3.11. Pembelajaran Bahasa Arab
Materinya:
1. Rasionalisasi Bahasa Arab
2. Orientari Pembelajaran Bahasa Arab
3. Karakteristik Bahasa Arab
4. CP Bahasa Arab
5. Fase Pembelajaran Bahasa Arab
1. Rasionalisasi Bahasa Arab
amanat: menyiapkan peserta didik memiliki kecakapan berbahasa arab, indikatornya
- mampu mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan dalam BA
- internalisasi keterampilan berBA
- menggunakan BA untuk mengkaji agama, Ilmu pengetahuan dan kebudayaan
- integrasi kemampuan berbahasa dengan perilaku (moderat, berpikir sistematis)
2. Orientari Pembelajaran Bahasa Arab
2 kata kunci dalam orientasi pembelajaran BA di Kurma
- memiliki kemampuan menggunakan BA sebagai alat komunikasi global
- memiliki kemampuan menggunakan BA untuk mendalami agama dari sumber otentik
3. Karakteristik Bahasa Arab, untuk mencapai
a. kometensi bahasa (al-kifayah al-lughawiyah) yaitu:
- kemampuan mendengar (maharah al istima')
- kemampuan membaca (maharah al kalam)
- kemampuan membaca memirsa (maharah al qiraah)
- kemampuan menulis-mempresentasikan (
b. kompetensi komunikatif (al kifayah al ittisaliyyah)
- kompetensi untuk melakukan tindak tutur dalam bahasa target dalam berbagai konteks sosial secara lisan dan tulisan
c. kompetensi budaya (al kifayah al tsaqafiyah)
- pembelajaran BA disamping membelajarkan bahasa ia mengandung pesan-pesan budaya dari bahasa itu sendiri
Pendekatan dalam pembelajaran BA itu yang terbaik adalah pendekatan Pedagogi Genre meliputi siklus berikut:
- membangun konteks; memberi input yang sebanyak-banyak kepada peserta didik (topik, gramatikal, struktur teks)
- pemodelan teks; belajar gramatikal, struktur teks dan wacana dalam teks, contoh
- membangun teks secara bersama-sama; mendapatkan bimbingan dari guru atau sesama
- membangun teks secara mandiri;
4. CP Bahasa Arab
Komponen dalam BA:
- komponen kemahiran (mahiro lughawiyah) berbahasa (anashirnya: menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, mempresentasikan (sesuai kebutuhan/tartib wadhifi)
- komponen unsur bahasa (sistem bunyi, kosa kata, pola kalimat/gramatika
- komponen tema/topik (tema/topik pembelajaran yang mengandung unsur budaya lokal, religi, internasional)
- komponen ungkapan komunikatif (ungkapan untuk melakukan tindak tutur dalam bahasa target_
Elemen CP: 6 kompetensi/ maharoh yaitu
- menyimak; kemampuan memahami mengidentifikasi dan menginterpretasikan fakta, ide poko, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat
- berbicara; kemampuan menyampaikan pesan singkat, mengajukan pertanyaan, menyajikan pendapat dengan tepat, fasih, terampil, efisien dan efektif sesuai budaya terget
- membaca (maharatul musyahadah); kemampuan memahami, menginterpretasi dan menentukan
- memirsa; kemampuan memperhatikan, memahami, menggunakan, menganalisis dan menginterpretasi
- menulis; kemampuan menuliskan kata dan ungkapan, menyampaikan pesan, menkomunikasikan fakta dan ide dalam kalimat
- mempresentasikan; mengkritisi dan mengevaluasi
5. Fase Pembelajaran Bahasa Arab
Pada kurikulum lama pembedaan fase itu pada topik, sedangkan pembedaan pembedaan itu melekat pada topik dan juga pada level kemahiran (maharoh/skill)
Contoh pada Elemen Menyimak.
- Fase A= mendengarkan secara intensif, peserta didik mampu mendengarkan komponen bahasa seperti fonem, kata, intonasi, penanda wacana
- Fase B= mendengarkan secara responsif, peserta didik mampu memahami perintah, sapaan dan pertanyaan
- fase C= mendengarkan secara kritis, peserta didik mampu memahami ide pokok dan membuat tanggapan sederhana
Menentukan TP BA yaitu memperhatikan
- struktur gramatikal
- konten topik
- keterampilan dan level
Tidak ada komentar:
Posting Komentar