Minggu, 06 September 2020

Faktor Keragaman Suku Bangsa di Indonesia



Indonesia adalah negara yang besar. Indonesia terdiri atas 34 provinsi dengan ribuan pulau yang ada di dalamnya. Luas dan besarnya wilayah Indonesia berpengaruh terhadap banyaknya keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang memiliki banyak perbedaan dalam berbagai bidang di Indonesia. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, dan ekonomi. Keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

Keragaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor alam, diri sendiri, dan masyarakat. Beberapa faktor penyebab keragaman sósial budaya yang terjadi pada masyarakat Indonesia, seperti perbedaan ras, lingkungan geografis, latar belakang sejarah, perkembangan daerah, perbedaan agama atau kepercayaan, dan kemampuan beradaptasi.

Secara umum keragaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh faktor-faktor berikut.1. Letak strategis wilayah IndonesiaCoba kalian amati letak geografis Indonesia dalam peta dunia. Letak Indonesia yang strategis, yaitu di antara dua Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta dua benua, yaitu Asia dan Australia mengakibatkan wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional. 

Lalu lintas perdagangan tidak hanya membawa komoditas dagang, tetapi juga kebudayaan yang telah memengaruhi kebudayaan Indonesia. Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras, kemudian menetap di Indonesia mengakibatkan perbedaan ras. Juga agama dan kepercayaan mereka.

2. Kondisi negara kepulauanNegara Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau yang secara fisik terpisah-pisah. Keadaan ini menghambat hubungan antarmasyarakat Indonesia dari pulau yang berbeda-beda. Setiap masyarakat di kepulauan mengembangkan budaya mereka masing-masing, sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungan masing-masing. Hal ini mengakibatkan perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, peran laki-laki dan perempuan, dan kepercayaan atau agama di Indonesia.

3. Perbedaan kondisi alamKondisi alam yang berbeda seperti daerah pantai, pegunungan, daerah subur, padangrumput, pegunungan, dataran rendah, rawa, laut mengakibatkan perbedaan masyarakat. Juga kondisi kekayaan alam, tanaman yang dapat tumbuh, dan hewan yang hidup di sekitarnya. Masyarakat di daerah pantai berbeda dengan masyarakat pegunungan, seperti perbedaan bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, bahkan kepercayaan.

4. Keadaan transportasi dan komunikasiKemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga memengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Keberadaan sarana ini mempermudah masyarakat di satu tempat berhubungan dengan masyarakat di tempat lain yang berjauhan. Sebaliknya, sarana yang terbatas juga menjadi penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan Sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Ada masyarakat yang mudah menerima orang asing atau budaya lain, seperti masyarakat perkotaan. Namun, ada juga sebagian masyarakat yang tetap bertahan pada budaya sendiri, tidak mau menerima budaya luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar