Kamis, 18 Februari 2021

Sumber Daya Alam di Indonesia



Sumber daya alam memiliki peran dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Sumber daya alam adalah sesuatu yang bersumber dari alam dan bisa dimanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia sehingga kualitas hidupnya menjadi lebih baik. Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan beberapa karakteristik, di antaranya berdasarkan sifat keterbaruan, asal, dan penggunaannya.

Sumber daya alam di Indonesia tidak hanya didominasi oleh keanekaragaman hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia pun terkenal akan hasil bumi dan bahan tambang yang dapat menunjang kehidupan masyarakat. Berbagai jenis hasil bumi Indonesia, seperti kopi, timah, rempah-rempah, dan lain sebagainya telah banyak diimpor ke luar negeri.

Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena mayoritas penduduk Indonesia memiliki pendapatan dari pertanian dan peternakan. Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tanaman ekspor, seperti padi, jagung, kedelai, sayuran, paprika, ubi jalar, dan ubi kayu. Selain itu, hasil perkebunan Indonesia juga terkenal, seperti karet (bahan baku ban), minyak sawit (bahan baku minyak goreng), tembakau (bahan baku obat dan rokok), kapas (bahan baku tekstil), kopi (bahan minuman), dan tebu (bahan baku gula).

Produksi pertambangan sumber daya alam memiliki berbagai fungsi bagi kehidupan manusia, seperti infrastruktur dasar material, kendaraan bermotor, sumber energi, serta
perhiasan. 

Beberapa contoh pertambangan dan pemanfaatannya, sebagai berikut.
1. Avtur untuk bahan bakar pesawat terbang;
2. Bensin untuk bahan bakar kendaraan bermotor;
3. Minyak tanah untuk bahan baku lampu minyak3;
4. Solar untuk bahan bakar kendaraan diesel;
5. LNG (Liquid Natural Gas) untuk bahan bakar kompor gas;
6. Oli untuk pelumas mesin;
7. Vaselin untuk bahan obat3;
8. Parafin untuk bahan pembuat lilin; dan
9. Aspal untuk bahan pembuat jalan.

Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah.

Persebaran sumber daya alam hayati Indonesia terdiri atas sumber daya alam hewani dan nabati. Sumber daya alam hewani yang ada di Indonesia sangat beragam yang tersebar di darat, laut atau perairan. Sumber daya alam nabati adalah segala jenis tumbuh-tumbuhan. Selain hutan yang luas, Indonesia juga memiliki perkebunan dan pertanian tersebar hampir di seluruh Indonesia. Selain sumber daya alam hayati, Indonesia juga kaya dengan sumber daya alam nonhayati seperti hasil tambang.

Berikut ini adalah peta …


Adapun persebaran hasil tambang di indonesia
1. Minyak bumi
Minyak bumi mulai terbentuk pada zaman primer, sekunder, dan tersier. Minyak bumi berasal dari mikroplankton yang terdapat di danau-danau, teluk-teluk, rawa-rawa, dan laut-laut dangkal. 

Daerah-daerah penghasil minyak bumi di Indonesia adalah sebagai berikut.
a. Pulau Jawa: Cepu, Cirebon, dan Wonokromo.
b. Pulau Sumatra: Palembang (Sungai Gerong dan Sungai Plaju) dan Jambi (Dumai).
c. Pulau Kalimantan: Pulau Tarakan, Pulau Bunyu, Kutai, dan Balikpapan.
d. Pulau Irian: Sorong.

2. Gas alam
Gas alam adalah campuran beberapa hidrokarbon dengan kadar karbon kecil, terutama metan, propan, dan butan yang digunakan sebagai bahan bakar. Ada dua macam gas alam cair yang diperdagangkan, yaitu LNG dan LPG.

3. Batu bara
Sebagian batu bara terjadi dari tumbuh-tumbuhan tropis masa prasejarah (masa karbon). Beberapa daerah tambang batu bara di Indonesia, sebagai berikut.
a. Ombilin dekat Sawahlunto (Sumatra Barat).
b. Bukit Asam dekat Tanjung Enim (Palembang).
c. Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan.
d. Jambi, Riau, Aceh, dan Papua (Irian Jaya).

4. Tanah liat
Tanah liat adalah tanah yang mengandung lempung (65%), butir-butirnya sangat halus, sehingga rapat dan sulit menyerap air. Tanah liat banyak terdapat di daratan rendah di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.

5. Marmer/batuan pualam
Marmer/batuan pualam adalah batu kapur yang telah berubah bentuk dan rupanya, sehingga  merupakan batuan yang sangat indah setelah digosok dan dilicinkan. Marmer banyak terdapat di  renggalek, Jawa Timur, dan daerah Bayat, Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar