Sabtu, 18 Februari 2017

Instrumen Supervisi Akademik (Contoh 2)

SUPERVISI AKADEMIK GURU
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-BURUJ
TAHUN 2014-2015


Nama Guru          :
Mata Pelajaran     :
Kelas/Semester     :                  
Tema/Topik         :
Hari                     :              
Tanggal                :
Jumlah Siswa       : ...... orang,                                                             
Hadir                   : …….... Orang
Tidak hadir          : .......... Orang

No
Kegiatan/Kondisi
Skor
Catatan
1
2
3
4
I
PERSIAPAN
1.
Program Tahunan
2.
Program Semester
3.
Silabus dan Sistem Penilaian
4.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
5.
Buku Daftar Nilai
Jumlah Skor Persiapan 
II.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.
PENDAHULUAN
1.
Memeriksa kesiapan siswa
2.
Kesiapan alat bantu danmedia pembelajaran
3.
Memberikan apersepsi dan motivasi
4.
Memberitahukan Kompetensi Dasar dan Topik Pembelajaran
5.
Kesiapan bahan ajar
Jumlah Skor Pendahuluan 
B.
KEGIATAN POKOK
B1
Peguasaan Materi Pembelajaran
1.
Menguasai materi pembelajaran
2.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
3.
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar
4.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
B2
Pendekatan/Stategi Pembelajaran
1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
2.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
3.
Menguasai kelas/pengelolaan kelas
4.
Melaksanakan pembelajaran secara kontektual
5.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembang kan bakat, minat, prakarsa, kemandirian
6.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia
B3
Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran
1.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
2.
Menghasilkan pesan yang menarik
3.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
B4
Pembelajaran yang memacu keterlibatan siswa
1.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran 
2.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
3.
Menumbuhkan keceriaan dan antusias siswa dalam belajar
B5
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Memantau kemajuan belajar selama proses pembelajaran
2.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
B6
Penggunaan Bahasa
1.
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
2.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
Jumlah skor Kegiatan Pokok 
C.
PENUTUP
1.
Melakukan refleksi
2.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian dari remidial dan pengayaan
3.
Memberikan tencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Jumlah skor Penutup 
Skor Total (ST)
           
Perolehan Nilai = (ST / 132 ) X 100
Rentang Nilai
Deskripsi
Predikat
86 - 100
Sangat Baik
A
71 - 85
Baik
B
56 - 70
Cukup
C
< 56
Kurang
D








Keterangan :   

Kesan Umum :
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………

Saran :
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………


Supervisor                                 Jakarta,
Guru



………..………………….       
Mengetahui
Kepala MI Al-Buruj


M. Hadi Soeratno                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar