4 Tahapan Pengembangan KOM :
1. memahami garis besar kurikulum
2. memahami pembelajarna dan assesmen
3- memahami pengembangan KOM
4- pengemangan project pelajaran pancasila dan pelajar rahmatan lil alamin
KOM Kurikulum operasional madrasah adalah rencana proses belajar yang diselanggarakan di madrasah sebagai pedoman menyeluruh penyelenggaraan pembelajaran
Prinsip-prinsip pengembangan KOM
1. Berprinsip berpusat pada peserta didik = keragaman potensi peserta didik
2. Kontekstual= menunjukkan kekhasan madrasah, konteks sosial budaya dan lingkungan
3. Essensial= memuat seluruh informasi paling penting, bahasanya lugas dan ringkas, mudah dipahami
4. Akuntabel= dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data aktual
5. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan (stake holder)
6. Pemerataan dan peningkatan mutu
Komponen-komponen dalam KOM
1. analisis karakteristik madrasah
2. visi misi dan tujuan
3. pengorganisasian pembelajaran
4. perencanaan pembelajaran
Penyusunan KOM bersifat tetap dan fleksibel
1.Tetap = mengikuti kerangka dasar kurikulum yang ditetapkan pemerintah (kurikulum merdeka)
2.Fleksibel = memperhatikan karakteristik dan kebutuhan madrasah
Langkap-langkah Penyusunan KOM:
1. Menganalisis konteks karakteristik madrasah (jangka panjang=4-5 tahun)
2. meninjau visi misi tujuan (jangka panjang=4-5 tahun)
3. meninjau pengorganisasian pembelajaran
4. menyusun rencana pembelajaran
5. merancang evaluasi pendampingan pengembangan profesional
Evaluasi jangka panjang point 1-2
Evaluasi jangka pendek 3-5
Komponen KOM:
1. Analisis karakteristik madrasah= gambaran keunikan madrasah, mulai dari peserta didik, tenaga pendidik, kependidikan, sarana prasarana, kemitraan, sumber daya sampai lingkungan sosial budaya
Pilihan cara mengumpulkan informasi ttg karakteristik madrasah:
a. kuesioner
b. wawancara
c. diskusi kelompok terpumpun/FGD
d. observasi
e. rapor pendidikan atau evaluasi diri madrasah
Beberapa pilihan teknik analisis karakteristik madrasah:
a. analisis kekuatan dan perbaikan madrasah dalam perencanaan dan pengelolaan pembelajaran, pilihan internal madrasah sendiri
b. mempertimbangkan sudut pandang peserta didik
c. mempertimbangkan sudut pandang peserta didik dan orang tua
d. mempetimbangkan sudut pandang kebijakan daerah nasional dan pemangku kepentingan
Contoh analisis karakteristik madrasah adalah dengan ANALISIS SWOT
- kekuatan-strength
- kelemahan-weakness
- peluang-opportunity
- tantangan
2. VISI, MISI dan TUJUAN
visi = cita-cita warga madrasah pada masa mendatang
misi = pernyataan bagaimana madrasah mencapai visi
tujuan = gambaran dari hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu
Beberapa pilihan cara meninjau/menyusun visi misi tujuan:
a. menggunakan visi misi tujuan yang sudah ada
b. meninjau ulang visi misi tujuan sesuai kondisi internal madrasah
c. meninjau ulang visi misi tujuan disesuaikan dengan kondisi lingkungan internal eksternal madrah, aspirasi peserta didik dan orang tua
d. mempertimbangkan sudut pandang/masukan dari seluruh stake holder madrasah
Dalam menyusun tujuan, mempertimbangkan PRINSIP SMART"
- Spesific, dengan bahasa yang jelas
- Measurable, bisa diukur kemajuannya
- Achievable= realistis dan bisa tercapat
- Relevan = sesuai target
- Time Base - ada waktunya
3. PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN , ada 3 komponennya yaitu:
a. Intrakurikuler = muatan mata pelajaran dan mmuatan tambahan jika ada (muatan lokal)
b. Kokurikuler = project penguasan profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin, komponen ini dapat diintegrasikan dengan intrakurikuler dan ekstrakurikuler
c. ekstrakurikuler = kegiatan kurikuler yang dilakukan di luar jam belajar
Pendekatan-pendekatan dalam Pengorganisasian Pembelajaran:
1. pendekatan mata pelajaran; setiap pembelajaran dilakukan secara terpisah antara satu mapel dengan mapel lainnya
2. pendekatan tematik, disusun berdasar tema
3. pendekatan terintegrasi = konsep-konsep mapel diajarkan secara kolaboratif oleh team teaching guru
4. pendekatan bergantian dengan blok-blok waktu dengan macam pengelompokan, contoh mengajarkan muatan IPA atau IPS ...
4. PERENCANAAN PEMBELAJARAN, meliputi:
a. ruang lingkup madrasah, yaitu penyusunan alur tujuan pembelajaran (silabus) ATP (lama: silabus);
b. ruang lingkup kelas yaitu - penyusunan modul ajar atau RPP
Didalam dokumen KOM , keduanya cukup dilampirkan contohnya saja
Bagaimana mengevaluasi KOM ada dua aspek yang dievaluasi yaitu:
- aspek evaluasi pembelajaran, bertujuan mengukur keberhasilan pendidik dalam memfasilitasi pembelajaran
- aspek evaluasi kurikulum, bertujuan mengukur keberhasilan kepala madrasan dan pendidik dalam menjalankan seluruh program pendidikan
SUMBER INFORMASI dalam meninjau ulang pembelajaran dan kurikulum operasioanal
1 hasil asesmen siswa per unit
2. artefak siswa, projek siswa, portofolio siswa, pameran karya, pertunjukan
3. survei lulusan
4. refleksi proses belajar oleh pendidik
5. observasi kepala madrasah
6. rapor madrasah atau evaluasi diri madrasah
KEPALA MADRASAH DAN PENGAWAS melakukan pendampingan dan pengembangan profesional
1. Coaching, proses pendmpingan untuk mencapai tujuan dengan menggali pemikiran pendidik thd masalah
2. Mentoring, berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk mengatasi suatu kendala
3. Pelatihan, menguatkan pengetahuan dan keterampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar