Sabtu, 18 Februari 2017

Instrumen Supervisi Akademik (Contoh 1)

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK

1. Nama Madrasah                   : MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-BURUJ
2. Nama Guru                          :
3. Mata Pelajaran                     :
4. Kelas / Semester                  :
5. Hari/ Tanggal/ Jam Ke         :
6. Kompetensi Dasar/             :
    Indikator                                         
                                     
7. Tema / Topik                       :
8. Jumlah siswa                       :   ………o r a n g ,      hadir                :   ….. orang
tidak hadir       :   …. orang

No
Aspek yang diamati
Ya
Tidak ada
Ket
Baik
Perlu diperbaiki
I
I PERSIAPAN




1
Program Tahunan




2
Program Semester




3
Silabus




4
KKM untuk KD yang dibahas




5
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran




6
Buku nilai memuat semua tagihan yang telah dilaksanakan





JUMLAH I









II
II KEGIATAN PEMBELAJARAN




A
A PENDAHULUAN




1
Kesiapan alat bantu & media pembelajaran




2
Motivasi




3
Apersepsi




4
Kejelasan kompetensi dasar / indikator




5
Kesiapan bahan ajar





JUMLAH II A





......




B
B KEGIATAN POKOK




1
Penguasaan materi




2
Pengelolaan kelas




3
Pengelolaan waktu




4
Metode/ pendekatan yang bervariasi




5
Penggunaan alat bantu/media pembelajaran




6
Peran guru sebagai fasilitator/bimbingan yang diberikan kepada peserta didik




7
Teknik bertanya




8
Penggunaan papan tulis/ white board




9
Interaksi guru – peserta didik




10
 Interaksi antarpeserta didik




11
 Aktivitas peserta didik:




a
menggali informasi dari berbagai sumber




b
mengolah informasi/data




c
melakukan penelitian / memecahkan masalah




d
berkomunikasi lisan/tertulis (mempresentasi-kan hasil/pidato/mengarang, dsb)




e
mengajukan pertanyaan yang berbobot/ide kreatif




f
menghubungkan materi pembelajaran dengan budi pekerti / teknologi / kehidupan sehari-hari / lingkungan




g
mengambil keputusan/menarik kesimpulan




12
Sikap/ minat peserta didik dalam pembelajaran:




a
kehadiran




b
membawa buku pelajaran yang relevan




c
buku catatan rapi




13
Pencapaian kompetensi dasar dan atau inikator





JUMLAH II B





C PENUTUP




1
Siswa membuat rangkuman/kesimpulan dibimbing guru
2
Membersihkan alat/bahan yang selesai digunakan
3
Tugas untuk pertemuan berikutnya
JUMLAH II C
JUMLAH  “Ya”   (ada , baik)  SELURUHNYA

KUALIFIKASI





Catatan :  
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..
……………………………………………………………..



Mengetahui,                                                                                           Jakarta, …………………………….....
Kepala MI Al-Buruj                                                                               Supervisor



M. Hadi Soeratno                                                                                  …………………………….        
NIP.                                                                                                           NIP.                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar