SUPERVISI AKADEMIK
GURU
MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI) AL-BURUJ
TAHUN 2014-2015
Nama
Guru :
Mata
Pelajaran :
Kelas/Semester
:
Tema/Topik
:
Hari
:
Tanggal
:
Jumlah
Siswa : ...... orang,
Hadir
: …….... Orang
Tidak
hadir : .......... Orang
No
|
Kegiatan/Kondisi
|
Skor
|
Catatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
I
|
PERSIAPAN
|
|||||
1.
|
Program
Tahunan
|
|||||
2.
|
Program
Semester
|
|||||
3.
|
Silabus
dan Sistem Penilaian
|
|||||
4.
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
|||||
5.
|
Buku
Daftar Nilai
|
|||||
Jumlah
Skor Persiapan
|
||||||
II.
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
|||||
A.
|
PENDAHULUAN
|
|||||
1.
|
Memeriksa
kesiapan siswa
|
|||||
2.
|
Kesiapan
alat bantu danmedia pembelajaran
|
|||||
3.
|
Memberikan
apersepsi dan motivasi
|
|||||
4.
|
Memberitahukan
Kompetensi Dasar dan Topik Pembelajaran
|
|||||
5.
|
Kesiapan
bahan ajar
|
|||||
Jumlah
Skor Pendahuluan
|
||||||
B.
|
KEGIATAN
POKOK
|
|||||
B1
|
Peguasaan
Materi Pembelajaran
|
|||||
1.
|
Menguasai
materi pembelajaran
|
|||||
2.
|
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan
|
|||||
3.
|
Menyampaikan
materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar
|
|||||
4.
|
Mengaitkan
materi dengan realitas kehidupan
|
|||||
B2
|
Pendekatan/Stategi
Pembelajaran
|
|||||
1.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
|
|||||
2.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
|||||
3.
|
Menguasai
kelas/pengelolaan kelas
|
|||||
4.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara kontektual
|
|||||
5.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembang kan bakat, minat,
prakarsa, kemandirian
|
|||||
6.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia
|
|||||
B3
|
Pemanfaatan
sumber belajar / media pembelajaran
|
|||||
1.
|
Menggunakan
media secara efektif dan efisien
|
|||||
2.
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
|||||
3.
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
|||||
B4
|
Pembelajaran
yang memacu keterlibatan siswa
|
|||||
1.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
|||||
2.
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
|
|||||
3.
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusias siswa dalam belajar
|
|||||
B5
|
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
|
|||||
1.
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses pembelajaran
|
|||||
2.
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
|
|||||
B6
|
Penggunaan
Bahasa
|
|||||
1.
|
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
|
|||||
2.
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
|||||
Jumlah
skor Kegiatan Pokok
|
||||||
C.
|
PENUTUP
|
|||||
1.
|
Melakukan
refleksi
|
|||||
2.
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian dari remidial dan pengayaan
|
|||||
3.
|
Memberikan
tencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
|||||
Jumlah
skor Penutup
|
||||||
Skor
Total (ST)
|
Perolehan
Nilai = (ST / 132 ) X 100
Rentang Nilai
|
Deskripsi
|
Predikat
|
86 - 100
|
Sangat Baik
|
A
|
71 - 85
|
Baik
|
B
|
56 - 70
|
Cukup
|
C
|
< 56
|
Kurang
|
D
|
Keterangan
:
Kesan
Umum :
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
Saran
:
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
Supervisor
Jakarta,
Guru
………..………………….
Mengetahui
Kepala
MI Al-Buruj
M.
Hadi Soeratno
Tidak ada komentar:
Posting Komentar