Minggu, 13 September 2020

IKLAN

Iklan adalah bentuk pesan tentang suatu produk barang/jasa yang disampaikan melalu media cetak maupun media elektronik yang ditujukan kepada masyarakat. Iklan rnedis elektronik adalah media iklan yang proses bekerjanya berdasar pada prinsip elektronik dan elektromagnetik. Beberapa contoh iklan media elektronik, antara lain sebagai berikut.
1. televisi,
2. radio
3. internet, dan
4. handphone.

Dari berbagai media elektronik, yang paling banyak digunakan untuk menginformasikan sebuah iklan adalah televisi. Televisi sebagai salah satu media elektronik memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat.

Salah satu fungsi televisi adalah sebagai pemberi informasi yang berbentuk iklan televisi. Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bagfan yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat pada umumnya.

Untuk menyampaikan informasi berupa iklan dalam media elektronik, kalian harus memperhatikan unsur-unsurnya dengan baik, antara lain sebagai berikut.

1. Kalimat deskriptif
Kalimat deskriptif adalah deskripsi dalam iklan yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan diiklankan.

2. Kalimat persuasif
Kalimat persuasif adalah persuasi dalam iklan yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.

Perhatikan salah satu Iklan tentang makanan sehat di televisi, radio atau di internet! Kemudian, lakukan identifikasi terhadap unsur-unsur dan bahasa iklan tersebut! Tulislah hasil identifikasimu.

Perhatikan contoh iklan berikut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar