Senin, 28 September 2020

Cara Menjaga Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia dimuiai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar sampaj ke anus. Sistem pencernaan manusia berfungsi sebagai pencerna makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang disalurkan ke seluruh tubuh kita.

Pola makan yang tidak teratur, sefing terlambat makan, kurang mengonsumsi buah dan sayur, serta terlalu cepat menelan makanan adalah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Stres juga menjadi penyebab utama gangguan pencernaan masyarakat dewasa ini. Gangguan pencernaan dapat berupa mual* kembung, nyeri pada ulu hati, bahkan kanker usus.

Beberapa penyakit yang sering mengganggu organ pencernaan manusia, antara lain sebagai berikut.
1. SakitGigi 
Gejala sakit gigi, antara lain nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala, bahkan demam.      

2. Sariawan
Sariawan adalah luka pada mulut yang berbentuk bercak putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya sariawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

3. Diare
Diare adalah suatu kondisi yang ditandai dengan encernya tinja atau buang air besar (BAB) dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Diare dapat disebabkan oleh mikroorganisme, serta penyerapan air di dalam usus besar terlalu sedikit sehingga feses bersifat cair. Selain itu, akibat kelebihan vitamin C, atau hanya mengonsumsi alkohol, dan buah-buahan tertentu.

4. Disentri
Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir.

5. Mag
Mag atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung. Mag terjadi karena luka atau peradangan yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Penyakit ini juga disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan, makan tidak teratur, mikroorganisme, mengonsumsi obat-obatan tertentu, alkohol, pola tidur yang tidak teratur, dan stres.

Jika kesehatan pencernaan kita terganggu, maka akan muncul berbagai gangguan kesehatan lainnya. 

Untuk itu, kesehatan saluran pencernaan harus selalu dijaga dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia, antara lain sebagai berikut.
1. Makan secara teratur.
2. Minum 8 gelas air sehari.
3. Kunyah makanan dengan baik.
4. Konsumsi makanan berserat.
5. Batasi asupan daging.
6. Hindari makanan dan minuman yang dingin.
7. Olahraga teratur.
8. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
9. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar