Kamis, 16 Februari 2023

Materi: Pengembangan Modul Ajar (RPP)

 

3.13 Pengembangan Modul Ajar-RPP
1. Konsep Modul AJAR (MA)
- MA adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik agar proses kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik
- MA merupakan implementasi dari ATP yang dikembangkan dari CP dengan P5RA
- MA disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan pesdik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari, dengan TP dan perkembangan jangka panjang
- Guru perlu memahami konsep MA agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

Tujuan MA
- mengembangkan perangkat ajar yang memandu guru melaksanakan pembelajaran
- mempermudah, memperlancar dan meningkatkan kualitas pembelajaran
- menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
- menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasi pembelajaran

Guru memiliki keleluasaan
- memilih atau memodifikasi MA yang sudah disediakan pemerintah
- menyusun dan mengembangkan sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik pesdik

Prinsip penyusunan MA, mempertimbangkan:
- karakteristik, kompetensi dan minat pesdik di setiap fase
- perbedaan tingkat pemahaman dan variasi jarak (gap) antar tingkat kompetensi yang bisa terjadi di setiap fase
- melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap pesdik itu unik
- bahwa pelajar harus berimbang antara intelektual, sosial dan personal, semuanya berhubungan
- tingkat kematangan setiap pesdik tergantung dari tahapan dan perkembangan yang dilalui pesdik, dan dampak dari pengalaman sebelumnya.

Kriteria dalam penyusunan MA
- Esensial; pemahaman konsep dari setiap mapel melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin
- Menarik, bermakn, menantang ; menumbukan minat u belajar dan melibatkan pesdik secara aktif dalam KBM, berhubugan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks atau terlalu mudah
- relevan dan konseptul, berhubungan dg pegetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya dan sesuai dengan konteks dari tempat peserta didik berada
- berkesinambungan; keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar

Komponen penyusunan dan pengambangan MA
1. INFORMASI UMUM
- identitas (nama penyusun, institusi, tahun);  jenjang; kelas ; alokasi waktu
- kompetensi awal; yg sudah dimiliki siswa (hasil asesmen awal)
- P5RA; + tujuan akhir belajar, + saling terkait, + setiap MA memuat satu atau beberap aunsur P5RA
- sarana (fasilitas dan bahan) prasarana (materi yg relevan)
- target pesdik
+ reguler/tipikal/ umum, 
+ kesulitan belajar (gayabelajar yg terbatas, kurang pd)
+ pencapaian tinggi
- model pembelajaran (tatap muka, PJJ daring, PJJ luring, blended learning)
2. KOMPONEN INTI
- TP (mencerminkan hal-hal penting, menentukan kegiatan belajar, berbagai bentuk: pengetahuan, fakta dan informasi
- pemahaman permakna yaitu informasi ttg manfaat yang akan pesdik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran), contoh dalam keadaan bagaimanapun kita harus tetap shalat dengan cara yang sesuai
- pertanyaan pemantik yaitu pertanyaan yg ditujukan kepada pesdik untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berfikir kritis
- kegiatan belajar, langkah pembelajaran meliputi 3 tahap: Pendahuluan, Inti, Penutup berbasis metode pembelajaran aktif (inquiry, problem based, dll)
- asesmen, digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan (diagnostik=sebelum belajar, formatif=selama belajar, sumatif= akhir belajar)
bentuk2 asesmen (sikap, performance, tertulis)
- pengayaan dan remedial (pengayaan diberikan kepada pesdik dg capaian tinggi) (remedial diberikan kepada pesdik yng membutuhkan bimbingan u memahami atau pembelajaran mengulang), bentuk remedial berbeda dengan bentuk belajar kelas
- refleksi pesdik dan guru
3. Komponen lampiran
- lembar kerja pesdik LKPD (termasuk pesdik non reguler)
- bahan bacaan guru dan pesdik (digunakan untuk pemantik sebelum kegiatan di mulai, atau u memperdalam pemahaman materi pda saat atau kahir belajar
- glosarium yatu kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang dilengkap dengan definisi dan artinya
- Daftar pustaka yaitu sumber-sumber referensi yang digunakan dalam pengembangan modul ajar (majalah, koran, internet, buku siswa, lingkungan sekitar)

Prosedur Penyusunan Modul Ajar
-1 analisa kondisi dan kebutuhan pesdik dan satuan pendidikan (berdasarkan latar belakang, sarana prasarana madrasah), disesuaikan dg kemampuan dan kreatifitas guru
-2 identifikasi dan tentukan dimensi P5RA, guru memilih dimensi P5RA yang paling memungkinkan untuk dikembangkan dalam proses belajar
-3 Tentukan ATP yang akan dikembangkan menjadi MA, bisa mengacu kepada ATP yang sudah ada atau mengembangkan sendiri
-4 Susun MA berdasarkan komponen yang tersedia, selain komponen inti juga disesuaikan dengan kebutuhan pesdik
-5 Pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar