INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
1. Nama Madrasah : MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-BURUJ
2. Nama Guru :
3. Mata Pelajaran :
4. Kelas / Semester :
5. Hari/ Tanggal/ Jam Ke :
6. Kompetensi Dasar/ :
Indikator
7. Tema / Topik :
8. Jumlah siswa : ………o r a n g , hadir : ….. orang
tidak hadir : …. orang
No
|
Aspek yang diamati
|
Ya
|
Tidak ada
|
Ket
| |
Baik
|
Perlu diperbaiki
| ||||
I
|
I PERSIAPAN
| ||||
1
|
Program Tahunan
| ||||
2
|
Program Semester
| ||||
3
|
Silabus
| ||||
4
|
KKM untuk KD yang dibahas
| ||||
5
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
| ||||
6
|
Buku nilai memuat semua tagihan yang telah dilaksanakan
| ||||
JUMLAH I
| |||||
II
|
II KEGIATAN PEMBELAJARAN
| ||||
A
|
A PENDAHULUAN
| ||||
1
|
Kesiapan alat bantu & media pembelajaran
| ||||
2
|
Motivasi
| ||||
3
|
Apersepsi
| ||||
4
|
Kejelasan kompetensi dasar / indikator
| ||||
5
|
Kesiapan bahan ajar
| ||||
JUMLAH II A
| |||||
......
| |||||
B
|
B KEGIATAN POKOK
| ||||
1
|
Penguasaan materi
| ||||
2
|
Pengelolaan kelas
| ||||
3
|
Pengelolaan waktu
| ||||
4
|
Metode/ pendekatan yang bervariasi
| ||||
5
|
Penggunaan alat bantu/media pembelajaran
| ||||
6
|
Peran guru sebagai fasilitator/bimbingan yang diberikan kepada peserta didik
| ||||
7
|
Teknik bertanya
| ||||
8
|
Penggunaan papan tulis/ white board
| ||||
9
|
Interaksi guru – peserta didik
| ||||
10
|
Interaksi antarpeserta didik
| ||||
11
|
Aktivitas peserta didik:
| ||||
a
|
menggali informasi dari berbagai sumber
| ||||
b
|
mengolah informasi/data
| ||||
c
|
melakukan penelitian / memecahkan masalah
| ||||
d
|
berkomunikasi lisan/tertulis (mempresentasi-kan hasil/pidato/mengarang, dsb)
| ||||
e
|
mengajukan pertanyaan yang berbobot/ide kreatif
| ||||
f
|
menghubungkan materi pembelajaran dengan budi pekerti / teknologi / kehidupan sehari-hari / lingkungan
| ||||
g
|
mengambil keputusan/menarik kesimpulan
| ||||
12
|
Sikap/ minat peserta didik dalam pembelajaran:
| ||||
a
|
kehadiran
| ||||
b
|
membawa buku pelajaran yang relevan
| ||||
c
|
buku catatan rapi
| ||||
13
|
Pencapaian kompetensi dasar dan atau inikator
| ||||
JUMLAH II B
| |||||
C PENUTUP
| |||||
1
|
Siswa membuat rangkuman/kesimpulan dibimbing guru
| ||||
2
|
Membersihkan alat/bahan yang selesai digunakan
| ||||
3
|
Tugas untuk pertemuan berikutnya
| ||||
JUMLAH II C
| |||||
JUMLAH “Ya” (ada , baik) SELURUHNYA
| |||||
KUALIFIKASI
|
Catatan :
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
Mengetahui, Jakarta, …………………………….....
Kepala MI Al-Buruj Supervisor
M. Hadi Soeratno …………………………….
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar