Jumat, 10 Februari 2023

Simetri Lipat dan Simetri Putar

Simetri lipat adalah banyaknya jumlah lipatan yang bisa membagi bangun datar tersebut menjadi setengah bagian yang bisa menutupi setengah bagian yang lain dengan sama besar.

Singkatnya, simetri lipat adalah jumlah lipatan yang terdapat pada bangun datar ketika dilipat menjadi 2 bagian sama besar dari ukuran aslinya. Coba bayangkan sebuah kertas lipat berbentuk persegi atau bujur sangkar. Kertas lipat berbentuk persegi ini memiliki 4 sisi sama panjang.

Lalu, lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar, maka ukurannya akan menjadi setengah lebih kecil dari ukuran semula. Inilah yang dinamakan simetri lipat pada bangun datar. Hanya saja, tidak semua bangun datar bisa dilipat menjadi dua bagian sama besar.

Ciri-Ciri Simetri Lipat

Tentu saja terdapat beberapa ciri-ciri tertentu yang dimiliki oleh sebuah bangun datar. Secara garis besar, terdapat ciri-ciri simetri lipat yang perlu kamu pelajari dan mengingatnya.

  1. Lipatan saling menutupi: Jika bangun datar dilipat, maka antara lipatan yang satu dengan lipatan yang lain akan saling menutupi dengan pas.
  2. Membagi bangun datar menjadi dua bagian yang sama: Simetri lipat akan membagi bangun datar tersebut menjadi dua bagian yang sama, baik bentuk maupun ukurannya.
  3. Memiliki sebuah sumbu simetri: Sumbu simetri adalah sebuah garis yang bisa membagi suatu bangun datar menjadi dua dengan sama besar.

Perbedaan Simetri Lipat dan Simetri Putar

Selain simetri lipat, dalam bangun datar juga terdapat simetri putar.. Secara sederhana, simetri putar bisa diartikan menjadi putaran yang bisa dihasilkan oleh sebuah bangun datar yang akan membentuk sebuah pola perputaran yang sama, baik ukuran dan bentuknya pada saat sebelum diputar hingga kembali ke posisi awalnya.

Dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan bahwa simetri lipat adalah lipatan yang bisa dihasilkan oleh bangun datar yang akan membagi bangun datar menjadi dua bagian yang sama besar dan sama bentuknya.

Sedangkan simetri putar adalah banyaknya putaran yang bisa dihasilkan bangun datar yang dibantu dengan sebuah titik sumbu putar yang terletak di tengahnya.

- Persegi memiliki 4 simetri lipat.

- Persegi panjang memiliki 2 simetri lipat.

- Segitiga sama sisi memiliki 3 simetri lipat.

- Segitiga sama kaki memiliki 1 simetri lipat.

- Segitiga siku siku sama kaki memiliki 1 simetri lipat.

- Segitiga siku-siku bukan sama kaki tidak memiliki simetri lipat.

- Segitiga sembarang tidak memiliki simetri lipat.

- Jajar genjang tidak memiliki simetri lipat.

- Lingkaran memiliki simetri lipat tidak terhingga.

- Trapesium sama kaki memiliki 1 simetri lipat.

- Trapesium siku-siku tidak memiliki simetri lipat.

- Trapesium sembarang tidak memiliki simetri lipat.

- Layang layang memiliki 1 simetri lipat.

- Belah ketupat memiliki 2 simetri lipat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar