Senin, 21 September 2020

Membuat Iklan Sederhana

Kita dapat menyusun iklan sederhana dengan memperhatikan unsur-unsurnya. Iklan sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik. Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi penting
4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

Selain ciri-ciri di atas, kita juga harus memperhatikan syarat-syarat penyusunan iklan yang baik, antara lain sebagai berikut.
1. Objektif dan jujur.
2 Jelas dan mudah dipahami.
3. Tidak menyinggung pihak lain.
4. Menarik perhatian orang banyak.

Iklan media cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak, seperti koran, majalah, tabloid, dan sebagainya. Media cetak adalah suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Media ini terdiri atas lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar, atau foto dengan tata warna dan halaman putih. 

Iklan media cetak yang baik memiliki karakteristik sebagai berikut.
1. Tergolong praktis dan cepat dengan harga terjangkau.
2. Daya jangkau dan edaran surat kabar hingga ke pelosok.
3. Peranan jenis huruf, ukuran, dan tata letak ikut menentukan keberhasilan iklan.
4. Dapat bertahan, tidak satu kali lalu habis.

Di bawah ini contoh iklan media cetak tentang makanan sehat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar