PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR
12 TAHUN 2007
TENTANG
STANDAR
PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
Menimbang : bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 39 ayat (3) Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu
menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pengawas
Sekolah/Madrasah;
Mengingat
|
:
|
1. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang
|
|||
Standar Nasional
Pendidikan (Lembaran Negara
|
|||||
Republik Indonesia Tahun
2005 Nomor 41, Tambahan
|
|||||
Lembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 4496);
|
|||||
2. Peraturan
Presiden Nomor 9
Tahun 2005 tentang
|
|||||
Kedudukan, Tugas,
Fungsi, Susunan Organisasi,
dan
|
|||||
Tata Kerja
Kementerian Negara Republik
Indonesia
|
|||||
sebagaimana telah
beberapa kali diubah terakhir dengan
|
|||||
Peraturan
Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun
|
|||||
2006;
|
|||||
3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor
187/M
|
|||||
Tahun
2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia
|
|||||
Bersatu sebagaimana telah
beberapa kali diubah
|
|||||
terakhir
dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia
|
|||||
Nomor
20/P Tahun 2005;
|
|||||
MEMUTUSKAN
:
|
|||||
Menetapkan
|
:
|
PERATURAN
|
MENTERI
|
PENDIDIKAN
|
NASIONAL
|
REPUBLIK
|
INDONESIA
|
TENTANG
|
STANDAR
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
||
1.
Kompetensi
|
1.1
|
Memiliki tanggungjawab sebagai pengawas
|
Kepribadian
|
satuan pendidikan.
|
|
1.2
|
Kreatif dalam
bekerja dan memecahkan
|
|
masalah baik
yang berkaitan dengan
|
||
kehidupan pribadinya maupun tugas-tugas
|
||
jabatannya.
|
||
1.3
|
Memiliki rasa ingin tahu
akan hal-hal baru
|
|
tentang pendidikan dan
ilmu pengetahuan,
|
||
teknologi dan seni yang menunjang tugas
|
||
pokok dan
tanggungjawabnya.
|
||
1.4
|
Menumbuhkan motivasi
kerja pada dirinya
|
|
dan pada stakeholder pendidikan.
|
||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|||||||||
KOMPETENSI
|
||||||||||
2. Kompetensi
|
2.1
|
Menguasai
metode, teknik dan
prinsip-
|
||||||||
Supervisi
|
prinsip
|
supervisi
|
dalam
|
rangka
|
||||||
Manajerial
|
meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah.
|
|||||||||
2.2
|
Menyusun
|
program
|
kepengawasan
|
|||||||
berdasarkan
visi-misi-tujuan dan program
|
||||||||||
pendidikan di sekolah.
|
||||||||||
2.3
|
Menyusun metode
kerja dan instrumen
|
|||||||||
yang diperlukan untuk
melaksanakan tugas
|
||||||||||
pokok dan fungsi pengawasan di sekolah.
|
||||||||||
2.4
|
Menyusun laporan
hasil-hasil pengawasan
|
|||||||||
dan
|
menindaklanjutinya
|
untuk perbaikan
|
||||||||
program
|
pengawasan
|
berikutnya
|
di
|
|||||||
sekolah.
|
||||||||||
2.5
|
Membina
|
kepala
|
sekolah
|
dalam
|
||||||
pengelolaan
|
dan
|
administrasi
|
satuan
|
|||||||
pendidikan
|
berdasarkan
|
manajemen
|
||||||||
peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
|
||||||||||
2.6
|
Membina kepala sekolah
dan guru dalam
|
|||||||||
melaksanakan
|
bimbingan
|
konseling
|
di
|
|||||||
sekolah.
|
||||||||||
2.7
|
Mendorong guru dan kepala
sekolah dalam
|
|||||||||
merefleksikan
hasil-hasil yang dicapainya
|
||||||||||
untuk
|
menemukan
|
kelebihan
|
dan
|
|||||||
kekurangan
|
dalam
|
melaksanakan
|
tugas
|
|||||||
pokoknya di sekolah.
|
||||||||||
2.8
|
Memantau
|
pelaksanaan
|
standar nasional
|
|||||||
pendidikan dan
memanfaatkan hasil-
|
||||||||||
hasilnya
untuk membantu kepala
sekolah
|
||||||||||
dalam
mempersiapkan akreditasi sekolah.
|
||||||||||
3. Kompetensi
|
3.1
|
Memahami
konsep, prinsip, teori
dasar,
|
||||||||
Supervisi
|
karakteristik,
|
dan
|
kecenderungan
|
|||||||
Akademik
|
perkembangan tiap bidang
pengembangan
|
|||||||||
di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI.
|
||||||||||
3.2
|
Memahami
|
konsep, prinsip,
teori/teknologi,
|
||||||||
karakteristik,
|
dan
|
kecenderungan
|
||||||||
perkembangan
|
proses
|
pembelajaran/
|
||||||||
bimbingan tiap
bidang pengembangan di
|
||||||||||
TK/RA atau mata pelajaran
di SD/MI.
|
||||||||||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|||||||||
KOMPETENSI
|
||||||||||
3.3 Membimbing guru dalam menyusun silabus
|
||||||||||
tiap bidang pengembangan
di TK/RA atau
|
||||||||||
mata
pelajaran di SD/MI
berlandaskan
|
||||||||||
standar isi,
standar kompetensi dan
|
||||||||||
kompetensi
dasar, dan prinsip-prinsip
|
||||||||||
pengembangan KTSP.
|
||||||||||
3.4
|
Membimbing
|
guru
|
dalam
|
memilih
|
dan
|
|||||
menggunakan
|
strategi/metode/teknik
|
|||||||||
pembelajaran/bimbingan
|
yang
|
dapat
|
||||||||
mengembangkan berbagai
|
potensi
|
siswa
|
||||||||
melalui
bidang pengembangan di
TK/RA
|
||||||||||
atau mata pelajaran di
SD/MI.
|
||||||||||
3.5
|
Membimbing
|
guru
|
dalam
|
menyusun
|
||||||
rencana pelaksanaan
|
pembelajaran (RPP)
|
|||||||||
untuk tiap bidang
pengembangan di TK/RA
|
||||||||||
atau mata pelajaran di SD/MI.
|
||||||||||
3.6
|
Membimbing
|
guru
|
dalam
|
melaksanakan
|
||||||
kegiatan
pembelajaran/bimbingan (di kelas,
|
||||||||||
laboratorium,
dan/atau di lapangan)
untuk
|
||||||||||
mengembangkan potensi
siswa pada tiap
|
||||||||||
bidang pengembangan di TK/RA atau mata
|
||||||||||
pelajaran di SD/MI.
|
||||||||||
3.7 Membimbing
|
guru dalam
mengelola,
|
|||||||||
merawat,
|
mengembangkan
|
dan
|
||||||||
menggunakan
|
media
|
pendidikan
|
dan
|
|||||||
fasilitas
|
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
||||||||
bidang pengembangan di TK/RA atau mata
|
||||||||||
pelajaran di SD/MI.
|
||||||||||
3.8 Memotivasi
|
guru untuk
memanfaatkan
|
|||||||||
teknologi
|
informasi
|
untuk
|
pembelajaran/
|
|||||||
bimbingan tiap
bidang pengembangan di
|
||||||||||
TK/RA atau mata pelajaran SD/MI.
|
||||||||||
4.
Kompetensi
|
4.1
|
Menyusun
|
kriteria
|
dan
|
indikator
|
|||||
Evaluasi
|
keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/
|
|||||||||
Pendidikan
|
bimbingan di sekolah.
|
|||||||||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
||||||||
KOMPETENSI
|
|||||||||
4.2
|
Membimbing
|
guru
|
dalam
|
menentukan
|
|||||
aspek-aspek yang
penting dinilai dalam
|
|||||||||
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
bidang
|
|||||||
pengembangan di
TK/RA atau mata
|
|||||||||
pelajaran di SD/MI.
|
|||||||||
4.3 Menilai
kinerja
|
kepala sekolah,
guru dan
|
||||||||
staf
sekolah dalam melaksanakan tugas
|
|||||||||
pokok dan
tanggung jawabnya untuk
|
|||||||||
meningkatkan
|
mutu
|
pendidikan
|
dan
|
||||||
pembelajaran/
|
bimbingan
|
tiap
|
bidang
|
||||||
pengembangan
di TK/RA atau
mata
|
|||||||||
pelajaran di SD/MI.
|
|||||||||
4.4
|
Memantau
|
pelaksanaan
|
pembelajaran/
|
||||||
bimbingan
dan hasil belajar
siswa serta
|
|||||||||
menganalisisnya
|
untuk perbaikan
|
mutu
|
|||||||
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
bidang
|
|||||||
pengembangan di
TK/RA atau mata
|
|||||||||
pelajaran di SD/MI.
|
|||||||||
4.5 Membina
guru dalam memanfaatkan hasil
|
|||||||||
penilaian untuk perbaikan
mutu pendidikan
|
|||||||||
dan
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
bidang
|
|||||||
pengembangan di
TK/RA atau mata
|
|||||||||
pelajaran di SD/MI
|
|||||||||
4.6
|
Mengolah
|
dan
|
menganalisis
|
data
|
hasil
|
||||
penilaian kinerja
kepala sekolah, kinerja
|
|||||||||
guru dan staf sekolah.
|
|||||||||
5.
Kompetensi
|
5.1
|
Menguasai
|
berbagai
|
pendekatan,
|
jenis,
|
||||
Penelitian
|
dan metode penelitian dalam pendidikan.
|
||||||||
Pengembangan
|
|||||||||
5.2Menentukan masalah
kepengawasan yang
|
|||||||||
penting diteliti baik untuk keperluan tugas
|
|||||||||
pengawasan
|
maupun
|
untuk
|
|||||||
pengembangan
|
karirnya
|
sebagai
|
|||||||
pengawas.
|
|||||||||
5.3Menyusun
|
proposal penelitian
pendidikan
|
||||||||
baik proposal penelitian
kualitatif maupun
|
|||||||||
penelitian kuantitatif.
|
|||||||||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
||||||
KOMPETENSI
|
|||||||
5.4
|
Melaksanakan penelitian
pendidikan untuk
|
||||||
pemecahan
|
masalah
|
pendidikan,
|
dan
|
||||
perumusan
|
kebijakan
|
pendidikan
|
yang
|
||||
bermanfaat bagi
tugas pokok tanggung
|
|||||||
jawabnya.
|
|||||||
5.5
|
Mengolah dan
menganalisis data hasil
|
||||||
penelitian
pendidikan baik data
kualitatif
|
|||||||
maupun data kuantitatif.
|
|||||||
5.6
|
Menulis karya
tulis ilmiah (KTI)
dalam
|
||||||
bidang
pendidikan dan atau
bidang
|
|||||||
kepengawasan
|
dan
|
memanfaatkannya
|
|||||
untuk perbaikan mutu pendidikan.
|
|||||||
5.7
|
Menyusun
|
pedoman/panduan dan
|
atau
|
||||
buku/modul
|
yang
|
diperlukan
|
untuk
|
||||
melaksanakan
|
tugas
|
pengawasan
|
di
|
||||
sekolah.
|
|||||||
5.8
|
Memberikan
|
bimbingan kepada
|
guru
|
||||
tentang penelitian
tindakan kelas, baik
|
|||||||
perencanaan
maupun
|
pelaksanaannya
|
di
|
|||||
sekolah.
|
|||||||
6.
Kompetensi
|
6.1
|
Bekerja
sama dengan berbagai
pihak
|
|||||
Sosial
|
dalam rangka
meningkatkan kualitas diri
|
||||||
untuk
dapat melaksanakan tugas
dan
|
|||||||
tanggung jawabnya.
|
|||||||
6.2
|
Aktif dalam
kegiatan asosiasi pengawas
|
||||||
satuan pendidikan.
|
|||||||
Dimensi
|
Kompetensi
|
||||||
Kompetensi
|
|||||||
1.
Kompetensi
|
1.1
|
Memiliki
|
tanggung
|
jawab
|
sebagai
|
||
Kepribadian
|
pengawas satuan pendidikan.
|
||||||
1.2
|
Kreatif dalam
bekerja
|
dan
|
memecahkan
|
||||
masalah
baik yang berkaitan
dengan
|
|||||||
kehidupan pribadinya
maupun tugas-tugas
|
|||||||
jabatannya.
|
|||||||
1.3
|
Memiliki rasa ingin tahu
akan hal-hal baru
|
||||||
tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan,
|
|||||||
teknologi dan seni yang
menunjang tugas
|
|||||||
pokok dan tanggung
jawabnya.
|
|||||||
1.4Menumbuhkan motivasi
kerja pada dirinya
|
|||||||
dan pada stakeholder
pendidikan.
|
|||||||
2.
Kompetensi
|
2.1
|
Menguasai
|
metode,
|
||||
Supervisi
|
teknik dan prinsip-prinsip
|
||||||
Manajerial
|
supervisi
|
dalam
|
rangka
|
||||
meningkatkan
|
mutu
|
||||||
pendidikan
|
di
|
sekolah
|
|||||
menengah yang sejenis.
|
|||||||
2.2
|
Menyusun
|
program
|
kepengawasan
|
||||
berdasarkan
|
visi-misi-
|
||||||
tujuan
|
dan
|
program
|
|||||
pendidikan
|
sekolah
|
||||||
menengah yang sejenis.
|
|||||||
2.3
|
Menyusun metode kerja
dan instrumen
|
||||||
yang
|
diperlukan untuk
|
||||||
melaksanakan
|
tugas
|
||||||
pokok
|
dan
|
fungsi
|
|||||
pengawasan
|
di
|
sekolah
|
|||||
menengah yang sejenis.
|
|||||||
2.4
|
Menyusun
laporan hasil-hasil pengawasan
|
||||||
dan
|
menindaklanjutinya
|
||||||
untuk perbaikan program
|
|||||||
pengawasan
|
berikutnya
|
||||||
di
sekolah
|
menengah
|
||||||
yang sejenis.
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
|||||||||
Kompetensi
|
||||||||||
2.5
|
Membina kepala sekolah
|
|||||||||
dalam
|
pengelolaan
|
dan
|
||||||||
administrasi
|
satuan
|
|||||||||
pendidikan
|
berdasarkan
|
|||||||||
manajemen
|
peningkatan
|
|||||||||
mutu
|
pendidikan
|
di
|
||||||||
sekolah
|
menengah
|
yang
|
||||||||
sejenis.
|
||||||||||
2.6
|
Membina kepala sekolah
|
|||||||||
dan
|
guru
|
dalam
|
||||||||
melaksanakan bimbingan
|
||||||||||
konseling
|
di
|
sekolah
|
||||||||
menengah yang sejenis..
|
||||||||||
2.7 Mendorong guru dan kepala sekolah dalam
|
||||||||||
merefleksikan hasil-hasil
yang dicapainya
|
||||||||||
untuk
|
menemukan
|
kelebihan
|
dan
|
|||||||
kekurangan
|
dalam
|
melaksanakan
|
tugas
|
|||||||
pokoknya
di sekolah menengah
yang
|
||||||||||
sejenis.
|
||||||||||
2.8
|
Memantau
|
pelaksanaan
|
standar nasional
|
|||||||
pendidikan dan
memanfaatkan hasil-
|
||||||||||
hasilnya
untuk membantu kepala
sekolah
|
||||||||||
dalam
|
mempersiapkan akreditasi
|
sekolah
|
||||||||
menengah yang sejenis.
|
||||||||||
3. Kompetensi
|
3.1
|
Memahami
|
konsep,
|
prinsip,
|
teori
|
dasar,
|
||||
Supervisi
|
karakteristik,
|
dan
|
kecenderungan
|
|||||||
Akademik
|
perkembangan
tiap
|
mata
|
pelajaran dalam
|
|||||||
rumpun mata
pelajaran yang relevan
di
|
||||||||||
sekolah menengah yang sejenis.
|
||||||||||
3.2 Memahami
|
konsep,
|
prinsip,
teori/teknologi,
|
||||||||
karakteristik,
|
dan
|
kecenderungan
|
||||||||
perkembangan
|
proses
|
pembelajaran
|
||||||||
/bimbingan
tiap mata pelajaran
dalam
|
||||||||||
rumpun mata
pelajaran yang relevan
di
|
||||||||||
sekolah menengah yang sejenis.
|
||||||||||
3.3 Membimbing guru dalam menyusun silabus
|
||||||||||
tiap
mata pelajaran dalam
rumpun mata
|
||||||||||
pelajaran yang
relevan di sekolah
|
||||||||||
menengah
|
yang
|
sejenis
|
berlandaskan
|
|||||||
standar isi,
standar kompetensi dan
|
||||||||||
kompetensi
dasar, dan prinsip-prinsip
|
||||||||||
pengembangan KTSP.
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
|
Kompetensi
|
||
4. Kompetensi
|
4.1
|
Menyusun
|
kriteria
|
dan
|
indikator
|
Evaluasi
|
keberhasilan
|
pendidikan
|
dan
|
||
Pendidikan
|
pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran
|
||||
dalam rumpun mata
pelajaran yang relevan
|
|||||
di sekolah menengah yang sejenis.
|
|||||
4.2
|
Membimbing
|
guru
|
dalam menentukan
|
||
aspek-aspek
yang penting dinilai
dalam
|
|||||
pembelajaran/bimbingan
tiap mata pelajaran
|
|||||
dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
|
|||||
di sekolah menengah yang
sejenis.
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
|||||||
Kompetensi
|
||||||||
4.3
|
Menilai kinerja kepala
sekolah, kinerja guru
|
|||||||
dan
|
staf
|
sekolah
|
lainnya
|
dalam
|
||||
melaksanakan tugas
pokok dan tanggung
|
||||||||
jawabnya
|
untuk
|
meningkatkan
|
mutu
|
|||||
pendidikan
|
dan
|
pembelajaran/bimbingan
|
||||||
pada
tiap mata pelajaran
dalam rumpun
|
||||||||
mata pelajaran
yang relevan di
sekolah
|
||||||||
menengah yang sejenis.
|
||||||||
4.4
|
Memantau
|
pelaksanaan pembelajaran/
|
||||||
bimbingan
dan hasil belajar
siswa serta
|
||||||||
menganalisisnya
|
untuk
|
perbaikan
|
mutu
|
|||||
pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran
|
||||||||
dalam rumpun mata
pelajaran yang relevan
|
||||||||
di sekolah menengah yang sejenis.
|
||||||||
4.5
|
Membina guru
dalam memanfaatkan hasil
|
|||||||
penilaian untuk kepentingan pendidikan dan
|
||||||||
pembelajaran/bimbingan
tiap mata pelajaran
|
||||||||
dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
|
||||||||
di sekolah menengah yang
sejenis.
|
||||||||
4.6
|
Mengolah dan
menganalisis data hasil
|
|||||||
penilaian kinerja
kepala sekolah, kinerja
|
||||||||
guru dan staf sekolah di sekolah menengah
|
||||||||
yang
|
sejenis.
|
|||||||
5.
Kompetensi
|
5.1
|
Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan
|
||||||
Penelitian
|
metode penelitian dalam pendidikan.
|
|||||||
Pengembangan
|
||||||||
5.2
|
Menentukan masalah
kepengawasan yang
|
|||||||
penting diteliti
baik untuk keperluan
tugas
|
||||||||
pengawasan maupun untuk pengembangan
|
||||||||
karirnya sebagai
pengawas.
|
||||||||
5.3
|
Menyusun
|
proposal penelitian
pendidikan
|
||||||
baik
proposal penelitian kualitatif
maupun
|
||||||||
penelitian kuantitatif.
|
||||||||
5.4
|
Melaksanakan penelitian
|
pendidikan
|
untuk
|
|||||
pemecahan
|
masalah
|
pendidikan,
|
dan
|
|||||
perumusan
|
kebijakan
|
pendidikan
|
yang
|
|||||
bermanfaat bagi
tugas pokok tanggung
|
||||||||
jawabnya.
|
||||||||
5.5
|
Mengolah dan
menganalisis data hasil
|
|||||||
penelitian
pendidikan baik data
kualitatif
|
||||||||
maupun data kuantitatif.
|
||||||||
5.6
|
Menulis karya
tulis ilmiah (KTI)
dalam
|
|||||||
bidang pendidikan dan
atau bidang
|
||||||||
kepengawasan
|
dan
|
memanfaatkannya
|
||||||
untuk perbaikan mutu
pendidikan
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
|||||
Kompetensi
|
||||||
5.7
|
Menyusun pedoman/panduan dan
|
atau
|
||||
buku/modul
|
yang
|
diperlukan
|
untuk
|
|||
melaksanakan
|
tugas
|
pengawasan
|
di
|
|||
sekolah menengah yang sejenis.
|
||||||
5.8
|
Memberikan
|
bimbingan kepada
|
guru
|
|||
tentang
penelitian tindakan kelas,
baik
|
||||||
perencanaan
|
maupun
|
pelaksanaannya
|
di
|
|||
sekolah menengah yang sejenis.
|
||||||
6.
Kompetensi
|
6.1
|
Bekerja sama dengan berbagai pihak dalam
|
||||
Sosial
|
rangka meningkatkan kualitas
diri untuk
|
|||||
dapat
melaksanakan tugas dan
tanggung
|
||||||
jawabnya.
|
||||||
6.2
|
Aktif dalam
kegiatan asosiasi pengawas
|
|||||
satuan pendidikan.
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
||||
Kompetensi
|
|||||
1.
Kompetensi
|
1.1
|
Memiliki
|
tanggung
|
jawab
|
sebagai
|
Kepribadian
|
pengawas satuan pendidikan.
|
||||
1.2
|
Kreatif dalam
bekerja dan memecahkan
|
||||
masalah
baik yang berkaitan
dengan
|
|||||
kehidupan pribadinya maupun
tugas-tugas
|
|||||
jabatannya.
|
|||||
1.3
|
Memiliki rasa ingin tahu
akan hal-hal baru
|
||||
tentang pendidikan dan
ilmu pengetahuan,
|
|||||
teknologi dan seni yang
menunjang tugas
|
|||||
pokok dan tanggung jawabnya.
|
|||||
1.4
|
Menumbuhkan motivasi
kerja pada dirinya
|
||||
dan pada stakeholder pendidikan.
|
|||||
2.
Kompetensi
|
2.1
|
Menguasai
metode, teknik dan
prinsip-
|
|||
Supervisi
|
prinsip
|
supervisi
|
dalam
|
rangka
|
|
Manajerial
|
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
|
||||
menengah kejuruan.
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
|||||||||
Kompetensi
|
||||||||||
2.2
|
Menyusun
|
program
|
kepengawasan
|
|||||||
berdasarkan visi,misi, tujuan dan program
|
||||||||||
pendidikan di sekolah
menengah kejuruan.
|
||||||||||
2.3
|
Menyusun metode
kerja dan instrumen
|
|||||||||
yang
|
diperlukan
|
untuk
|
melaksanakan
|
|||||||
tugas
pokok dan fungsi
pengawasan di
|
||||||||||
sekolah menengah
kejuruan.
|
||||||||||
2.4
|
Menyusun laporan
hasil-hasil pengawasan
|
|||||||||
dan
|
menindaklanjutinya
|
untuk perbaikan
|
||||||||
program
|
pengawasan
|
berikutnya
|
di
|
|||||||
sekolah menengah
kejuruan.
|
||||||||||
2.5
|
Membina
|
kepala
|
sekolah
|
dalam
|
||||||
pengelolaan
|
dan administrasi
|
satuan
|
||||||||
pendidikan
|
berdasarkan
|
manajemen
|
||||||||
peningkatan mutu
pendidikan di sekolah
|
||||||||||
menengah kejuruan
|
||||||||||
2.6
|
Membina kepala sekolah
dan guru dalam
|
|||||||||
melaksanakan
|
bimbingan
|
konseling
|
di
|
|||||||
sekolah menengah kejuruan.
|
||||||||||
2.7
|
Mendorong guru
dan kepala sekolah
|
|||||||||
dalam merefleksikan hasil-hasil yang
|
||||||||||
dicapainya
|
untuk
|
menemukan kelebihan
|
||||||||
dan
|
kekurangan
|
dalam
|
melaksanakan
|
|||||||
tugas
pokoknya di sekolah
menengah
|
||||||||||
kejuruan.
|
||||||||||
2.8
|
Memantau pelaksanaan
standar nasional
|
|||||||||
pendidikan
dan memanfaatkan hasil-
|
||||||||||
hasilnya untuk membantu
kepala sekolah
|
||||||||||
dalam mempersiapkan akreditasi sekolah
|
||||||||||
menengah kejuruan.
|
||||||||||
3. Kompetensi
|
3.1
|
Memahami
konsep, prinsip, teori
dasar,
|
||||||||
Supervisi
|
karakteristik,
|
dan
|
kecenderungan
|
|||||||
Akademik
|
perkembangan tiap mata
pelajaran dalam
|
|||||||||
rumpun
mata pelajaran yang
relevan di
|
||||||||||
sekolah menengah
kejuruan.
|
||||||||||
3.2
|
Memahami
|
konsep,
|
prinsip,
|
|||||||
teori/teknologi,
|
karakteristik,
|
dan
|
||||||||
kecenderungan
|
perkembangan
|
proses
|
||||||||
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
mata
|
||||||||
pelajaran
dalam rumpun mata
pelajaran
|
||||||||||
yang relevan
di sekolah menengah
|
||||||||||
kejuruan.
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
||||||||
Kompetensi
|
|||||||||
3.3
|
Membimbing
|
guru
|
dalam
|
menyusun
|
|||||
silabus tiap mata pelajaran dalam rumpun
|
|||||||||
mata pelajaran
yang relevan di
sekolah
|
|||||||||
menengah kejuruan berlandaskan standar
|
|||||||||
isi, standar
kompetensi dan kompetensi
|
|||||||||
dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan
|
|||||||||
KTSP.
|
|||||||||
3.4
|
Membimbing guru
dalam memilih dan
|
||||||||
menggunakan
|
strategi/metode/teknik
|
||||||||
pembelajaran/bimbingan
|
yang
|
dapat
|
|||||||
mengembangkan berbagai
potensi siswa
|
|||||||||
melalui
mata-mata pelajaran dalam
|
|||||||||
rumpun mata
pelajaran yang relevan
di
|
|||||||||
sekolah menengah kejuruan.
|
|||||||||
3.5
|
Membimbing
|
guru
|
dalam
|
menyusun
|
|||||
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
|
|||||||||
untuk tiap mata pelajaran
dalam rumpun
|
|||||||||
mata
pelajaran yang relevan
di sekolah
|
|||||||||
menengah
kejuruan.
|
|||||||||
3.6
|
Membimbing
|
guru
|
dalam
|
melaksanakan
|
|||||
kegiatan
|
pembelajaran/bimbingan
|
(di
|
|||||||
kelas, laboratorium, dan atau di lapangan)
|
|||||||||
untuk tiap mata pelajaran
dalam rumpun
|
|||||||||
mata
pelajaran yang relevan
di sekolah
|
|||||||||
menengah
kejuruan.
|
|||||||||
3.7
|
Membimbing
|
guru
|
dalam
|
mengelola,
|
|||||
merawat,
|
mengembangkan
|
dan
|
|||||||
menggunakan
|
media
|
pendidikan
|
dan
|
||||||
fasilitas
pembelajaran/bimbingan tiap mata
|
|||||||||
pelajaran
dalam rumpun mata
pelajaran
|
|||||||||
yang relevan
di sekolah menengah
|
|||||||||
kejuruan.
|
|||||||||
3.8
|
Memotivasi guru
untuk
|
memanfaatkan
|
|||||||
teknologi
|
informasi
|
dalam
|
pembelajaran/
|
||||||
bimbingan tiap
mata pelajaran dalam
|
|||||||||
rumpun
mata pelajaran yang
relevan di
|
|||||||||
sekolah menengah
kejuruan.
|
|||||||||
4.
Kompetensi
|
4.1
|
Menyusun
|
kriteria
|
dan
|
indikator
|
||||
Evaluasi
|
keberhasilan
|
pendidikan
|
dan
|
||||||
Pendidikan
|
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
mata
|
||||||
pelajaran
dalam rumpun mata
pelajaran
|
|||||||||
yang relevan
di sekolah menengah
|
|||||||||
kejuruan.
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
||||||||||
Kompetensi
|
|||||||||||
4.2
|
Membimbing guru
|
dalam
|
menentukan
|
||||||||
aspek-aspek
yang penting dinilai
dalam
|
|||||||||||
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
mata
|
|||||||||
pelajaran
dalam rumpun mata
pelajaran
|
|||||||||||
yang relevan
di sekolah menengah
|
|||||||||||
kejuruan
|
|||||||||||
4.3
|
Menilai kinerja
kepala sekolah, kinerja
|
||||||||||
guru
|
dan
|
staf
|
sekolah
|
dalam
|
|||||||
melaksanakan tugas pokok
dan tanggung
|
|||||||||||
jawabnya
|
untuk
|
meningkatkan
|
mutu
|
||||||||
pendidikan
|
dan
|
pembelajaran/bimbingan
|
|||||||||
pada
tiap mata pelajaran
dalam rumpun
|
|||||||||||
mata pelajaran
yang relevan di
sekolah
|
|||||||||||
menengah kejuruan.
|
|||||||||||
4.4
|
Memantau
|
pelaksanaan
|
pembelajaran/
|
||||||||
bimbingan
dan hasil belajar
siswa serta
|
|||||||||||
menganalisisnya
|
untuk
|
perbaikan
|
mutu
|
||||||||
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
mata
|
|||||||||
pelajaran dalam
rumpun mata pelajaran
|
|||||||||||
yang
relevan di sekolah
menengah
|
|||||||||||
kejuruan.
|
|||||||||||
4.5
|
Membina guru dalam
memanfaatkan hasil
|
||||||||||
penilaian untuk
|
kepentingan
|
pendidikan
|
|||||||||
dan
|
pembelajaran/bimbingan
|
tiap
|
mata
|
||||||||
pelajaran dalam
rumpun mata pelajaran
|
|||||||||||
yang
relevan di sekolah
menengah
|
|||||||||||
kejuruan
|
|||||||||||
4.6
|
Mengolah dan
menganalisis data hasil
|
||||||||||
penilaian kinerja
kepala sekolah, kinerja
|
|||||||||||
guru
dan staf sekolah
di sekolah
|
|||||||||||
menengah kejuruan.
|
|||||||||||
5.
Kompetensi
|
5.1
|
Menguasai
|
berbagai pendekatan,
|
jenis,
|
|||||||
Penelitian
|
dan metode penelitian dalam pendidikan.
|
||||||||||
Pengembangan
|
|||||||||||
5.2
|
Menentukan masalah
kepengawasan yang
|
||||||||||
penting diteliti baik untuk keperluan tugas
|
|||||||||||
pengawasan
|
maupun
|
untuk
|
|||||||||
pengembangan
|
karirnya
|
sebagai
|
|||||||||
pengawas.
|
|||||||||||
5.3
|
Menyusun proposal
penelitian pendidikan
|
||||||||||
baik proposal penelitian
kualitatif maupun
|
|||||||||||
penelitian kuantitatif.
|
Dimensi
|
Kompetensi
|
|||||
Kompetensi
|
||||||
5.4
|
Melaksanakan penelitian
pendidikan untuk
|
|||||
pemecahan
|
masalah
|
pendidikan,
|
dan
|
|||
perumusan
|
kebijakan
|
pendidikan
|
yang
|
|||
bermanfaat
bagi tugas pokok
tanggung
|
||||||
jawabnya.
|
||||||
5.5
|
Mengolah dan
menganalisis data hasil
|
|||||
penelitian pendidikan
baik data kualitatif
|
||||||
maupun data kuantitatif.
|
||||||
5.6
|
Menulis karya
tulis ilmiah (KTI)
dalam
|
|||||
bidang
pendidikan dan atau
bidang
|
||||||
kepengawasan
|
dan
|
memanfaatkannya
|
||||
untuk perbaikan mutu pendidikan
|
||||||
5.7
|
Menyusun pedoman/panduan dan
|
atau
|
||||
buku/modul
|
yang
|
diperlukan
|
untuk
|
|||
melaksanakan
|
tugas
|
pengawasan di
|
||||
sekolah menengah kejuruan.
|
||||||
5.8
|
Memberikan
|
bimbingan
kepada
|
guru
|
|||
tentang
penelitian tindakan kelas,
baik
|
||||||
perencanaan maupun
pelaksanaannya di
|
||||||
sekolah menengah kejuruan.
|
||||||
6.
Kompetensi
|
6.1
|
Bekerja
sama dengan berbagai
pihak
|
||||
Sosial
|
dalam rangka meningkatkan kualitas
diri
|
|||||
untuk
dapat melaksanakan tugas
dan
|
||||||
tanggung jawabnya.
|
||||||
6.2
|
Aktif dalam
kegiatan asosiasi pengawas
|
|||||
satuan pendidikan.
|
||||||
MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL,
|
||||||
TTD.
|
PENGAWAS SEKOLAH/ MADRASAH.
Pasal 1
(1) Untuk
dapat diangkat sebagai pengawas sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi
standar pengawas sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.
(2) Standar pengawas
sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran
Peraturan Menteri ini.
Pasal 2
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal
ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal
28 Maret 2007
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.
BAMBANG SUDIBYO
Salinan sesuai dengan aslinya.
Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional,
Kepala Bagian Penyusunan Rancangan Peraturan
Perundang-undangan dan Bantuan Hukum I,
TTD.
Muslikh, S.H.
NIP 131479478
SALINAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 12 TAHUN 2007 TANGGAL 28
MARET 2007 STANDAR
PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
A.
KUALIFIKASI
1.
Kualifikasi
Pengawas Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA) dan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
(SD/MI) adalah sebagai berikut:
a. Berpendidikan
minimum sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan dari perguruan
tinggi terakreditasi;
b. 1)
Guru TK/RA bersertifikat pendidik sebagai guru TK/RA dengan pengalaman kerja
minimum delapan tahun di TK/RA atau kepala sekolah TK/RA dengan pengalaman
kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas TK/RA;
2) Guru
SD/MI bersertifikat pendidik sebagai guru SD/MI dengan pengalaman kerja minimum
delapan tahun di SD/MI atau kepala sekolah SD/MI dengan pengalaman kerja
minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas SD/MI;
c. Memiliki
pangkat minimum penata, golongan ruang III/c;
d. Berusia
setinggi-tingginya 50 tahun, sejak diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan;
e. Memenuhi
kompetensi sebagai pengawas satuan pendidikan yang dapat diperoleh melalui uji
kompetensi dan atau pendidikan dan pelatihan fungsional pengawas, pada lembaga
yang ditetapkan pemerintah; dan
f. Lulus seleksi
pengawas satuan pendidikan.
2. Kualifikasi
Pengawas Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah
Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah
Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) adalah sebagai berikut :
a. Memiliki
pendidikan minimum magister (S2) kependidikan dengan berbasis sarjana (S1)
dalam rumpun mata pelajaran yang relevan pada perguruan tinggi terakreditasi;
b. 1)
Guru SMP/MTs bersertifikat pendidik sebagai guru SMP/MTs dengan pengalaman
kerja minimum delapan tahun dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di SMP/MTs
atau kepala sekolah SMP/MTs dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas SMP/MTs
sesuai dengan rumpun mata pelajarannya;
2) Guru
SMA/MA bersertifikat pendidik sebagai guru dengan pengalaman kerja minimum
delapan tahun dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di SMA/MA atau kepala
sekolah SMA/MA dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas
SMA/MA sesuai dengan rumpun mata pelajarannya;
3) Guru
SMK/MAK bersertifikat pendidik sebagai guru SMK/MAK dengan pengalaman kerja
minimum delapan tahun dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di SMK/MAK atau
kepala sekolah SMK/MAK dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi
pengawas SMK/MAK sesuai dengan rumpun mata pelajarannya;
c. Memiliki
pangkat minimum penata, golongan ruang III/c;
d. Berusia
setinggi-tingginya 50 tahun, sejak diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan;
e. Memenuhi
kompetensi sebagai pengawas satuan pendidikan yang dapat diperoleh melalui uji
kompetensi dan atau pendidikan dan pelatihan fungsional pengawas, pada lembaga
yang ditetapkan pemerintah; dan
f. Lulus seleksi
pengawas satuan pendidikan.
B.
KOMPETENSI
1.
Kompetensi
Pengawas Taman Kanak-Kanak/Raudatul Athfal (TK/RA) dan Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah (SD/MI)
2.
Kompetensi
Pengawas Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Pengawas
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dalam Rumpun Mata Pelajaran yang
Relevan (MIPA dan TIK, IPS, Bahasa, Olahraga Kesehatan, atau Seni Budaya)
3.4 Membimbing
guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik
pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui
mata-mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah
menengah yang sejenis.
3.5 Membimbing
guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap mata
pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang
sejenis.
3.6 Membimbing
guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan (di kelas,
laboratorium, dan atau di lapangan) untuk tiap mata pelajaran dalam rumpun mata
pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.
3.7 Membimbing
guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan
dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran
yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.
3.8 Memotivasi
guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap
mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaan yang relevan di sekolah menengah yang
sejenis.
3.
Kompetensi
Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dalam
Rumpun Mata Pelajaran yang Relevan (MIPA dan TIK, IPS, Bahasa, Olahraga
Kesehatan, Seni Budaya, Teknik dan Industri, Pertanian dan Kehutanan, Bisnis
dan Manajemen, Pariwisata, Kesejahteraan Masyarakat, atau Seni dan Kerajinan)
14
15
16
BAMBANG SUDIBYO
Salinan sesuai dengan aslinya.
Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional,
Kepala Bagian Penyusunan Rancangan Peraturan
Perundang-undangan dan Bantuan Hukum I,
TTD.
Muslikh,
S.H.
NIP 131479478
17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar