Rabu, 23 September 2020

Berbagai Upacara Adat

 Salah satu keragaman sosial budaya Indonesia yang masih dipertahankan hingga saat j ini adalah keragaman adat dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Adat istiadat adalah tata jj kelakuan yang kekal dan turun-temurun dari generasi ke generasi sebagai warisan, sehingga I kuat integrasinya dengan pola perilaku masyarakat.

Keragaman adat dan kebiasaan masyarakat Indonesia meliputi sistem nilai, pandangan hidup, dan ideologi. Contoh keragaman dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang masih ada hingga saat ini adalah upacara adat. Upacara adat adalah upacara yang berhubungan dengan adat istiadat atau tradisi masyarakat. Upacara adat berkaitan erat dengan kepercayaan suatu masyarakat. Upacara adat dapat dilakukan secara sederhana maupun mewah dengan biaya yang sangat besar. Contoh upacara adat adalah Upacara Kasodo (Suku Tengger, Jawa Timur), Upacara Lompat Batu (Suku Nias), Upacara Grebeg Suro (Jawa Tengah), dan Iain-Iain.

Saat ini sudah banyak masyarakat yang tidak melakukan upacara adat. Hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya pemikiran, agama, dan kepercayaan. Selain itu, masyarakat lebih memilih hal-hal yang praktis dan cepat karena upacara adat dianggap terlalu lama dan bertele-tele.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar