didik dan merancang perbaikannya; dan |
|||
03.03 |
Mengevaluasi asesmen, umpan balik,
dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik dan merancang perbaikannya. |
|||
Kepribadian |
3 |
Mengevaluasi penggunaan strategi
dalam mengelola kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku
sesuai dengan kode etik guru, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi,
serta orientasi yang berpusat pada peserta didik dilengkapi dengan perancangan
perbaikannya. |
03.01 |
Mengevaluasi perilaku yang
mencerminkan kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai
dengan kode etik guru dan merencanakan perbaikannya; |
03.02 |
Mengevaluasi penerapan pengembangan
diri melalui kebiasaan refleksi serta merancang perbaikannya; dan |
|||
03.03 |
Mengevaluasi kebiasaan dalam
menempatkan peserta didik sebagai pusat dari pembelajaran dan merancang
perbaikannya. |
|||
Sosial |
3 |
Mengevaluasi penggunaan strategi
kolaborasi untuk peningkatan pembelajaran, keterlibatan orangtua/wali dan
masyarakat dalam pembelajaran serta keterlibatan dalam organisasi profesi dan
jejaring yang lebih luas, serta merancang perbaikannya. |
03.01 |
Mengevaluasi strategi kolaborasi
untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan merancang perbaikannya; |
03.02 |
Mengevaluasi pelibatan orangtua/wali
dan masyarakat dalam pembelajaran dan merancang strategi pelibatan yang lebih
efektif; dan |
|||
03.03 |
Mengevaluasi peran dalam organisasi
profesi dan jejaring yang lebih luas untuk mengoptimalkan keterlibatan dalam
peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik. |
|||
Profesional |
3 |
Mengevaluasi penggunaan pengetahuan
konten pembelajaran dan cara mengajarkannya, pengetahuan karakteristik
peserta didik yang mempengaruhi cara belajarnya, serta pengetahuan komponen
kurikulum dan cara menggunakannya untuk merancang desain pembelajaran, serta
merancang perbaikannya. |
03.01 |
Mengevaluasi konten pembelajaran dan
merancang cara perbaikannya; |
03.02 |
Mengevaluasi pengetahuan dalam
menentukan karakteristik yang akan mempengaruhi cara belajar peserta didik
dan merencanakan perbaikannya.; dan |
|||
03.03 |
Mengevaluasi pengetahuan tentang
komponen kurikulum dan cara menggunakannya untuk merancang |
|||
|
desain pembelajaran dan merencanakan
perbaikannya. |
|||
Jenjang Jabatan |
|
Guru Ahli Madya |
||
Kompetensi |
Level |
Deskripsi |
Indikator Perilaku |
|
Kompetensi |
||||
Pedagogik |
4 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam |
4.1 Berkolaborasi
dengan rekan sejawat terkait strategi implementasi |
|
|
|
menggunakan strategi lingkungan
pembelajaran yang aman dan nyaman |
04.02 |
lingkungan pembelajaran yang aman
dan nyaman bagi peserta didik; |
bagi peserta didik, strategi
pembelajaran efektif dan strategi asesmen, umpan balik dan pelaporan yang
berpusat pada peserta didik. |
04.03 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pemilihan strategi implementasi pembelajaran efektif yang berpusat
pada peserta didik; dan |
||
|
|
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pelaksanaan asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang berpusat pada
peserta didik. |
||
Kepribadian |
4 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
dalam menggunakan strategi untuk mengelola kematangan moral, emosi dan
spiritual sehingga dapat berperilaku sesuai dengan kode etik guru,
pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, serta orientasi yang berpusat
pada peserta didik |
04.01 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait penerapan perilaku yang mencerminkan kematangan moral, emosi dan
spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik guru |
04.02 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait penerapan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi; dan |
|||
04.03 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait kebiasaan dalam menempatkan peserta didik sebagai pusat dari
pembelajaran. |
|||
Sosial |
4 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
dalam menggunakan strategi kolaborasi untuk peningkatan pembelajaran, keterlibatan orangtua/wali dan masyarakat
dalam pembelajaran, serta keterlibatan dalam organisasi profesi dan jejaring
yang lebih luas. |
04.01 |
Berbagi praktik baik dengan rekan
sejawat terkait strategi kolaborasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran; |
04.02 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pelibatan orangtua/wali dan masyarakat yang efektif dalam
pembelajaran; dan |
|||
04.03 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait peran yang optimal dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih
luas untuk peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik. |
|||
Profesional |
4 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
dalam menggunakan pengetahuan konten pembelajaran dan cara mengajarkannya,
pengetahuan karakteristik peserta didik yang mempengaruhi cara belajarnya,
serta pengetahuan komponen kurikulum dan cara menggunakannya untuk merancang
desain pembelajaran. |
04.04 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pengetahuan konten pembelajaran dan cara mengajarkannya; |
04.05 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pengetahuan dalam menentukan karakteristik yang akan mempengaruhi
cara belajar peserta didik; dan |
|||
04.06 |
Berkolaborasi dengan rekan sejawat
terkait pengetahuan tentang komponen kurikulum dan cara menggunakannya untuk
merancang desain pembelajaran. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar