Rabu, 23 September 2020

Penyakit pada Organ Pencernaan Manusia


Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar sampai ke anus. Sistem pencernaan manusia berfungsi sebagai pencerna makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang disalurkan ke seluruh tubuhkita.

Pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi buah dan sayur, serta terlalu cepat menelan makanan adalah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Stres juga menjadi penyebab utama gangguan pencernaan masyarakat dewasa ini. Gangguan pencernaan dapat berupa mual, kembung, nyeri pada ulu hati, bahkan kanker usus.

Beberapa penyakit yang sering mengganggu organ pencernaan manusia, antara lain Isebagai berikut. ,
1. Sakit Gigi. 
Gejala sakit gigi, antara lain nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala, bahkan demam.

2. Sariawan
Sariawan adalah luka pada mulut yang berbentuk bercak putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya sariawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

3. Diare
Diare adalah suatu kondisi yang ditandai dengan encernya tinja atau buang air besar (BAB) dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Diare dapat disebabkan oleh mikroorganisme, serta penyerapan air di dalam usus besar terlalu sedikit sehingga feses bersifat cair. Selain itu, akibat kelebihan vitamin C, atau hanya mengonsumsi alkohol, dan buah-buahan tertentu.

4. Disentri
Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendfir.


5. Mag
Mag atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung. Mag terjadi karena luka atau peradangan yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Penyakit ini juga disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan, makan tidak teratur, mikroorganisme, mengonsumsi obat-obatan tertentu, alkohol, pola tidur yang tidak teratur, I dan stres.


Jika kesehatan pencernaan kita terganggu, maka akan muncul berbagai gangguan | kesehatan lainnya. Untuk itu, kesehatan saluran pencernaan harus selalu dijaga dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia, antara lain sabagai berikut. 
1. Makan secara teratur.
Mengonsumsi makanan dan camilan secara teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap prima. Jadi coba sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan sekitar jam yang sama setiap hari.

2. Minum 8 gelas air sehari.
Minum banyak air baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat menarik air ke usus besar untuk membuat tinja yang lebih lunak dan lebih besar, yang memungkinkan mereka untuk lewat dengan lebih mudah.

3. Kunyah makanan dengan baik.
Biasakan mengunyah makanan sesuai kadar kekerasan makanan tersebut. Jangan biasakan menelan makanan jika bongkahannya masih cukup besar karena akan memaksa kerja organ pencernaan. Ini terjadi biasanya karena terburu buru ketika makan

4. Konsumsi makanan berserat.
Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan kaya biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Selain itu juga membantu mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti diverticulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar, serta mempertahankan berat badan yang sehat.

5. Batasi asupan daging.
Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, membuat Anda lebih rentan mengalami sembelit. Makan makanan berlemak bersama makanan berserat tinggi agar lebih mudah dicerna.

g. Hindari makanan dan minuman yang dingin.
Makanan yang dingin sangat tidak bagus untuk organ pencernaan, seperi minuman air dingin atau makanan dingin seperti es. Lebih berbahaya lagi jika mengunyah batu es, itu akan sangat mengganggu kerja organ pcncernaan

7. Olahraga teratur.
Olahraga teratur membantu 
menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan  dan mengurangi sembelit.  Olahraga juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Jadikan latihan olahraga teratur menjadi jadwal mingguan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar