Kita dapat menyusun iklan sederhana dengan memperhatikan unsur-unsurnya. Iklan sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik. Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi penting.
4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.
1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi penting.
4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.
Selain ciri-ciri di atas, kita juga harus memperhatikan syarat-syarat penyusunan iklan yang baik, antara lain sebagai berikut.
1. Objektif dan jujur.
2. Jelas dan mudah dipahami.
3. Tidak menyinggung pihak lain.
4. Menarik perhatian orang banyak.
1. Objektif dan jujur.
2. Jelas dan mudah dipahami.
3. Tidak menyinggung pihak lain.
4. Menarik perhatian orang banyak.
Iklan media cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak, seperti koran, majalah, tabloid, dan sebagainya. Media cetak adalah suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Media ini terdiri atas lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar, atau foto dengan tata warna dan halaman putih.
Iklan media cetak yang baik memiliki karakteristik sebagai berikut.
1. Tergolong praktis dan cepat dengan harga terjangkau.
2. Daya jangkau dan edaran surat kabar hingga ke pelosok.
3. Peranan jenis huruf, ukuran, dan tata letak ikut menentukan keberhasilan iklan.
4. Dapat bertahan, tidak satu kali lalu habis.
Di bawah ini contoh iklan media cetak tentang makanan sehat.
Iklan adalah berbagai bentuk pesan tentang suatu produk barang/jasa. Iklan dapat disampaikan lewat berbagai media, baik cetak maupun elektronik, dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Tujuan dari pembuatan iklan, antara lain sebagai berikut.
1. Menciptakan pengenalan merek dan perusahaan.
2. Mendorong konsumen untuk mencoba barang maupun jasa yang ditawarkan.
3. Mendukung terjadinya pembelian ulang.
4. Menginformasikan keistimewaan barang atau jasa baru.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat merancang iklan media elektronik. Dalam merancang jklan media elektronik harus memperhatikan unsur-unsurnya dengan baik serta menggunakan bahasa yang menarik.
TUGAS SISWA
Silahkan disalin 5 (lima) soal di bawah ini ke buku tulis tematik
Silahkan disalin 5 (lima) soal di bawah ini ke buku tulis tematik
1. Jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak disebut
a. iklan masyarakat
b. iklan media cetak
c. iklan media elektronik
d. iklan layanan pubiik
2. Berikut termasuk jenis iklan media cetak, kecuali....
a. koran
c. majalah
b. tabloid
d. televisi
3. Perhatikan gambar iklan berikut!
Salah satu keunggulan iklan tersebut adalah....
a. menggunakan MSG
b. menggunakan bahan kimia
c. rasanya pahit
d. sehat dan enak
4. Berikut termasuk ciri-ciri bahasa iklan, kequali....
a. menarik
b. tepat
c. panjang
d. logis
Iklan terbagi menjadi dua jenis, yaitu .. dan....
a. media cetak dan non cetak
b. media tulis dan elektronik
c. media cetak dan elektronik
d. medoa elektronik dan non elektronik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar