Minggu, 20 September 2020

Kandungan Gizi Makanan

Tubuh manusia membutuhkan berbagai jenis zat makanan.- Di dalam tubuh, zat-zat I makanan berfungsi untuk memberi energi, mengatur proses tubuh, pertumbuhan, dan mengganti sel-sel yang rusak. Beberapa zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh, antara lain sebagai berikut. 


1. Karbohidrat





Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi, memberi rasa manis pada makanan, menghemat penggunaan protein, mengatur metabolisme lemak, dan membantu pengeluaran feses. Biasanya, karbohidrat tersimpan di dalam berbagai bahan makanan pokok manusia, seperti padi, jagung, gandum, ubi, singkong, dan sagu. Selain itu, ditemukan juga dalam bentuk makanan olahan, seperti mi, selai, sirop, roti, dan tepung-tepungan.

2. Protein

Protein merupakan bagian terbesar tubuh setelah air. Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, mengatur keseimbangan air, memelihara netralitas J tubuh, membentuk antibodi, mengangkut zat-zat gizi, dan sumber energi. Protein dapat berasal dari hewan (protein hewani) dan tumbuhan (protein nabati). Sumber protein hewani antara lain telur, susu, daging, ikan, dan kerang. Sumber protein nabati antara lain kacang-kacangan, terutama kacang kedelai, jagung, dan sayuran.

3. Lemak


Lemak merupakan senyawa organik yang tidak dapat larut di dalam air. Lemak sederhana meliputi lemak daging hewan dan minyak. Lemak dapat berasal dari tumbuhan (lemak nabati) dan hewan (lemak hewani). Lemak nabati meliputi minyak kelapa, kelapa sawit, kacang tanah, kacang kedelai, jagung, dan buah avokad. Lemak hewani, antara lain daging, susu, mentega, krim, keju, dan kuning telur.

4. Vitamin
Vita|&ih merupakan senyawa organik kompleks esensial yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Berdasarkan sifat kelarutannya, vitamin dapat dibedakan atas dua kelompok, yaitu vitamin larut dalam lemak dan vitamin larut dalam air. Vitamin terdiri atas vitamin A B, C, D, E, dan K.






5. Mineral
Mineral merupakan senyawa anorganik yang diperlukan dalam pemeliharaan fungsi tubuh. Mineral dibagi menjadi dua jenis, yaitu mineral mikro dan mineral makro. Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg per hari. Adapun mineral mikro adalah mineral yang dibutuhkan kurang dari 100 mg.



6. Air
Air atau cairan tubuh merupakan bagian utama tubuh. Pada umumnya, kandungan air dalam tubuh orang dewasa berkisar antara 50% hingga 70% berat badan. Sementara itu, kandungan air pada bayi baru lahir adalah 75% berat badan.

7. Zat aditif
Zat aditif merupakan zat tambahan yang diberikan pada sejumlah makanan dan minuman. Zat aditif dapat berupa bahan pewarna, penyedap, pemanis, dan pengawet. Zat aditif dapat dikelompokkan atas zat aditif alami dan zat aditif buatan. Zat aditif selain membuat awet dan enak rasa makanan juga pada sisi lain berbahaya bagi tubuh. Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk menunjukkan bahayanya zat aditif bagi tubuh.


Jawablah soal-soal di bawahi ini dengan menulis jawabannya di LKS Tema 3.
1.  Apa saja yang termasuk dalam protein hewani?
2.  Apa fungsi dari zat-zat makanan?
3.  Sebutkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat!
4.  Sebutkan contoh dari lemak nabati!
5.  Apa fungsi mineral bagi tubuh kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar