Kamis, 20 Januari 2022

Panduan Teknis Remedial Dan Pengayaan di SD

 


Buku Pantuan Teknis Pembelajaran Remedial dan Pengayaan ini, merupakan salah satu panduan dari sepuluh panduan teknis yang disusun. Panduan teknis pembelajaran remedial dan pengayaan ini menjadi sangat penting mengingat Kurikulum 2013 jenjang SD yang melaksanakan pembelajaran tematik terpadu menganut sistem belajar tuntas. 

Kondisi ini memberikan implikasi bahwa peserta didik belum dapat melanjutkan kegiatan belajar ke kompetensi berikutnya sebelum menguasai kompetensi sebelumnya. Dengan demikian dalam proses pembelajaran, guru perlu melaksanakan pembelajaran remedial bagi peserta didik yang belum menguasai kompetensi dan memberi pengayaan bagi peserta didik yang lebih cepat menguasai kompetensi.

Panduan Teknis ini dimaksudkan untuk:

1. Memfasilitasi guru untuk menangani dan membantu peserta didik yang secara individual atau kelompok mengalami masalah pembelajaran.

2. Memfasilitasi guru secara individual dan kelompok dalam merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran remedial dan pengayaan dalam berbagai modus, strategi, dan model pembelajaran

Ruang lingkup panduan teknis ini mencakup substansi sebagai berikut:

1. Pengertian, Prinsip dan Langkah-Langkah Pembelajaran Remedial dan Pengayaan sebagai landasan bagi guru.

2. Pengertian, Prinsip dan Langkah-langkah Penerapan Pembelajaran Remedial dan Pengayaan sebagai acuan atau masukan bagi guru, orang tua dan masyarakat dalam melakukan kegiatan remedial dan pengayaan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat peserta didik.

3. Contoh-contoh penerapan pembelajaran remedial dan pengayaan di kelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar