Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah 2024 dengan format digital melalui Aplikasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK). Pelaksanaan asesmen berlangsung pada 24–26 Juni 2024.
Asesmen dilakukan untuk mengukur kompetensi guru sehingga dari asesmen ini akan dihasilkan profil kompetensi guru madrasah secara utuh. Ada dua kompetensi dasar yang akan diukur, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.
AKGTK Madrasah dilakukan dalam dua tahap. Pertama, asesmen bagi guru mata pelajaran umum, kepala, dan pengawas madrasah pada 24–26 Juni 2024. Kedua, asesmen bagi guru mata pelajaran agama pada Oktober 2024. Petunjuk teknis pelaksanaan dapat dilihat pada [https://bit.ly/juknisakgtk]
Asesmen kompetensi adalah penilaian terhadap kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah yang menjadi acuan untuk penyusunan kebijakan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan serta pemetaan kesesuaian kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan standar kompetensi.
Sasaran AKGTK adalah seluruh guru dan tenaga kependidikan madrasah di seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta tahun 2024 sebanyak 283.940 orang, yang terdiri dari 217.664 guru, 3.661 pengawas, dan 61.615 kepala madrasah.
Selengkapnya lihat Juknis AKGTK Kemenag Tahun 2024 disini.
Adapun soal-soal AKG Guru MI yang disajikan diantaranya berkaitan dengan pokok bahasan pedagogik dan numerasi (6o soal):
- teori-teoti belajar (konstruktivisme, behavioristik (anak belajar bahasa ibunya-stimulus respon), humanisme, sosial, dll)
- prinsip-prinsip pendidikan dan praktiknya dalam pembelajaran
- perbedaan evaluasi formatif dan sumatif
- proses perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
- perbedaan dongeng sage, parabelum, mite, legenda
- perubahan kalor (menyublim, menguap, membeku, dll)
- perbedaan revolusi dan rotasi
- perbedaan soal MOTS dan HOTS
- lingkaran trapesium sama kaki
- luas dan lingkaran kubus, persegi panjang
- jumlah rusuk tabung
- bilangan prina
- bilangan tak terdefinisi (contoh 12/0 = tak terdefinisi)
- peredaran darah besar yaitu bilik kiri (4) → aorta (12) → arteri (6) → tubuh (7) → vena (5) → serambi kanan (1).
- peredaran darah kecil yaitu bilik kanan → arteri pulmonalis → paru-paru → serambi kiri melalui vena pulmonalis
- pemberian celah pada besi rel kereta api agar besi bisa memuai saat terkena panas di siang hari
- Karena hidup di perairan, maka teratai ini menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang lembab dengan memiliki daun yang lebar dan tipis. Jadi, daun yang lebar dan tipis ini berfungsi agar penguapan air dapat terjadi dengan cepat dan muda. (jadi bukan untuk mempercepat proses fotosintesis)
- Urutan daur hidup katak : telur - berudu/kecebong - katak berekor - katak muda - katak dewasa.
- Contoh tanaman yang bereproduksi dengan cara umbi lapis, 1. bawang merah 2. Bawang Putih, 3. Bawang Bombay, 4. Bunga Bakung, Bunga Tulip, 6. Bunga Amarilis, 7. Bunga Narsis, 8. Bunga Lili Hujan. 9. Bunga Lycoris 10. Bunga Lili Rawa
- 0,424242... jika disederhanakan menjadi p/q, keduanya bilangan asli, maka selisih p dan q adalah 6
- contoh-contoh judul bigbook siswa kelas 3, berarti perlu dikenali dulu apa saja tema-tema di kelas SD
- sifat-sifat magnet
- sifat-sifat suara
- sifat-sifat cahaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar