Minggu, 13 September 2020

Keragaman Sosial Budaya Bangsa Indonesia

Keragaman bangsa Indonesia dapat dibentuk oleh banyaknya jumlah suku bangsa yang tersebar di wilayah Indonesia. Keragaman yang ada pada masyarakat bisa menjadi kekayaan bangsa Indonesia dan potensi bangsa. 

Namun, keragaman juga bisa menjadi tantangan karena setiap orang yang memiliki perbedaan-perbedaan cara pandang. Sebagai warga Indonesia yang baik, kita harus berusaha untuk mewujudkan kerukunan dan saling menghormati keragaman sosial budaya yang ada di Indonesia.

Beberapa keragaman sosial budaya yang ada di Indonesia, antara lain sebagai berikut.

1. Keragaman Suku Bangsa
Keragaman Suku Bangsa di Indonesia | laksmibudirinjani

Suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan dari golongan sosial lainnya karena memiliki ciri paling mendasar dan umum yang berkaitan dengan asal usul dan tempat asal serta kebudayaannya. Ciri suku bangsa, antara lain bersifat tertutup dari kelompok lain, . memiliki nilai-nilai dasaryang tercermin dalam kebudayaan, memiliki komunikasi dan interaksi. Suku bangsa yang ada di Indonesia, seperti suku Jawa (Pulau Jawa), Batak dan Nias (Sumatra Utara), Minangkabau (Sumatra Barat), dan Sunda (Jawa Barat).

2. Keragaman Bahasa
Keistimewaan Dialek dan Logat Daerah dalam Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan alat yang digunakan manusia untuk berkomunikasi, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan. Fungsi bahasa secara umum adalah alat berekspresi, komunikasi, dan adaptasi sosial. Contoh keragaman bahasa yang terdapat di Indonesia, antara lain bahasa Aceh (Aceh), Minangkabau (Sumatra Barat), Betawi (DKI Jakarta), dan Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI. Yogyakarta).

3. Keragaman Rumah Adat
KERAGAMAN SUKU INDONESIA: RUMAH ADAT TRADISIONAL INDONESIA

Setiap suku di Indonesia memiliki rumah adat yang berbeda dengan suku yang lainnya. Seperti rumah adat Gadang (Sumatra Barat), Lamin (Kalimantan Timur), Tongkonan (Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat), Natar (Bali), Panggung (Jambi), dan Honai (Papua).

4.  Keragaman Pakaian Tradisional
34 Nama Rumah Adat ,Pakaian,Tarian Adat dan Senjata Tradisional di Provinsi  Indonesia Lengkap – Pelajaran Sekolah Online

Pakaian tradisional atau pakaian adat dipakai pada acara khusus. Contoh pakaian adat antara lain baju surjan dan blangkon (Yogyakarta), ulos dan sabe-sabe (Sumatra Utara).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar