Selasa, 06 Desember 2022

Panduan Pengembangan Proyek Pelajar Pacasila dan Rahmatan Lilalamin


PANDUAN PENGEMBANGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN

PETA KONTEN DALAM MEMAHAMI PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA

  1. Memahami Pengembangan Projek Penguatan Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin 
  2. Memahami Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah 
  3. Memahami Pembelajaran dan Asesmen Memahami Garis Besar Kurikulum Merdeka

Apa sih Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin?
• Projek Penguatan Profil adalah
✔ Pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya.
✔ Ia menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project based learning)
✔ Projek ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi yang fleksibel dan interaktif.
✔ Bertujuan menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila (bukan untuk mencapai CP Bidang Studi).

Projek Penguatan Profil Pelajar di Madrasah
  1. Projek Penguatan profil pelajar di madrasah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu; 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil alamin
  2. Keduanya dijalankan secara bersamaan dan terintegrasi dalam satu kegiatan dan laporan. 
  3. Namun nantinya: Projek Profil Pelajar Pancasila dan Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin memiliki asesmen masing-masing
Apa yang dimaksud Profil Pelajar Pancasila?
  1. Profil Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila.”
  2. Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompeten, dan nilai-nilai Pancasila.
  3. al ini menunjukkan adanya paduan antara penguatan identitas khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, sebagai rujukan karakter pelajar Indonesia; dengan kompetensi dalam konteks perkembangan Abad 21.
  4. Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional yang berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.
Apa yang dimaksud Profil Pelajar Pancasila?
Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
2. Mandiri.
3. Bergotong-royong.
4. Berkebinekaan global.
5. Bernalar kritis.
6. Kreatif.
Keenam dimensi tersebut perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan
agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten,
berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Dimensi, Elemen, Sub elemen, dan Alur perkembangan kompetensi
• Di dalam setiap dimensi Profil Pelajar Pancasila terdapat beberapa elemen,
• di dalam sebagian besar elemen terdapat beberapa sub elemen,
• dan di setiap sub elemen terdapat rangkaian alur perkembangan kompetensi setiap fase pembelajaran.

Untuk lebih jelasnya, sobat pelatihan bisa melihat regulasi TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA yang dikeluarkan oleh kemendikbud ristek

Apa yang dimaksud Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin?
Pelajar Rahmatan lil Alamin merupakan Pelajar Pancasila yang bertakwa, berakhlak mulia, serta moderat dalam beragama.
Secara khusus sosok pelajar rahmatan lil alamin ini mampu mengejawantahkan 10 nilai-nilai berikut:
Nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (selanjutnya)
1) Berkeadaban (ta’addub), yaitu menjunjung tinggi akhlak mulia, karakter, identitas, dan integritas.
2) Keteladanan (qudwah),yaitu kepeloporan, panutan, inspirator & tuntunan.
3) Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah), yaitu sikap menerima keberadaan negara (nasionalisme), mematuhi hukum negara, melestarikan budaya Indonesia.
4) Mengambil jalan tengah (tawassu ṭ), yaitu pemahaman dan pengamalan beragama yang tidak berlebih-lebihan (ifrāṭ) dan juga tidak abai terhadap ajaran agama (tafrīṭ).
5) Berimbang (tawāzun), yaitu pemahaman dan pengamalan agama secara seimbang yang meliputi semua aspek kehidupan, baik duniawi maupun ukhrawi.
6) Lurus dan tegas (I’tidāl), yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya dan melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban secara proporsional.
7) Kesetaraan (mus āwah), yaitu persamaan, tidak diskriminatif kepada yang lain disebabkan perbedaan keyakinan, tradisi dan asal usul seseorang.
8) Musyawarah (syūra), yaitu setiap persoalan diselesaikan dengan jalan musyawarah dengan prinsip menempatkan kemaslahatan di atas segalanya;
9) Toleransi (tas āmuh), yaitu mengakui dan menghormati perbedaan, baik dalam aspek keagamaan maupun berbagai aspek kehidupan lainnya.
10) Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr), yaitu selalu terbuka untuk melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan perkembangan zaman serta menciptakan hal baru untuk kemaslahatan dan kemajuan umat manusia.

Prinsip-prinsip Projek Penguatan Profil
1) Prinsip Holistik
2) Prinsip Kontekstual
3) Prinsip Berpusat pada Peserta Didik
4) Prinsip Eksploratif
5) Prinsip Kolaboratif
6) Prinsip keberagaman
7) Prinsip kemandirian
8) Prinsip kebermanfaatan
9) Prinsip Religiusitas

Peran Peserta Didik, Pendidik, dan Madrasah
  1. Peserta didik sebagai subjek pembelajaran
  2. Pendidik sebagai fasilitator 
  3. Satuan pendidikan sebagai pendukung
Strategi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil 
Intrakurikuler; integrasi dengan subtansi pelajaran
Ko-kurikuler; dirancang kolaboratif antar mata pelajaran 
Ekstrakurikuler; integrasi dalam pengembangan minat bakat

Tahapan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil
1) Membentuk tim fasilitator projek : Kepala madrasah menyusun tim fasilitator yang berperan merencanakan dan melaksanakan Projek. Tim terdiri dari Koordinator Projek tingkat madrasah, koordinator tingkat kelas atau fase dan anggota sesuai kebutuhan madrasah.
2) Mengidentifikasi tingkat kesiapan madrasah Kepala madrasah bersama tim fasilitator merefleksi dan menentukan kesiapan madrasahnya.
3) Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu: Tim Fasilitator menentukan fokus dimensi profil pelajar dan tema projek serta merancang jumlah projek beserta alokasi waktunya. (dimensi dan tema dipilih berdasarkan kondisi dan kebutuhan madrasah)
4) Menyusun modul projek: Tim fasilitator menyusun modul projek sesuai tingkat kesiapan satuan pendidikan dengan tahapan umum: Menentukan tujuan projek (dimensi, elemen, subelemen, dan pencapaian fase); Mengembangkan topik, dan durasi projek, serta; mengembangkan aktivitas projek dan asesmennya.
5) Merancang strategi pelaporan projek: Tim fasilitator merencanakan strategi pengolahan dan pelaporan hasil projek

Tema-tema Projek Profil pada RA
1. Aku Sayang Bumi
2. Aku Cinta Indonesia
3. Kita semua bersaudara
4. Imajinasiku/Imajinasi dan Kreativitasku
1. Hidup Berkelanjutan
2. Kearifan Lokal
3. Bhinneka Tunggal Ika
4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
5. Demokrasi Pancasila
6. Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI
7. Kewirausahaan
8. Kebekerjaan khusus MAK

Tema Projek Penguatan Profil pada MI, MTs, MA dan MAK
Ketentuan Projek Penguatan Profil pada madrasah
Jenjang Ketentuan Jumlah Tema
RA 1 s.d. 2 projek profil dengan tema berbeda
MI 2 s.d. 3 projek profil dengan tema berbeda
MTs 3 s.d. 4 projek profil dengan tema berbeda
MA Kelas X 3 s.d. 4 projek profil dengan tema berbeda
MA Kelas XI dan XII 2 s.d. 3 projek profil dengan tema berbeda
MAK Kelas X 3 Projek dengan 2 tema pilihan dan 1 tema kebekerjaan
MAK Kelas XI 2 Projek dengan 1 tema pilihan dan 1 tema kebekerjaan
MAK Kelas XII 1 Projek dengan tema kebekerjaan

Dalam 1 tahun ajaran, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan sekurang-kurangnya:
Pada jenjang MI, MTs, MA, dan MAK ini, madrasah menyediakan waktu 20-30% dari total jam pelajaran selama 1 (satu) tahun.
Sedangkan pada RA, pemerintah tidak menentukan waktunya.

INTEGRASI Dimensi, Elemen dengan Nilai Rahmatan lil Alamin
Dimensi Elemen Nilai Rahmatan Lil Alamin Sub-Nilai Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan Berahlak Mulia
(a) akhlak beragama; ∙ Berkeadaban (Ta’addub) ∙ Shaleh individual
(b) akhlak pribadi; ∙ Berkeadaban (Ta’addub)
∙ Keteladanan (Qudwah)
∙ Shaleh individual
∙ Integritas
∙ Disiplin
(c) akhlak kepada manusia; ∙ Berkeadaban (Ta’addub)
∙ Kesetaraan (Musāwah)
∙ Shaleh sosial
∙ Peduli sosial
∙ Menghargai orang lain
(d) akhlak kepada alam; ∙ Berkeadaban (Ta’addub)
∙ Dinamis dan inovatif
(Tathawwur wa Ibtikâr)
∙ Shaleh sosial
∙ Berbudaya dan peduli lingkungan
(e) akhlak bernegara. ∙ Kewarganegaraan dan kebangsaan (Muwaṭanah)
∙ Nasionalisme
∙ Patriotisme
∙ Komitmen Kebangsaan
Integrasi ini lebih lanjut silakan dilihat pada panduan P5-PPRA

Merancang Alur (sequence) Projek Penguatan Profil (Model1)
1. Pengenalan
• mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap tema yang sedang dipelajari
2. Kontektualisasi
• Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan
3. Aksi
• Merumuskan peran yang dapat dilakukan melalui aksi nyata
4. Refleksi
• Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi.
5. Tindak lanjut
• Menyusun langkah strategis tindak lanjut

Alur (sequence) Projek Penguatan Profil (Model 2)
1. Mengamati
Apa yang terjadi?
• Mempersiapkan observasi.
• Mengenal dan mendekati persoalannya (mencerap).
• Mencari inspirasi.
2. Mendefinisikan
Apa yang hendak dicapai?
• Mende nisikan tujuan dari temuan.
• Membuat kerangka konteks.
3. Menggagas
Bagaimana bisa menjadi bagian dari solusi?
• Melontarkan dan mengembangkan gagasan.
• Membuat alternatif solusi
4. Memilih
Bagaimana bisa mewujudkan tujuan?
• Memilih solusi yang sesuai dengan tujuan.
• Membuat purwarupa
5. Merefleksikan
Bagaimana supaya ide ini menjadi lebih baik?
• Membagi pengetahuan.
• Meminta masukan.
• Mengembangkan ide lebih lanjut dari masukan
Alur (sequence) Projek Penguatan Profil (model 3)
1. Temukan
Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu pengelolaan sampah dan implikasinya terhadap perubahan iklim.
2. Bayangkan Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan
3. Lakukan Mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata
4. Bagikan Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi

Dokumentasi Kegiatan Projek Profil
Jurnal (Pendidik): rekaman proses pembelajaran projek profil peserta didik
Portofolio (Peserta Didik): kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik
Rubrik:
Asesmen Projek Profil
Dimensi, Elemen, 
Subelemen Projek Profil Pelajar Pancasila
Nilai Sub nilai Projek Profil Pelajar Rahmatan
Lil Alamin
Kegiatan
Projek
Terintegrasi
Asesmen Projek
Profil Pelajar
Pancasila
Asesmen Projek
Profil Pelajar
Rahmatan lil Alamin
Sobat Pelatihan, untuk lebih jelasnya terkait P5-PPRA ini, silahkan untuk melihat pada panduan yang disusun oleh Direktorat KSKK Madrasah TerimaKasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar